Tips Berkendara Irit Bensin

Saat ini hampir semua sepeda motor sudah dilengkapi teknologi yang bisa membuat konsumsi bensin lebih irit. Tetapi, masih banyak orang yang beranggapan bahwa beberapa jenis sepeda motor seperti skuter matik ini lebih boros bensin. Padahal kalau dikendarai dengan cara yang benar, semua jenis sepeda motor bisa lebih irit bensin. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk berkendara hemat bahan bakar:

  • ¥ Berkendara dengan Baik

Berkendara dengan baik seperti mengatur kecepatan laju sepeda motor di jalan raya bisa membantu motor irit bensin. Hindari untuk mengendarai sepeda motor terlalu kencang dan melakukan pengereman yang mendadak karena bisa membuat konsumsi bensin lebih boros.

  • ¥ Batasi Modifikasi

Memodifikasi sepeda motor memang banyak dilakukan, tetapi kamu harus memperhatikan sepeda motor sebelum dimodifikasi. Modifikasi sepeda motor dengan memasang aksesoris yang terlalu berlebihan bisa membuat konsumsi bensin di sepeda motormu semakin boros.

  • ¥ Posisi Riding

Pastikan posisi dudukmu saat riding tepat berada di tengah, tidak terlalu ke depan atau belakang. Posisi riding yang pas juga bisa membuat sepeda motormu lebih irit bensin.

  • ¥ Perawatan Berkala

Melakukan perawatan secara berkala juga bisa menjadi cara irit bensin sepeda motormu, cobalah untuk rutin mengecek sepeda motormu dan mengganti oli setiap bulannya. Selain itu, bersihkan filter udara karena filter udara yang kotor bisa membuat tenaga mesin berkurang dan membuat konsumsi bensin lebih banyak.

  • ¥ Cek Tekanan Ban

Tekanan angin di ban ini juga berpengaruh sama konsumsi bahan bakar sepeda motormu. Untuk itu cek tekanan ban agar tetap dalam kondisi ideal karena kalau tekanan ban berkurang akan mempengaruhi konsumsi bensin yang semakin banyak.

Berkendara dengan bijak bisa membantu kamu mengirit konsumsi bensin, jadi mulailah berkendara yang bijak dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.