Teknik Dasar Mengendarai Motor Kopling

Saat ini motor matic banyak dipilih karena alasan kenyamanan saat berkendara di jalan raya, tapi masih banyak orang yang  merasa tetap nyaman menggunakan motor kopling , walaupun dalam pengoperasiannya terlihat lebih sulit karena karena kamu harus memainkan tuas kopling saat ingin mengganti kecepatan. Walaupun terlihat mudah, kenyataannya motor kopling ini cukup menyulitkan pemula yang baru belajar mengendarainya. Tapi kamu tak perlu khawatir, kamu bisa pelajari teknik dasar cara mengendarai motor kopling, seperti berikut.

  • Nyalakan motor, pastikan motor dalam posisi netral dan biarkan mesin motor menyala beberapa menit.
  • Tarik dan tahan tuas kopling, injak pedal gigi dan posisikan pada gigi satu.
  • Lepas perlahan tuas kopling dibarengi dengan memutar gas secara perlahan agar motor bisa bergerak.
  • Untuk berhenti, kamu bisa menarik dan tahan tuas kopling, lalu turunkan gas sambil menarik tuas rem secara perlahan dan turunkan gigi pada posisi netral.
  • Untuk menambah gigi, kamu bisa menarik tuas kopling kembali dan masukkan gigi dua, dan kamu dapat langsung menambah putaran gas.
  • Sedangkan untuk menurunkan gigi, kamu bisa mengurangi kecepatan motor, tarik dan tahan tuas kopling, lalu injak pedal gigi untuk menurunkan gigi, lepas tuas kopling perlahan dan kamu bisa memutar gas kembali.

Untuk awal mungkin akan terasa sulit belajar mengendarai motor kopling, tetapi biasakan untuk membawa motor kopling ini maka kamu akan lebih lancar mengendarainya.

Sumber Featured Image : yamaha-motor.co.id

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.