Cara Mengerem yang Benar Saat Kondisi Hujan

Saat memasuki musim penghujan, pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaannya, sebab jalan menjadi lebih licin dan tak jarang banyak terdapat genangan air yang membahayakan. Kalau kamu tidak meningkatkan kewaspadaan ketika naik motor saat hujan, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan saat kamu tidak sengaja menerjang lubang yang tertutup air di jalan raya atau tergelincir saat melakukan pengereman yang mendadak.

Walaupun terdengar sederhana, cara mengerem yang salah di jalan raya saat kondisi hujan bisa memicu kecelakaan karena sepeda motormu tergelincir. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengerem yang benar saat kondisi hujan. Tak sedikit orang yang menganggap merem di jalanan basah dan terendam air ini sama saja dengan melakukan pengereman di jalanan yang kering, padahal keduanya sangat berbeda jauh.

Jalanan yang basah dan ada genangan air cenderung lebih licin dan sangat tinggi risiko ban selip bila dibandingkan dengan kondisi jalanan yang kering. Untuk itu, kamu tidak bisa sembarangan melakukan pengereman terlebih melakukan pengereman yang mendadak. Sebaiknya kamu menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan atau di belakangmu, tujuannya untuk menghindari tabrakan saat kendaraan di depan melakukan pengereman.

Kalau kamu ingin mengerem, usahakan untuk menurunkan kecepatan laju kendaraan, jangan lakukan pengereman ketika sepeda motor sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi. Kalau kamu ingin melakukan pengereman saat sepeda motor sedang dalam kecepatan tinggi, lakukanlah pengereman secara bertahap agar kecepatan laju sepeda motormu bisa berkurang. Selain itu, hindari untuk melakukan pengereman yang dalam agar ban tidak mengalami selip yang bisa membuat kamu mengalami kecelakaan di jalan raya.

Pastikan juga sepeda motormu dalam kondisi berdiri tegak dan tidak dalam posisi miring seperti saat berbelok ketika ingin melakukan pengereman, karena saat dalam posisi miring risiko tergelincir menjadi lebih besar. Kamu juga sebaiknya mengombinasikan penggunaan rem depan dan rem belakang saat melakukan pengereman, tetapi ingat kalau kamu harus melakukan pengereman ini secara bertahap.

Featured Image  : http://otomotif.metrotvnews.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.