Sejarah Lahirnya Yamaha di Dunia Otomotif

Yamaha menjadi salah satu merek sepeda motor yang paling banyak digunakan di Indonesia, kesuksesan Yamaha ini tidak didapat begitu saja. Ada proses panjang yang harus dilewati untuk bisa memiliki nama besar seperti sekarang. Yamaha selalu mengedepankan berbagai macam inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Yamaha sendiri mulai dibentuk oleh Torakusu Yamaha yang berkecimpung di dunia musik dan instrumen pada tahun 1887 dengan membuat organ, dan di tahun 1897 Yamaha bisa membuat pabrik sendiri yaitu Nippon Gakki. Keuntungan yang didapatkan Yamaha dari bisnis ini sangat besar dan menjadikannya sebagai produsen alat musik terbesar dan menduduki peringkat nomor satu di dunia.

Kemudian di tahun 1955, Geichi Kawakami yang menjadi penerus Torakusu Yamaha  ini membuat Yamaha Motor Corp yang menjadi asal mula terciptanya sepeda motor Yamaha saat ini. Yamaha YA-1 merupakan produk andalan dari pabrik ini, sepeda motor pertama buatan Yamaha ini juga sudah mengusung teknologi kick starter dan menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan teknologi ini di Jepang.

Sepeda motor Yamaha ini terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, hingga di tahun 1959 Yamaha berhasil memproduksi motor sport. Permintaan akan sepeda motor Yamaha ini terus meningkat, di tahun 1960 saja Yamaha sudah mengalami enam kali lipat permintaan dari tahun sebelumnya.

Akhirnya di tahun 1962, Yamaha mulai mengekspor produksi sepeda motornya ke Amerika Serikat. Demi memenuhi permintaan pasar, Yamaha membuat pabrik di luar Jepang. Pabrik pertama yang dibangun Yamaha berlokasi di Thailand pada tahun 1966, Yamaha terus melebarkan sayap dan mulai membuat motor trail. Sampai sekarang, Yamaha terus mengalami perkembangan tak hanya di Jepang tetapi juga di Indonesia dan seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.