Ketahui Cara Mengecek Kondisi Kampas Rem Motor

Rem jadi salah satu komponen penting di sepeda motor kamu, tanpa rem kamu akan kesulitan mengurangi kecepatan laju kendaraan. Ada dua jenis rem di sepeda motor, yang pertama adalah rem teromol atau jenis drum brake dan yang kedua adalah disc brake atau cakram.

Rem cakram ini biasanya digunakan untuk roda bagian depan, dan di setiap rem cakram ini selalu dilengkapi kampas rem yang berfungsi untuk memaksimalkan pengereman. Kampas rem ini perlu diganti secara rutin ketika kampas sudah habis agar rem cakram dapat bekerja dengan baik. Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau kampas rem motormu sudah habis?

  • Berbunyi

Kampas rem yang sudah mulai habis akan berbunyi ketika kamu melakukan pengereman, hal ini terjadi karena lempengan kampas rem bergesekan dengan piringan cakram.

  • Terasa Dalam

Saat kamu melakukan pengereman dan terasa sangat dalam menekan tuas rem, itu berarti kampas rem sudah mulai menipis.

  • Periksa Tabung Minyak Rem

Salah satu cara mengetahui kampas rem sudah mulai habis adalah dengan memeriksa tabung minyak rem, apabila minyak rem sudah banyak berkurang itu artinya kampas rem sudah mulai habis.

Memeriksa kampas rem cakram ini sangat penting untuk menjaga keselamatan kamu di jalan raya, juga untuk menjaga kinerja rem agar tetap bekerja maksimal, jadi sebaiknya kamu perhatikan tanda-tandanya dan jangan malas untuk melakukan pengecekan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.