8 Fakta Menarik Rio Haryanto Tampil di F1

Rio

Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto secara resmi bakal berkiprah di balapan Formula One (F1) pada tahun ini. Pembalap berusia 23 tahun ini akan berada di balik kemudi mobil tim Manor Racing selama satu musim balap.

Rio Haryanto mesti membayar 15 juta euro kepada Manor demi satu tempat di kursi balap mereka. Namun, pembayaran tersebut dilakukan Rio dengan dicicil dengan syarat yang sudah ditentukan.

Tahun lalu, Rio tampil di ajang GP2 bersama tim Campos Racing. Pembalap kelahiran Solo ini pada GP2 2015 finis di peringkat keempat klasemen dengan mengoleksi 132 poin dari 20 balapan.

Hari ini (19/2/2016), Rio Haryanto berangkat ke Barcelona untuk melakoni tes bersama Manor selama tiga hari. Setelah itu, Rio dan rekan setimnya, Pascal Wehrlein akan diperkenalkan sekaligus dalam peluncuran mobil MRT05 milik Manor yang akan dipakai balapan sepanjang tahun ini.

Namun, Rio Haryanto mesti bekerja keras untuk setidaknya mendapat poin dari balapan selama F1 2016. Bukan apa-apa, musim lalu Manor gagal mengoleksi satu poin sepanjang F1 tahun 2015.

Rio Haryanto juga memiliki sejumlah fakta menarik ketika dia resmi membalap di ajang F1 bersama Manor Racing.

Berikut daftar fakta menariknya:

1. Rio Haryanto menjadi pembalap Indonesia pertama yang berkiprah di ajang F1.

2. Tahun ini, hanya Rio haryanto satu-satunya pembalap dari Asia yang tampil di F1.

3. Rio Haryanto finis di posisi keempat dalam klasemen GP 2 musim lalu.

4. Rio Haryanto menyukai angka 8, oleh karena itu nomor mobilnya di Manor menggunakan 88.

5. Rio Haryanto menjadi pembalap ketiga dari Asia Tenggara yang tampil di F1 setelah Birabongse Bhanudej  dari Thailand dan Alex Yoong dari Malaysia.

6. Rio Haryanto sudah membalap di karting sejak usia 6 tahun.

7. Rio Haryanto sering menempel ayat kursi di mobil balapnya.

8. Sudah 15 tahun Rio Haryanto terjun di dunia balap.

 


Sumber