Keunggulan Ban Tubeless Seperti yang Dipakai di Motor-motor Yamaha

Mayoritas produk sepeda motor Yamaha sudah menggunakan ban tubeless. Sekilas, bisa jadi istilah ini sudah nggak asing lagi di telinga. Namun kemungkinan masih ada juga bikers di luar sana yang bertanya-tanya seperti apa sebenarnya ban tubeless beserta keunggulan yang ditawarkannya.

Dinamakan ban tubeless karena ban tipe ini sudah tidak menggunakan ban dalam. Salah satu keunggulan yang banyak dirasakan manfaatnya oleh pengguna ialah, ban tipe tubeless nggak gampang kempes seandainya tertusuk obyek tajam yang membuatnya bocor.

Seorang ahli menjelaskan, hal tesebut disebabkan ban tubeless memiliki konstruksi yang lebih kokoh dibanding ban biasa, seperti halnya yang dilaporkan oleh Gridoto. Konstruksi yang lebih kokoh itu pula membuat ban tubeless nggak memerlukan tambahan ban dalam. Sebabnya, ia juga sudah dilengkapi inner liner.

Dapat disimpulkan bahwa dinding ban tubeless juga lebih kuat sehingga angin nggak gampang keluar saat ban tertusuk obyek tajam.

Selain penjelasan di atas, alasan lainnya yang membuat ban tubeless lebih unggul dari ban biasa ialah saat kita dihadapkan pada situasi harus menambal ban. Menambal ban tubeless lebih praktis dibanding proses menambal ban biasa.

Bila terjadi kebocoran pada ban biasa maka harus ditambal dengan menggunakan karet panas, lain halnya dengan ban tubeless. Proses penambalan ban tubeless hanya tinggal menutup lubang yang menjadi sebab kebocoran. Langkah ini bisa dilakukan tanpa perlu membuka ban dari pelek. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Dengan segala keunggulannya, ban tubeless sangat memudahkan pengguna motor. Hal ini mendorong Yamaha untuk mengadopsinya, mulai untuk skutik Yamaha Mio S “Smart and Sophisticated” yang dilengkapi ban tubeless dengan ukuran lebar. Hingga jajaran motor tipe sports, seperti Yamaha R15 hingga R25.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.