Masih Perlukah untuk Memanaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari?

Memanaskan mesin sepeda motor setiap pagi sebelum digunakan memang sering dilakukan oleh orang-orang yang biasa beraktivitas dengan mengendarai sepeda motor. Memanaskan mesin ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menjaga performa sepeda motormu agar tetap maksimal.

Selain itu, memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan juga menjadi salah satu cara untuk membuat sepeda motor tetap nyaman dikendarai, sebab sepeda motor yang tidak digunakan dalam waktu yang lama seperti sepeda motor yang diparkir saat malam hari sampai dengan pagi hari bisa membuat suhu mesin sepeda motor menjadi dingin karena oli yang ada di mesin akan turun, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini.

Untuk itu, kamu perlu memanaskan mesin sepeda motor agar oli mesin naik dan melumasi seluruh permukaan mesin dengan maksimal. Mesin yang terlumasi oli ini akan terasa lebih nyaman digunakan karena sepeda motormu tidak akan terasa tersendat-sendat saat dikendarai. Selain itu, mesin juga menjadi lebih awet karena komponen di mesin tidak saling bergesekan sehingga meminimalisir kerusakan.

Namun, kamu perlu tahu beberapa hal tentang memanaskan mesin sepeda motor ini. Memanaskan mesin sepeda motor memang baik dan bisa membuat sepeda motormu lebih nyaman digunakan karena tidak terasa tersendat-sendat. Tetapi, ini berlaku untuk sepeda motor yang masih menggunakan sistem karburator.

Sedangkan pada sepeda motor yang diproduksi di masa kini, kebanyakan sudah dilengkapi dengan teknologi mesin fuel injection. Teknologi fuel injection ini sudah dibuat lebih praktis dibandingkan dengan sistem karburator, jadi kamu tidak perlu lagi memanaskan mesin sepeda motor. Tetapi kalau kamu tetap mau memanaskan sepeda motormu, kamu bisa memanaskannya sebentar saja maksimal satu menit agar bahan bakar tidak terbuang percuma.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.