Begini Tahapan dalam Melakukan Pengereman Sepeda Motor

Setiap kendaraan bermotor seperti sepeda motor selalu dilengkapi dengan rem, rem digunakan untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu di jalan raya. Sayangnya masih banyak orang yang beranggapan kalau rem ini berfungsi untuk membuat sepeda motor kamu berhenti melaju, dan tak jarang teknik pengereman yang salah malah membuat pengendara tergelincir dan akhirnya mengalami kecelakaan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan teknik pengereman sepeda motor yang aman saat kendaraan melaju di jalan raya.

Atur Posisi Duduk

Ketika kamu mau melakukan pengereman, sebaiknya atur posisi duduk. Usahakan jangan duduk terlalu maju agar motor kamu tetap stabil, dan usahakan juga agar tubuh tetap dalam posisi tegak agar kamu bisa menguasai stang dengan baik.

 Memaksimalkan Rem

Pengereman ini juga membutuhkan teknik yang baik, kalau kamu sedang melaju dengan kecepatan di bawah 30km/jam maka kamu bisa menggunakan rem belakang saja. Jika kecepatan sepeda motor kamu melebihi 30km/jam, maka sebaiknya kamu mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Usahakan untuk melakukan pengereman ini secara perlahan agar ban kamu tidak terkunci dan sepeda motor tetap stabil.

Mainkan Kopling

Untuk kamu pengguna sepeda motor kopling, kamu bisa mengombinasikan rem dan kopling agar sepeda motor tidak slip, dan perlahan turunkan kecepatan transmisi.

Walaupun terdengar sepele, teknik pengereman yang salah akan membahayakan kamu sebagai pengendara kalau kamu tidak memperhatikan dengan baik. Untuk itu, atur kecepatan kamu berkendara di jalan raya, sehingga kamu terhindar dari pengereman yang membahayakan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.