Vinales Menangi Balapan Pertama MotoGP 2017

Maverick Vinales memenangi balapan perdana musim MotoGP 2017 di Qatar. Rider Movistar Yamaha itu memenangi duel dengan pebalap Ducati Andrea Dovizioso.

Balapan yang berlangsung di sirkuit Losail, Senin (27/3/2017) dinihari WIB, sempat mengalami dua kali penundaan. Pertama karena gerimis yang mengguyur, kemudian karena kondisi lintasan yang belum aman benar. Balapan kemudian tetap digelar, namun dipotong menjadi 20 putaran dari normalnya 22 putaran.

Rookie Monster Yamaha Tech3 Johann Zarco sempat memimpin selepas start, namun terjatuh. Posisi terdepan kemudian dipertarungkan Andrea Iannone, Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.

Vinales-lah yang kemudian tampil sebagai pemenang, diikuti Dovizioso. Valentino Rossi tampil apik untuk finis ketiga, diikuti Marquez yang menuntaskan balapan di tempat keempat.

Jalannya Balapan

Start sempat mengalami penundaan karena masalah cuaca. Gerimis turun dan di sejumlah titik lintasan bahkan dilaporkan agak deras.

Race director kemudian memastikan start bisa digelar, memutuskan bahwa balapan dipotong menjadi 21 putaran dari 22 putaran. Di Losail sendiri balapan tak bisa terlalu jauh melewati pukul 22.00 waktu setempat, karena temperatur akan turun terlalu jauh dan kelembapan naik.

Namun ketika para pebalap kembali ke lintasan dan melakukan putaran pemanasan, beberapa di antaranya melaju ke luar trek di tikungan 14. Belakangan diketahui bahwa kondisi trek atau kerb terlalu basah untuk dilewati dengan ban slick.

Para pebalap kemudian menjalani diskusi dengan race director dan pada prosesnya diikuti dengan penundaan start lagi. Usai menjalani pengecekan kembali, diputuskan balapan akan tetap berlangsung dan kembali dipotong menjadi 20 putaran.

Selepas start, Andrea Iannone melesat ke depan, tapi kemudian dilewati Johann Zarco dan Marc Marquez. Di putaran pertama, Zarco memimpin diikuti Marquez, Iannone, Dovizioso, Pedrosa, dan Rossi. Sementara Jorge Lorenzo sempat melebar dan terlempar ke posisi 16.

Iannone sempat bertarung dengan Marquez untuk posisi dua, namun kemudian malah dilewati Dovizioso dan turun ke posisi empat. Vinales masih di posisi lima, diikuti Rossi yang naik ke urutan enam usai melewati Pedrosa di putaran ke-4. Cal Crutchlow jadi pebalap pertama yang crash.

Zarco terus membuka jarak hingga di putaran ke-5, diikuti Dovizioso yang sukses melewati Marquez. Iannone di posisi empat diikuti Vinales dan Rossi. Lorenzo masih berada di posisi 15.

Di putaran keenam, Zarco terjatuh saat sedang memimpin 1,3 detik di depan. Dovizioso mengambil alih posisi terdepan diikuti Marquez dan Iannone.

Iannone sempat mencuri posisi kedua dari Marquez, tapi gagal mempertahankannya. Vinales sementara itu sukses merapatkan jarak dengan rombongan terdepan dan mendekat ke Iannone di posisi tiga. Bautista jadi pebalap selanjutnya yang crash, sementara Lorenzo ada di posisi 10.

Di putaran ke-10, Iannone terjatuh saat sedang menekan Marquez. Dovizioso sementara itu memimpin dengan jarak satu detik dari Marquez. Di putaran berikutnya, Vinales merebut posisi dua dari Marquez. Rossi tak terlalu jauh di posisi empat.

Rossi naik ke posisi tiga usai melewati Marquez di lap ke-12. Sementara Vinales merapatkan jarak ke Dovizioso di tempat terdepan. Pedrosa di posisi lima, diikuti Aleix Espargaro, Redding, Miller, Lorenzo, Petrucci.

Vinales sudah memepet Dovizioso di putaran ke-13 dan sukses melewatinya. Rossi turut mendekat, sementara Marquez mulai tercecer di posisi empat.

Dovizioso merebut kembali posisi terdepan di trek lurus pada lap berikutnya, tapi dilewati lagi oleh Vinales tak lama berselang. Vinales sempat kehilangan posisi terdepan usai melakukan kesalahan di putaran 15, namun merebutnya lagi. Rossi sementara itu mulai memepet Dovizioso.

Di putaran ke-17, Dovizioso merebut kembali posisi terdepan. Rossi masih di posisi tiga diikuti Marquez. Sementara Pedrosa sempat kehilangan tempat kelima karena dilewati Espargaro, namun kembali mendapatkannya.

Vinales melewati Dovizioso di lap berikutnya. Di posisi tiga, Rossi kesulitan menjaga jarak dan tertinggal cukup jauh. Demikian halnya dengan Marquez di tempat keempat.

Vinales sukses mempertahankan posisinya di putaran terakhir, Dovizioso menempati posisi dua diikuti Rossi. Marquez finis keempat, menyusul kemudian Pedrosa, Espargaro, Redding, Miller, Rins, Folger. Lorenzo ada di tempat ke-11.

Hasil MotoGP Qatar

30

Tinggalkan Balasan