Yamaha R15 atau Vixion R? Mana yang Cocok Buat Kamu?

Yamaha Vixion R sering dibilang sebagai versi naked dari Yamaha R15. Nggak salah memang, mengingat sebagian besar komponen pada Yamaha Vixion R mengadopsi milik motor sports fairing tersebut. Sama kerennya, kedua motor ini bisa jadi bikin bingung kamu yang lagi mengincar motor baru.

Padahal, keduanya menawarkan karakter atau bisa dibilang rasa berkendara yang beda. Buat kalian yang lagi membandingkan kedua motor ini, berikut adalah beberapa poin yang bisa kalian pertimbangkan sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Beda karakter berkendara

Dari segi penampilan, kedua motor ini jelas terlihat berbeda. Di mana R15 tampil selayaknya motor balap dengan dilengkapi fairing, sedangkan Vixion R lebih terbuka untuk bodinya. Meski menggunakan rancang bangun rangka yang sama, namun ada perbedaan di suspensi depan.

Yamaha R15 menggunakan suspensi up side down. Hal ini ditujukan agar handling motor lebih baik ketika diajak meliuk-meliuk di sirkuit. Di lain sisi, Yamaha Vixion R menggunakan suspensi teleskopik.

Jenis suspensi teleskopik digunakan agar motor lebih bersahabat dengan medan jalan raya, yang kadang punya permukaan nggak selalu mulus. Ditambah lagi Yamaha Vixion R menggunakan stang selayaknya motor jalanan, jadi posisi berkendaranya lebih netral. Lain halnya dengan Yamaha R15, motor ini menggunakan stang clip on yang memang menghasilkan sensasi berkendara balap banget.

Masih terkait karakter berkendara, terdapat pula perbedaan pada ukuran ban yang dipakai kedua motor ini. Milik Yamaha R15 lebih besar dibanding Vixion R.

Namun, kalau melihat ke kaki-kaki bagian belakang, keduanya menggunakan swing arm yang sama, model banana dengan material aluminium alloy. Hal ini berbeda dengan yang dipakai Vixion versi biasa karena masih menggunakan lengan ayun konvensional.

Yamaha Vixion R dan R15 punya fitur yang sama

Selebihnya, kalian nggak perlu bingung bila terkait fitur kedua motor ini, karena bisa dikatakan sama. Begitu pun dengan mesinnya yang menggunakan dapur pacu 155cc, 1-silinder dengan  tenaga puncak 19,3 daya kuda dan torsi 14,7 Nm

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.