Bikin Awet Rantai Motor dengan Cara Ini

Rantai punya fungsi yang sangat penting dalam sepeda motor karena rantai berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin agar sepeda motor bisa melaju. Untuk itu, rantai motor perlu kamu rawat agar tetap berfungsi maksimal karena rantai ini juga rentan mengalami penurunan fungsi seperti kendur dan karatan. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk merawat rantai motor agar lebih awet:

  • Hindari Oli Bekas

Tak sedikit orang yang menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai sepeda motor, padahal dalam oli bekas ini terdapat banyak kotoran yang nantinya malah akan merusak rantai sepeda motormu.

  • ¥ Rutin Dibersihkan

Rantai sepeda motor yang kotor akan memicu timbulnya karat yang nantinya akan menghambat kinerja rantai sepeda motor. Untuk itu kamu perlu rutin membersihkan rantai dari kotoran yang menempel, agar rantai tetap bersih dan lebih awet.

  • ¥ Pakai Pelumas

Pelumas bisa membantu membersihkan rantai sepeda motormu, untuk itu pakailah pelumas secara rutin sampai ke sela-sela rantai. Pelumas ini juga bisa membuat masa pakai rantai sepeda motormu menjadi lebih panjang.

  • ¥ Cek Setelan Rantai

Kamu bisa melakukan pengecekan setelan rantai ini secara rutin, pastikan rantai tidak kendur dan tidak terlalu kencang agar rantai tidak berisiko putus dan kamu tetap nyaman berkendara saat di jalan raya.

  • ¥ Pakai Rantai Asli

Pakailah rantai yang orisinil keluaran dari pabriknya langsung, hindari menggunakan rantai yang palsu karena kualitasnya tak terjamin. Harga rantai asli memang lebih mahal dibandingkan yang palsu, tetapi rantai ini lebih aman untuk kamu gunakan dan untuk menghindari rantai motor putus.

Lakukan perawatan rantai sepeda motormu agar rantai lebih bersih, nyaman digunakan, dan juga lebih panjang umur. Jadi, jangan malas untuk melakukan perawatan kalau tidak mau menanggung risiko akibat kerusakan rantai.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.