Begini Caranya Membersihkan Busi

Busi merupakan komponen penting di dalam proses pengapian sepeda motor. Busi berfungsi sebagai alat pemantik bahan bakar agar mesin sepeda motor dapat bekerja dengan baik dan tidak mengalami mogok. Untuk menjaga busi tetap berfungsi dengan baik, busi ini memerlukan perawatan.

Busi harus dibersihkan dari kotoran yang akan mengganggu fungsinya terlebih saat sepeda motor baru saja melewati genangan air ketika hujan tiba. Walaupun terlihat mudah, ternyata masih banyak orang yang salah ketika membersihkan busi. Agar busi bersih maksimal, begini cara membersihkan busi.

  • Lepas Busi
    Pertama kamu harus melepaskan busi, berhati-hatilah di tahap ini jangan sampai kamu menarik kabel karena bisa membuat kop busi putus.
  • Sikat dengan Sikat Kawat
    Sikat busi dengan menggunakan sikat kawat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada busi. Lakukan proses ini secara perlahan agar busi bersih maksimal, menyikat dengan menggunakan sikat kawat ini tidak akan merusak permukaan busi sehingga busi bisa lebih awet.
  • Keringkan Busi
    Setelah kamu selesai membersihkan karat dan kotoran yang menempel pada busi, sekarang saatnya kamu mengeringkan busi ini sebelum di pasang kembali. Kamu juga bisa melakukan pengetesan pengapian untuk memastikan busi sudah bersih maksimal, busi yang bersih akan menghasilkan percikan api berwarna biru.
  • Pasang Kembali
    Setelah busi berfungsi dengan normal, sekarang saatnya kamu memasang kembali busi pada tempatnya. Pasanglah busi dengan posisi yang pas untuk memudahkan kamu memasangnya, jangan memaksa busi karena akan merusak busi sepeda motor.

Mengetahui cara membersihkan busi yang baik dan benar ini sangat penting, karena jika suatu saat kamu mengalami kendala di jalan raya seperti mogok, kamu bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu mendorong sepeda motor sampai ke bengkel.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.