Tips Memilih Sepatu Riding, Ada Banyak Jenis Pilihannya

Sepatu menjadi salah satu perlengkapan wajib saat hendak mengendarai motor. Untuk berkendara sehari-hari dalam jarak dekat, rasanya sepatu yang biasa dipakai sehari-hari memang sudah cukup. Walau sebenarnya ada banyak jenis sepatu motor yang bisa kamu pilih.

Beragam jenis sepatu motor tersebut dibuat berdasarkan peruntukkannya, misal sepatu yang khusus untuk dipakai balap, sepatu touring, sepatu adventure, dan sebagainya. Setiap jenis sepatu ini memilik fitur-fitur yang menunjang kenyamanan dan keamaman penggunananya.

Lantas, apa saja jenis sepatu motor? Yuk, informasi di bawah.

  1. Sepatu balap

Sepatu balap motor yang baik idealnya dibuat seringan mungkin, walau kalau dilihat sepitas bentukya agak gemuk. Ciri-ciri lain dari sepatu balap adalah solnya yang cenderung lembut sehingga tak menggagu feeling pembalap saat memainkan tuas perseneling dan rem.

Fitur yang wajib dimiliki sepatu balap antara lain slider di bagian luar sepatu. Bagian inilah yang titik kontak antara sepatu dengan aspal yang biasa terjadi saat menikung. Dari sisi keselamatan, sepatu balap adalah juaranya. Kemampuannya menyerap abrasi dari kemampuan menahan benturan yang didapat dari pelat di dalam sepatu menjadi jaminan keamanan penggunanya.

  1. Sepatu cruiser

Sesuai namanya, sepatu jenis ini dibuat untuk para bikers yang doyan riding pakai motor cruiser. Bentuknya seperti boot yang banyak dipakai para musisi musik cadas. Dari segi fungsi, sepatu jenis ini punya sol bagian depan yang melebar. Bukan tanpa tujuan, melainkan agar bentuknya pas dengan pedal-pedal motor cruiser yang lebar.

Menariknya, sepatu ini memadukan antara fungsi dan gaya. Dibuat untuk naik motor, tapi masih bisa juga untuk dipakai jalan santai.

  1. Sepatu adventure/trail

Saat melakukan riding adventure, kita bakal menemui beragam jenis medan jalan. Malah, tak jarang medan jalan yang dilewati cukup menantang dengan permukaannya yang berupa tanah atau bebatuan. Untuk itulah dibutuhkan sepatu khusus yang bisa melindungi kaki dari risiko terluka.

Sepatu jenis ini mampu memberikan perlindungan ke arah tersebut, baik untuk mereka yang melakukan adventure riding atau motor trail. Bedanya, sepatu untuk adventure karakternya tak sekaku sepatu untuk trail atau bahkan motokros.

  1. Sepatu komuter

Mungkin sepatu jenis ini memiliki bentuk yang paling “normal.” Maksudnya, bentuknya tak jauh berbeda dengan sepatu yang biasa dipakai sehari-hari. Karena memang dirancang untuk aktivitas bekendara ringan, jarak dekat, dan di dalam kota.

Sepatu motor jenis komuter bisa dipakai ke kantor, kuliah, atau aktivitas lainnya. Meski demikian, beberapa merek terkemuka melengkapi produk sepatu komuter mereka dengan keunggulan seperti anti air atau material tahan abrasi.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.