5 Langkah Ajaib Membangun Kepedulian

barangkali sudah menjadi barang langka dewasa ini. Untuk tetap melestarikan kepedulian di muka bumi ini, harus dimulai dari diri Anda sendiri terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah ajaib membangun kepedulian seperti dilansir dari Inc.com

1. Komunikasikan tujuan Anda dengan jelas

Jika Anda memiliki maksud atau tujuan, komunikasikanlah tujuan Anda dengan sejelas-jelasnya. Jangan sampai terjadi salah persepsi antara Anda dan rekan. Dengan demikian, Anda terlihat peduli dengan rekan atau lawan bicara Anda.

2. Beri dukungan dan terlibat secara aktif

Berilah dukungan kepada rekan Anda dan terlibat secara aktif untuk membantunya selagi masih dalam tahap wajar. Jangan sampai Anda terlihat cuek terhadap rekan Anda dan dianggap tidak peduli kepadanya.

3. Jangan mencari pujian

Salah satu tanda bahwa Anda benar-benar peduli kepada seseorang adalah Anda tidak mencari pujian dari orang lain. Anda benar-benar tulus melakukannya. Dengan demikian, Anda telah belajar selangkah lebih maju untuk membangun kepedulian.

4. Fokus pada hubungan pribadi

Belajarlah untuk membangun hubungan personal yang lebih baik dengan rekan Anda dan bukan semata-mata hubungan kerja atau hubungan yang diharuskan ada karena tuntutan pihak ketiga. Dengan membangun hubungan personal yang lebih dalam, Anda akan mampu mengasihi dengan tulus dan membangun kepedulian yang lebih mendalam.

5. Menjadi pendengar yang setia

Berusahalah untuk menjadi pendengar yang setia bagi rekan kerja Anda. Selain itu, Anda perlu terbuka dan membagikan kisah hidup Anda yang dapat menginspirasi rekan Anda. Hal ini merupakan wujud nyata dari kepedulian.

Tinggalkan Balasan