Kalau ngomongin pelek, kita bakal dihadapkan pada dua tipe yang jamak ditemui di pasaran, yaitu pelek jari-jari dan pelek racing alias cast wheel. Sejatinya pelek seperti ini banyak ditemui pada motor-motor yang dipakai untuk balapan. Mulai dari ajang MotoGP hingga World Superbike, semuanya menggunakan pelek racing.

Bikers yang mengutamakan penampilan motor, bisa dipastikan akan memilih pelek jenis racing. Hal ini dikarenakan pelek racing terlihat lebih sporty dan desainnya pun banyak pilihan. Berbeda dengan pelek jari-jari yang desainnya itu-itu saja.

Mayoritas motor Yamaha terbaru pun menggunakan pelek jenis ini. Lantas, sebenarnya apa saja sih kelebihan pelek racing? Apa sebatas keren saja?

Pastinya nggak dong, sobat. Masih banyak keunggulan dari pelek racing yang membuatnya kerap menjadi pilihan banyak bikers.

  1. Pelek racing mudah dibersihkan

Kelebihan yang satu ini memang tak berhubungan langsung dengan aspek teknis kendaraan. Melainkan, lebih kepada kenyamanan dalam penggunaannya. Sulit disangkal bila pelek sport lebih mudah dibersihkan saat kita sedang mencuci motor.

  1. Dapat dipasangkan dengan ban tubeless

Alasan lainnya untuk menggunakan pelek racing ialah karena dengan begitu kita bisa menggunakan ban tubeless. Beda kasusnya bila kita mengguanakan pelek jari-jari. Kita perlu menambahkan penutup khusus untuk lubang jari-jarinya.

  1. Lebih stabil

Pelek racing berkualitas atau setidaknya yang sudah menjadi komponen bawaan pabrik (OEM) menawarkan kelebihan lain berupa kestabilan ekstra saat motor diajak berlari.

  1. Bebas perawatan

Seperti diketahui bahwa pelek jari-jari memerlukan perawatan berupa penyetelan ulang. Tapi pengguna pelek racing nggak perlu memikirkan upaya ini. Namun demikian, harus diakui bahwa pelek racing lebih rentan mengalami kerusakan bila dihadapkan pada benturan dan kadang nggak ada obatnya. Beda halnya dengan pelek jari-jari yang masih bisa disetel lagi.

Itulah beberapa keunggulan dari pelek racing, tipe pelek yang diadopsi mayoritas produk sepeda motor Yamaha. Mulai dari jajaran skutik seperti Yamaha Mio S, hingga motor sports Yamaha R15 dan R25.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.