Prinsip Dasar Berkendara Aman untuk Bikers Pemula

Bisa mengendarai sepeda motor memang menyenangkan, kamu bisa menikmati keseruan berkendara di jalan raya dan juga bisa membuat jarak tempuh menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan jenis lainnya. Tak heran kalau semakin hari, semakin banyak bikers pemula yang bermunculan. Nah, biar kamu lebih aman berkendara di jalan raya sebaiknya kamu memahami prinsip dasar berkendara yang aman untuk bikers pemula:

  • ¥ Pilih Perlengkapan yang Tepat

Menggunakan perlengkapan berkendara saat berada di jalan raya juga jadi cara safety riding yang perlu kamu lakukan. Sebaiknya kamu selalu menggunakan helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu riding yang bisa melindungi tubuhmu lebih maksimal saat berkendara di atas sepeda motor, terlebih untuk kamu yang masih masuk dalam kategori pemula.

  • ¥ Periksa Kendaraan

Memeriksa kendaraan sebelum digunakan ini menjadi salah satu tips safety riding yang harus kamu lakukan. Periksa stang motor, rem depan dan belakang, lampu dekat, lampu jauh, lampu sein, klakson, dan jangan lupa juga untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan agar perjalananmu terasa lebih nyaman.

  • ¥ Berkendara dengan Bijak

Sebelum mulai berkendara, ada baiknya kamu memanaskan mesin sepeda motor. Usahakan untuk menggunakan starter kick saat mulai memanaskan sepeda motor, dan biarkan mesin menyala beberapa menit sebelum digunakan. Selain itu, sering mengendarai sepeda motor di jalan raya memang menjadi cara terbaik untuk kamu bisa mengasah feeling dan terbiasa dengan sepeda motormu dalam semua kondisi jalan. Menerapkan safety riding saat berada di atas sepeda motor juga bisa menghindari dirimu dan pengguna jalan lainnya dari kecelakaan di jalan raya.  Jadi, mulailah untuk berkendara dengan bijak.

Semakin sering kamu mengendarai sepeda motor, maka akan semakin cepat kamu mahir mengendarainya. Tetapi, pastikan kamu sudah memiliki surat izin berkendara sebelum menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.