Tips Melewati Genangan Air Saat Hujan

Genangan air menjadi masalah yang pasti dihadapi pengendara saat memasuki musim penghujan. Debit air hujan yang tinggi dan daya serap yang rendah membuat banyak genangan air timbul di permukaan jalan dan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara terutama roda dua. Namun tak perlu risau jika kamu terpaksa riding saat hujan, karena berikut ini ada tips melewati genangan air saat hujan agar sepeda motormu tidak mati mendadak dan akhirnya rusak.

  • Perhatikan Jalan

Ini sangat penting untuk kamu perhatikan terlebih saat kamu sering melewati jalur ini, hati-hati terhadap jalan yang berlubang atau adanya galian serta saluran air di sisi kanan atau kiri jalan. Karena saat ada genangan air di jalan, jalan berlubang, galian, dan saluran air ini tidak akan terlihat.

  • Atur Putaran Mesin

Saat berkendara di dalam genangan air, sebaiknya kamu mengatur putaran mesin. Putaran mesin yang tidak stabil seperti menggeber sepeda motor saat di dalam genangan air akan membuat air masuk ke dalam mesin dan sudah dapat dipastikan mesin sepeda motor akan mati.

  • Lihat Ketinggian Air

Kamu harus melihat ketinggian genangan air yang akan dilewati, pastikan ketinggian air tidak melebihi mesin sepeda motor. Karena jika air lebih tinggi dari mesin sepeda motor, besar kemungkinan air akan masuk ke dalam mesin sepeda motormu dan motor akan mengalami mogok.

  • Matikan Mesin

Jika ketinggian air tidak memungkinkan untuk dilewati dengan mesin sepeda motor menyala, kamu bisa mematikan mesin sepeda motor dan mendorong sepeda motor kamu sampai melewati genangan air. Jangan lupa tutup lubang yang ada di sepeda motor seperti filter udara dan knalpot agar air tidak masuk ke dalam. Setelah berhasil melewati genangan air, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin sepeda motor. Kamu bisa menunggu sampai sepeda motor sedikit kering dan cek juga komponen penting yang berfungsi untuk proses pembakaran di dalam mesin seperti busi.

Riding saat hujan memang membutuhkan perhatian khusus, tetapi dengan cara berkendara yang tepat akan membuat kamu tetap aman dan nyaman selama berkendara.

Sumber poto: www.mimbar-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.