Memahami Riding Position yang Baik untuk Sports Bike

Mengatur posisi saat berkendara dengan sepeda motor akan membuat kamu merasa nyaman, terlebih saat mengendarai sports bike. Posisi stang yang jauh dan tubuh yang terhalang tangki bensin membuat kamu harus memperhatikan posisi duduk agar tetap nyaman. Berikut ini riding position yang baik untuk mengendarai sports bike.

Posisi Duduk

Usahakan posisi duduk ini pas dengan tinggi badanmu, jangan sampai kaki kamu tidak menapak ke tanah saat sepeda motormu berhenti.

 Posisi Lutut

Sebaiknya posisi lutut harus lurus atau tepat di belakang poros engkol, kalau posisi lutut terlalu ke depan akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

 Posisi Setang

Posisi setang ini harus diatur dengan benar agar kamu merasa nyaman, usahakan posisi kamu membentuk sudut 45 derajat saat mengendarai sports bike. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kamu tidak mengalami ketegangan di otot leher. Selain itu, posisi setang juga harus berada sedikit di bawah jok, tujuannya agar kamu terhindar dari sakit punggung dan bahu.

 Posisi Kaki Pedal

Posisi kaki pedal ini harus dibuat senyaman mungkin untuk menghindari cedera  kaki dan lutut saat berkendara. Cleat yang posisinya terlalu jauh ke depan akan membuat gerakan berlebihan di kaki yang dapat menimbulkan cedera.

 Ukuran Rangka Sports Bike

Ukuran rangka ini dilihat dari bagian jok ke pedal sepeda motor. Biasanya wanita dan pria punya ukuran kaki yang berbeda, jadi ukuran rangka ini harus disesuaikan.

Riding position yang benar bisa membuat kamu lebih nyaman berada di atas sports bike kesayanganmu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.