Tips Merawat Ban Motor

Sudah paham dong fungsi ban motor? Itu tuh, karet bundar yang membalut velg dan berfungsi sebagai penerus daya mesin untuk menggerakkan sepeda motor. Nah, karena komponen tersebut menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, maka menjaga atau merawat ban motor penting sekali dilakukan secara berkala. Pasalnya, kalau ban motor tidak dalam kondisi yang baik maka keselamatan pengendara pun menjadi taruhannya.

Selain menjaga keselamatan pengendara, merawat ban motor juga merupakan investasi. Karena dengan merawat ban motor kita bisa menghemat anggaran untuk mengganti ban. Sebagai seorang biker, kamu pasti pernah mengalami ban bocor dan ban kempis lantaran permukaan luarnya telah aus alias botak bukan? Nah ketimbang sengsara kemudian, lenih baik kamu simak tips-tips merawat ban motor berikut ini :

  1. Setiap 2 minggu sekali, periksa tekanan angin ban. Cara mengeceknya selalu dalam kondisi ban dingin ya. Isi tekanan udara ban motor sesuai dengan yang dianjurkan pada buku pedoman sepeda motor. Sebab, jika tekanan angin pada ban kurang akan menyebabkan laju motor tidak seimbang.
  2. Periksa secara berkala kondisi ban secara keseluruhan dengan cara membuang benda-benda yang menempel pada alur ban (batu kerikil, paku, besi, dan sebagainya) karena dapat merusak alur ban. Jangan lupa untuk membersihkan ban yang terkena oli/gemuk dengan air agar tidak licin.
  3. Kalau ban sudah botak, segera ganti ban.
  4. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga cukup mempengaruhi kinerja ban pada motor. Kondisi jalan yang pada panas pada musim kemarau bisa membuat usia ban menjadi lebih pendek dibandingkan musim hujan.
  5. Sempurnakan cara berkendara motor. Pasalnya, cara berkendara yang serung melakukan pengereman mendadak juga mempengaruhi keawetan ban motor.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.