Teknologi VVA Rahasia Tarikan Mantap Yamaha All New Vixion R

Yamaha membekali All New Vixion R dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Identik dengan yang terdapat di Yamaha All New R15. Dengan begitu, All New Vixion R bisa dibilang sebagai versi naked All New R15 karena menggunakan jantung pacu serupa.

VVA yamaha vixion

Kehadiran teknologi VVA itu pula yang menjadi rahasia performa tinggi All New Vixion R. Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya bagaimana sebenarnya cara kerja VVA. Kebetulan nih, karena kali ini kita bakal bongkar bareng-bareng cara kerja teknologi canggih ini.

Menurut penjelasan Ridwan Arifin, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dikutip dari Kompas Otomotif, teknologi VVA berguna menjaga tenaga dan torsi maksimum tetap didapat pada semua putaran mesin. Caranya, klep menyesuaikan timing pembakaran, durasi, dan lift.

Cara Kerja VVA (Variable Valve Actuation)

Seperti diketahui bahwa teknologi VVA baru aktif di putaran mesin 7.400 rpm. Pada momen tersebut ECU mengirim sinyal ke selenoid untuk pindah kem. Dari yang semula intake low cam, VVA mengubahnya menjadi intake high cam.

VVA yamaha vixion r15

Tenaga bisa terus mengisi pada setiap putaran karena valve, durasi, dan lift juga berubah.

Teknologi VVA bukan hanya terdapat di All New Vixion R dan All New R15. Namun, termasuk di skutik unggulan Yamaha yaitu NMAX dan Aerox. Lantas, apa bedanya? Jawabannya ialah pada pengaturannya. Pada jajaran skutik Maxi Yamaha tersebut VVA aktif pada putaran mesin 6.000 rpm.

Buat kamu yang selalu menginginkan performa tinggi, Yamaha All New Vixion R memang siap jadi tungganganmu. Karena di samping memiliki fitur VVA, All New Vixion R juga memiliki fitur unggulan Assists and Slipper Clutch.

Fitur yang diadopsi dari motor balap dan penerapannya masih sangat terbatas untuk motor sekelas All New Vixion R. Itu menjadi alasan lain All New Vixion R sangat istimewa dalam performa.

Tinggalkan Balasan