Ini Tandanya Motor Perlu Aki Baru

Aki di kendaraan jadi salah satu komponen yang sangat penting, tanpa adanya aki, kendaraan tidak dapat dioperasikan. Untuk itu, bisa dikatakan kalau aki adalah sumber tenaga di motor kamu. Mengingat pentingnya fungsi aki di motor, tentunya kamu perlu memperhatikan kualitas aki ini. Apakah aki yang ada di motor kamu masih dalam kondisi baik, atau perlu diganti agar performa motor tetap maksimal. Berikut ini ada beberapa tanda kalau motor kamu perlu aki yang baru:

  • Starter Elektrik Tidak dapat Digunakan

Kalau kamu mengalami kejadian ini, saat starter elektrik tidak bisa digunakan dan kamu harus menggunakan starter engkol, itu berarti aki motor kamu sudah mulai habis dan harus diganti.

  • Mesin Tersendat

Saat kamu menyalakan mesin motor menggunakan starter engkol, kemudian terdengar suara mesin yang tersendat seperti hilang timbul, itu berarti sudah saatnya kamu mengganti aki lama dengan aki baru.

  • Suara Klakson Lemah

Klakson sangat penting keberadaannya, tetapi saat aki motor kamu mati, klakson akan melemah dan ikut tak berfungsi. Klakson yang melemah ini jadi salah satu tanda kalau aki di motormu harus segera diganti.

  • Lampu Utama Redup dan Mati

Lampu utama di motor menjadi hal yang penting untuk menerangi perjalananmu terutama saat malam hari. Tetapi lampu utama ini akan meredup ketika aki motor kamu mulai lemah atau mati. Jadi, saat lampu motor mulai meredup, mungkin sudah saatnya kamu mengganti aki motormu.

  • Motor Mati Total

Saat motor kamu tidak bisa dinyalakan dengan starter elektrik ataupun manual, kondisi ini menunjukkan bahwa motor tidak bisa digunakan dan kamu segera mengganti aki lama dengan yang baru.

Sebaiknya kamu perlu memperhatikan tanda-tanda ini. Jangan sampai kamu mengalami mogok di jalan karena masalah aki yang mati dan motor tidak bisa dihidupkan kembali.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.