Keunggulan Aluminium Rear Arm yang ada di Yamaha All New Vixion R

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas perbedaan-perbedaan yang bisa ditemui pada Yamaha All New Vixion R dan All New Vixion. Salah satu yang cukup mencolok dari segi penampilan ialah komponen lengan ayun yang dipakai kedua motor ini.

Yup, Yamaha All New Vixion R dan All New Vixion menggunakan rear swing arm atau lengan ayun berbeda.

Di mana Yamaha All New Vixion R menggunakan lengan ayun berbahan aluminium serupa dengan yang dimiliki Yamaha R15. Lain halnya dengan lengan ayun Yamaha All New Vixion biasa (tanpa R) yang desainnya lebih sederhana dengan bentuk mengotak.

Kelebihan lengan ayun Yamaha All New Vixion R dari segi looks atau penampilan sudah barang tentu terlihat lebih sporty. Desainnya dibuat mendekati bentuk lengan ayun yang banyak dipakai oleh motor-motor berkapasitas mesin lebih besar.

Perlu diketahui bahwa selain itu, ada juga perbedaan teknis yang sedikit banyak memengaruhi feel berkendara dengan Yamaha All New Vixion R.

Penggunaan material aluminium membuat swing arm tersebut memiliki bobot lebih ringan. Karakternya juga lebih rigid jadi makin sejalan dengan konsep sporty yang diusung motor ini.

Lalu kalau melihat ke dimensi, diketahui swing arm Yamaha All New Vixion R lebih panjang. Sehingga membawa efek wheelbase alias jarak sumbu roda kedua motor ini yang berbeda. Adapun wheelbase Yamaha All New Vixio R ialah 1.320 mm, sedangkan wheelbase Yamaha All New Vixion biasa berada di angka 1.295 mm.

Dari situ mungkin kamu sudah bisa menarik kesimpulan karakter berkendara yang disuguhkan masing-masing motor ini. Dengan wheelbase lebih panjang, Yamaha All New Vixion R menyuguhkan kestabilan ekstra saat diajak tancap gas.

Sumber poto: www.yamaha-motor.co.id

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.