Ini Batas Modifikasi Sepeda Motor Tanpa Gugurkan Garansi

Sekarang ini jumlah pengendara sepeda motor semakin bertambah setiap harinya, sepeda motor memang menjadi alternatif berkendara  untuk beberapa orang biar mereka lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Tingginya jumlah pengendara sepeda motor ini juga berpengaruh sama semakin banyaknya jumlah orang yang memodifikasi sepeda motor mereka.

Kebanyakan orang yang memodifikasi sepeda motor mereka beralasan untuk membuat tampilan sepeda motornya berbeda dari yang lain. Memodifikasi sepeda motor dengan menambahkan aksesoris ini memang menjadi hal yang wajar dan boleh untuk dilakukan asalkan kamu tidak melebihi batasan modifikasi, sebab modifikasi yang salah dan berlebihan bisa membuat gugurnya garansi pabrik untuk sepeda motormu.

Saat kamu membeli sepeda motor baru, kamu akan mendapatkan garansi resmi dari pabrik. Garansi yang bisa kamu klaim dari pabrik ini seperti garansi umum, dan garansi mesin, piston, silinder, serta kelistrikan yang memang kerusakannya merupakan bawaan dari pabrik. Apabila sepeda motormu mengalami kerusakan komponen yang masuk dalam garansi tetapi bukan karena kesalahan pabrik, garansi itu akan hangus. Makanya, kamu perlu memperhatikan komponen ini saat melakukan modifikasi.

Sekarang tidak sedikit orang yang menambahkan alarm atau kunci rahasia di sepeda motornya dengan alasan membuat sepeda motor mereka lebih aman. Sedangkan modifikasi jenis ini akan melibatkan kabel yang juga termasuk ke dalam sistem kelistrikan sepeda motormu. Saat memasang alarm atau kunci rahasia ini, kamu akan memotong atau menambahkan kabel yang bisa berpengaruh pada performa sepeda motormu terlebih untuk sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

Ketika kamu mengalami kendala atau kerusakan pada sistem kelistrikan akibat pemasangan alarm dan kunci rahasia ini, kamu tidak akan bisa mengklaim garansi dari pabrik karena kerusakan di sistem kelistrikan ini terjadi akibat kesalahan yang kamu buat sendiri. Untuk itu, sebaiknya kamu memperhatikan komponen mana saja yang boleh dan tidak boleh dimodifikasi agar garansi pabrik untuk sepeda motormu tidak gugur.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.