Gara-gara Ini Cat Motor Bisa Rusak

Motor Yamaha kesayangan pasti bakal tambah ciamik kalau performa mesin terjaga, serta tampilannya juga menawan. Enak banget memandangi motor lepas menyeduh kopi di pagi hari sebelum berangkat beraktivitas. Coba kalau motornya kotor bin dekil, pasti melototinnya juga ogah. Katanya sih kebersihan motor mencerminkan penggunanya juga lho.

Tapi jangan sembarangan membersihkan motor ya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar cat motor nggak gampang rusak.

  • Pencucian

Kalau mencuci motornya melewati proses yang kurang baik, cat motor Yamaha kamu bisa mudah rusak. Misalnya memakai sabun colek atau deterjen. Soalnya sabun colek dan deterjen punya kandungan zat kimia yang keras dan bisa merusak kualitas cat motor kita. 

  • Pengeringan

Kalau mengeringkan motor lepas dicuci tidak benar bakal meninggalkan bercak air di bodi motor. Kalau didiamkan, bercak akan menjadi jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Jadi pastikan mengeringkan hingga ke celah-celah dengan menggunakan kanebo atau kain microfiber.

  • Stiker

Bosan dengan tampilan motor Yamaha kesayangan? Biasanya langsung dipasangin stiker kan? Hati-hati lho. Soalnya itu juga berpengaruh terhadap kualitas cat motor. Waktu stiker dicabut atau terlepas, lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas. Selain itu, bekasnya pun akan membuat motor tidak enak dipandang.

  • Tempat parkir

Seperti kebanyakan tips menjaga kualitas cat pada motor lainnya, upayakan untuk tidak menaruh/memarkirkan motor di tempat yang langsung terkena sorot sinar matahari, air hujan, dan embun. Pasalnya hal itu dapat membuat kualitas cat pada motor menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencari tempat parkir yang teduh/tertutup atau bisa jadi dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

  • Penggunaan Cairan

Upayakan untuk jangan terlalu sering menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan bodi motor. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.