Cara Mengetahui Usia Pakai Ban dengan Tread Wear Indicator (TWI)

Ban yang ada di motor itu memiliki usia pakai maksimal, seiring dengan penggunaannya maka ban kamu akan mengalami penurunan kualitas dan harus segera diganti. Lalu bagaimana cara mengetahui usia pakai ban? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek usia ban motor kamu, salah satunya dengan Tread Wear Indicator (TWI). Mengecek ban dengan TWI ini sangat mudah untuk dilakukan, dan TWI dapat memberikan gambaran dengan jelas mengenai tanda ban motor habis.

Indikator ini sebenarnya sudah ada di ban motor kamu sendiri, hampir semua ban sudah dilengkapi indikator batang keausan ban yang ada di sekitar tapak ban. Kamu bisa menemukan indikator batang keausan ban atau TWI ini dengan melihat tonjolan yang sejajar dengan tanda segitiga di ban motor kamu.

Kalau kamu melihat tapak ban sepeda motor sudah sejajar atau rata dengan batang TWI, itu berarti kamu sudah harus segera mengganti ban motor kamu. Kalau kamu memaksakan untuk menggunakan ban motor yang sudah tipis ini, bukan tak mungkin kamu akan mengalami kecelakaan karena ban sudah licin terlebih saat memasuki musim penghujan.

Sumber Image : Facebook JG Motor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.