Tips Merawat Helm Full Face Biar Bebas Bau Apek

Helm jadi salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat kamu berkendara dengan sepeda motor. Helm punya fungsi yang sangat penting karena helm bisa melindungi kepala kamu saat berkendara atau ketika terjadi benturan. Nah, jadi jangan anggap sepele soal peranti yang satu ini. Walau jarak tempuhnya dekat, helm wajib digunakan saat kamu naik motor. Ada beberapa jenis helm, salah satunya helm full face. Helm full face ini banyak digunakan karena mampu melindungi keseluruhan bagian dari kepala kamu. Helm yang digunakan terus menerus pastinya membutuhkan perawatan agar tetap bersih dan nyaman dipakai. Berikut ini beberapa tips untuk merawat helm full face kamu agar tetap bersih danĀ  terbebas dari bau apek.

  • Perhatikan Tempat Penyimpanan

Usahakan kamu menyimpan helm dalam tempat yang benar. Hindari menyimpan helm di atas tangki motor atau spion motor karena bisa merusak helm, risiko helm kamu jatuh dan merusak permukaan helmnya sangat besar. Simpanlah helm diatas jok belakang dan kaitkan tali helm di pegangan jok belakang.

  • Bersihkan Busa Dalam Helm

Bagian dalam helm selalu dilengkapi busa, pemakaian yang tidak baik seperti saat kepala berkeringat atau rambut basah tentunya akan membuat busa kotor dan tumbuh jamur. Untuk itu kamu bisa membersihkannya dengan melepas busa dan merendamnya dengan menggunakan sabun, lalu keringkan di bawah sinar matahari, tempel kembali busa ke dalam helm dan helm siap digunakan kembali.

  • Posisi Penyimpanan

Posisi menyimpan helm ini juga perlu kamu perhatikan, simpanlah helm dalam posisi menghadap ke atas atau terbalik. Tujuannya agar helm terbebas dari basah yang bisa membuat jamur tumbuh di dalamnya.

  • Bersihkan Helm

Tak jarang helm yang kamu gunakan terkena hujan dan membuat helm bagian luarnya kotor. Untuk itu kamu bisa membersihkan helm setelah terkena hujan agar helm tetap bersih dan awet.

Bukan hanya motor yang perlu kamu lakukan perawatan, helm juga perlu kamu rawat biar tetap nyaman dipakai dan bisa melindungi kepala kamu lebih maksimal.

Sumber Image: Facebook JGMotor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.