Tips Buat Pembonceng Biar Riding Berdua Aman

Sepeda motor memang dibuat untuk bisa dikendarai lebih dari satu orang, tapi bukan berarti kamu bisa mengendarai sepeda motor lebih dari dua orang. Selain menjaga kenyamanan saat berkendara, ini juga bisa meminimalisir kecelakaan di jalan karena kelebihan muatan. Tapi biasanya para pembonceng ini kurang memperhatikan keselamatannya, padahal orang yang dibonceng ini lebih tinggi risikonya dibandingkan pengendara sendiri. Nah, berikut ini tips buat pembonceng biar riding berdua lebih aman:

  • Perhatikan Muatan

Sepeda motor ini dibuat untuk dikendarai dua orang dan dengan muatan yang tidak terlalu banyak. Untuk itu kamu harus memperhatikan barang bawaanmu saat dibonceng di atas sepeda motor, jangan membawa barang bawaan terlalu banyak agar sepeda motor tetap seimbang.

  • Pakaian yang Nyaman

Pakaian juga perlu kamu perhatikan saat ingin membonceng sepeda motor, kamu bisa memakai pakaian yang nyaman biar tidak menyulitkan kamu saat dibonceng. Hindari juga menggunakan pakaian yang sangat panjang dan menggantung saat kamu dibonceng, karena itu sangat berbahaya ketika pakaian tidak sengaja masuk ke dalam jeruji ban sepeda motor.

  • Perlengkapan Berkendara

Bukan hanya pengendara yang wajib menggunakan perlengkapan seperti jaket dan helm, tetapi juga kamu yang dibonceng di belakangnya. Hal ini karena kamu dan pengendara sama-sama memiliki risiko ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, malah lebih tinggi risiko pembonceng. Jadi, gunakan perlengkapan berkendara yang baik untuk menjaga keselamatanmu sendiri.

  • Posisi yang Benar

Perhatikan posisi dudukmu saat dibonceng, rapatkan posisi kamu dengan pengendara sampai lutut merapat mengikuti pengendara di depanmu. Kalau bisa kamu memeluk pengendara dari belakang agar lebih aman dan bisa menjaga keseimbangan, atau kamu bisa berpegangan di jaket dan celana si pengendara.

  • Ikuti Gerak Sepeda Motor

Saat di bonceng, sebaiknya kamu mengikuti gerak sepeda motor. Apabila sepeda motor miring ke arah kiri, sebisa mungkin tubuhmu mengikuti gerakan ini dan jangan malah sebaliknya karena bisa menghilangkan keseimbangan sepeda motor dan akhibatnya sepeda motor bisa oleng.

Tidak hanya pengendara yang harus patuh pada peraturan, tetapi juga kamu sebagai pembonceng. Jadilah pembonceng yang baik biar riding kamu berdua tetap aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.