Ini Alasan Bikers Perlu Jaga Asupan Cairan

Mengendarai sepeda motor sama halnya dengan melaukan aktivitas lain yang juga mengeluarkan energi. Saat kita berkendara jauh ditambah cuaca panas menghujam, disadari atau tidak keringat pun bercucuran. Dengan begitu kita juga berpotensi terkena dehidrasi.

Tanda-tanda dehidrasi yang bisa kita deteksi dengan mudah antara lain mulut terasa kering, urin berwarna kuning pekat, pusing, lelah, dan badan terasa kepanasan. Nah, bila kalian merasakan gejala-gejala seperti di atas saat tengah mengendarai motor, kemugkinan tubuh kamu mulai membutuhkan banyak asupan cairan untuk kembali normal.

Menepi di tempat aman utuk meneguk air putih adalah pilihan yang tepat. Karena bila ditunda-tunda, kemungkinan tanda-tanda dehidrasi tersebut memengaruhi konsetrasi kita dalam berkendara. Bahaya kan jadinya.

Selebihnya, inilah trik-trik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi tubuh terhindar dari dehidrasi saat hendak berkendara.

  1. Minum cukup sebelum riding

Sebelum melakukan riding apalagi untuk jarak yang jauh, usahakan minum air yang banyak sebelum berangkat. Namun, bukan berarti minum air mineral berbotol-botol sekaligus.

Melainkan, kamu bisa melakukannya dengan cara bertahap sebelum naik motor. Menurut ahli, air yang kita minum butuh waktu hingga setengah jam untuk sampai ke otot. Dengan begitu kamu tidak akan terserang keram, salah satu akibat dehidrasi yang menyiksa.

  1. Pilih pakaian apparel yang tepat

Siapa sangka bahwa salah satu trik menangkal dehidrasi ialah memilih pakaian atau apparel yang tepat. Jaket kulit ditambah sarung tangan kulit bisa jadi adalah pilihan perlengkapan berkendara terbaik karena bisa melindungi kita apabila mengalami gesekan langsung dengan aspal.

Namun, bila apparel tersebut tanpa dilengkapi sistem aliran udara yang baik, maka mengenakannya justru bisa membuat tubuh gampang kepanasan. Beruntung, kini banyak brand apparel terkenal yang sudah menawarkan jalan keluar terhadap hal ini pada produk-produknya.

  1. Selalu sedia stok air mineral

Hal terpenting untuk menghindari diri dari dehidrasi saat riding ialah akses yang baik ke air mineral. Dengan kata lain kamu wajib memiliki stok air mineral yang cukup selama perjalanan. Bagi pengguna motor matic modern mungkin lebih diuntungkan karena biasanya terdapat kompartemen khusus di bagian dek motor yang bisa dipakai menaruh air mineral. Jadi lebih gampang dijangkau.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.