Mengenal Fungsi Kopling Pada Sepeda Motor

Selain motor matic, ada juga motor manual yang memiliki kopling dan banyak dipilih pengendara sepeda motor di jalan raya. Cara pengoperasian sepeda motor kopling ini sedikit berbeda dengan motor jenis lainnya, karena kamu harus memainkan tuas kopling saat melaju di jalan raya.

Tetapi, apakah sebenarnya fungsi kopling yang ada di sepeda motormu?

Istilah kopling sendiri sebenarnya lahir dari kata serapan asing yaitu couple, couple yang berarti pasangan. Namun, di Indonesia arti kopling mengalami sedikit perubahan dan menjadi clutch. Di Indonesia, kopling berarti hubungan antara engkol dan transmisi yang akan menghasilkan energi atau tenaga di mesin sehingga sepeda motor bisa bergerak.

Kopling menjadi salah satu komponen yang punya peran cukup vital di sepeda motor. Kopling berfungsi untuk mengatur kekuatan atau kecepatan yang disalurkan dari mesin ke transmisi sepeda motor kamu, selanjutnya mesin akan menambah atau mengurangi kecepatan laju sepeda motor sesuai transmisi yang kamu pilih.

Kopling sendiri ada dua jenis yaitu kopling manual dan kopling otomatis. Cara kerja kopling manual ini dilakukan oleh pengendara dengan menarik tuas kopling, sedangkan untuk kopling otomatis, pengendara tidak perlu menarik tuas kopling karena kopling bekerja mengikuti putaran mesin sepeda motor.

Sumber Image : Dapur Otomotif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.