Komponen Motor yang Perlu Dicek Usai Pemakaian Jarak Jauh

Mudik ke kampung halaman tentunya sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, tak heran kalau banyak orang berburu tiket mudik atau membawa kendaraan pribadi untuk kembali ke kampung halaman. Bukan hanya mobil, tetapi banyak juga pemudik yang menggunakan sepeda motor. Untuk kamu yang mudik menggunakan sepeda motor, sebaiknya segera periksakan kondisi sepeda motor kamu usai mudik dan pastikan semua komponen sepeda motor masih dalam kondisi yang baik agar tetap nyaman dikendarai. Berikut ini, ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu di cek usai pemakaian jarak jauh.

  • Oli

Oli mesin sangat berpengaruh sama performa sepeda motor kamu, biasanya juga oli ini butuh diganti setiap 2000 kilometer. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu mengganti oli mesin ini setelah menempuh perjalanan mudik yang jauh.

  • Ban

Ban ini jadi komponen yang penting di sepeda motor kamu, setelah menempuh perjalanan jauh, dikhawatirkan ban akan menipis dan membahayakan untuk perjalanan selanjutnya. Untuk itu, periksalah ban sepeda motor kamu, lakukan pergantian ban kalau ban sudah terlihat menipis.

  • Rem

Saat diperjalanan pasti kamu sering menggunakan rem, untuk itu periksa selalu komponen penting ini. Periksalah kampas rem dan minyak rem apakah semuanya masih dalam kondisi baik agar kamu tetap aman.

  • Kelistrikan

Kelistrikan mesin ini penting untuk kamu periksa terlebih kamu telah menempuh perjalanan mudik yang cukup jauh. Jangan sampai terjadi konsleting listrik yang akan membahayakan kamu saat berkendara.

  • Kaki-kaki

Kondisi jalanan mudik yang beragam konturnya tentu akan berpengaruh pada kaki-kaki sepeda motormu. Untuk itu, periksalah bagian kaki-kaki seperti jeruji ban, velg, dan shockbreaker.

Ada baiknya kamu memeriksa kondisi sepeda motor ini sebelum dan sesuda mudik, karena kamu perlu merawat komponen sepeda motor ini dengan cara yang benar biar perjalanan mudikmu lebih aman dan nyaman.

Sumber Image: Facebook JG Motor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.