Tips Meninggalkan Motor dalam Waktu Lama

Sepeda motor yang tidak digunakan dalam waktu yang lama juga ternyata memerlukan perawatan, bukan berarti sepeda motor yang tidak dipakai ini bisa kamu biarkan begitu saja. Kalau kamu tidak melakukan perawatan pada sepeda motormu ini bisa jadi masalah besar saat kamu ingin menggunakannya kembali. Nah, begini tips untuk meninggalkan sepeda motor dalam waktu yang lama agar hati tetap tenang.

  • Bersihkan Sepeda Motor

Membersihkan sepeda motor sebelum ditinggalkan dalam waktu yang lama ini sangat penting untuk dilakukan, mencuci sepeda motor sampai bersih ini bisa menghindari karat di sepeda motormu.

  • Kosongkan Tangki

Sebaiknya kamu mengosongkan tangki bahan bakar sebelum meninggalkannya. Bahan bakar yang ada di dalam tangki dapat menguap dan memicu timbulnya karat.

  • Beri Alas

Posisikan sepeda motor dengan standar tengah, setelah itu beri alas pada bagian ban depan untuk menghindari ban kempes karena menempel langsung pada lantai. Selain itu, untuk kamu yang menggunakan cairan anti bocor, sebaiknya posisikan pentil ban ada di bagian atas agar cairan tidak menggumpal di pentil ban.

  • Ganti Oli

Gantilah oli yang lama dengan oli yang baru karena di dalam oli lama sudah banyak kotoran yang mungkin akan mengendap dan membuat karat. Jadi, kamu bisa mengganti oli yang baru dan panaskan sepeda motor agar mesin terlumasi sempurna.

  • Cabut Aki

Aki yang tidak dicabut bisa membuat aki soak karena terus mengalirkan listrik ke komponen sepeda motor, jadi sebaiknya kamu mencabut aki sebelum sepeda motor ditinggal dalam waktu lama.

Agar sepeda motor tidak rusak saat ingin digunakan kembali, sebaiknya kamu memperhatikan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat.

Source poto : www.ridergalau.com

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.