Merawat Kaca Lampu Motor Terbebas dari Kusam

Lampu di sepeda motor punya peran yang sangat penting, ketika kaca lampu motor kusam serta kekuningan maka kamu perlu berhati-hati karena bisa membahayakan keselamatanmu saat berkendara terlebih di malam hari.

Sebenarnya masalah seperti ini biasa terjadi pada kendaraan bermotor, usia pakai sepeda motor juga menjadi salah satu penyebab kenapa kaca lampu motor menjadi kusam dan kekuningan.

Sebenarnya kaca lampu sepeda motor ini dibuat dari polikarbonat yang kuat dan dilapisi lapisan anti UV untuk melindungi kaca dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan lampu menjadi kusam dan kekuningan.

Sayangnya lapisan anti UV ini lambat laun akan terkikis akibat debu dan kotoran serta zat kimia dari cairan sabun saat mencuci sepeda motor. Tetapi kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa merawat kaca lampu sepeda motor sendiri agar terbebas dari kusam dengan beberapa cara berikut ini:

  • ¥ Amplas dan Kompon

Kamu bisa menggunakan amplas dan kompon untuk membersihkan lampu sepeda motor yang kusam. Pertama, kamu perlu mempersiapkan amplas nomor 1000, kompon, air, dan lap bersih. Selanjutnya kamu bisa mengamplas lampu sepeda motor dengan menggunakan amplas yang sudah dibasahi dengan gerakan naik turun sampai kusam terangkat, setelah itu bilas dengan menggunakan air yang mengalir dan keringkan dengan lap bersih. Terakhir kamu bisa mengoleskan kompon ke permukaan lampu sepeda motor sampai baret bekas amplas menghilang.

 

  • ¥ Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi juga bisa membantu menghilangkan kusam di lampu sepeda motormu dan membuatnya terlihat lebih bersinar. Kamu perlu mempersiapkan  pasta gigi (non gel), lap kering yang lembut. Caranya cukup oleskan pasta gigi (non gel) ke seluruh permukaan lampu sepeda motor, kemudian gosok-gosok dengan gerakan naik turun dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Kalau kamu menemukan lampu sepeda motor menjadi kusam dan kekuningan, sebaiknya jangan langsung mengganti lampu sepeda motor dengan yang baru karena kamu bisa merawatnya sendiri dengan menggunakan beberapa cara di atas.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.