Ketahui Resiko Modif Pakai Cakram Variasi

Semakin maraknya pengguna sepeda motor di jalan raya, membuat banyak orang ingin menjadikan tampilan sepeda motor mereka berbeda dari yang lainnya. Tak sedikit dari mereka yang melakukan modifikasi motor dengan mengganti beberapa sparepart sepeda motor, salah satunya cakram rem sepeda motor.

Saat ini cakram rem sepeda motor sudah banyak dijual di pasaran, ada beragam jenis, model dan ukuran cakram dengan warna yang menarik. Maka tak heran kalau banyak biker yang tertarik untuk merubah cakram bawaan di sepeda motor mereka dengan cakram variasi yang dijual, sayangnya ini dapat mengancam keselamatan para biker dalam berkendara karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Sebenarnya tak ada salahnya merubah cakram bawaan menjadi cakram variasi, asalkan cakram variasi yang kamu pilih sesuai dengan standar keamanan penggunaan cakram. Kamu bisa memperhatikan kualitas bahan dengan melihat material yang digunakan serta ketebalannya. Cakram variasi yang murah memiliki ketebalan yang tidak rata serta material pembuatan cakram yang tidak baik, hal ini bisa membahayakan diri kamu karena cakram tidak sesuai dengan kampas rem dan membuat pengereman lebih berisiko.

Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah cakram variasi yang kamu pilih sudah presisi, karena cakram yang tidak presisi akan membuat cakram cepat panas dan lebih cepat bengkok. Hindari juga untuk menggunakan cakram lebar karena bisa membuat sepeda motor tidak stabil saat kamu mengerem di jalan raya.

Tak ada salahnya melakukan modifikasi di sepeda motormu, asalkan kamu memilih material modifikasi yang baik karena akan berpengaruh pada keselamatan dirimu sendiri di jalan raya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.