3 Fakta Canggihnya Racing Suit Pembalap MotoGP

Aksi para pembalap MotoGP di lintasan bukan hanya dilakukan atas nyali dan skill. Selain itu, mereka juga dibekali penunjang keselematan yang sangat lengkap. Salah satunya adalah baju balap atau yang biasa disebut racing suit.

Racing suit tersebut berguna untuk melindungi pembalap dari gesekan langsung dengan aspal, sekaligus menangkal angin yang menerpa ketika berada di atas motornya, melaju dengan kecepatan 200 km perjam bahkan lebih. Dari waktu ke waktu, racing suit yang dipakai pembalap MotoGP pun mengalami pengembangan, satu-satunya alasan untuk itu ialah meningkatkan aspek keselamatan.

Ada beberapa fakta menarik racing suit para pembalap yang patut diketahui. Diambil dari beberapa sumber, informasi selengkapnya bisa kamu lihat di bawah.

  1. Dibuat khusus untuk setiap pembalap

Setiap racing suit dibuat mengikuti ukuran yang pas untuk masing-masing pembaap. Artinya, pembalap tidak bisa pakai racing suit milik pembalap lainnya. Ada beberapa alasan racing suit dibuat dengan ukuran yang ngepas. Pertama, biar bagian-bagian pelindungnya selalu berada di tempat yang tepat bila pembalap terjatuh.

Alasan kedua untuk menunjang performanya. Bisa dibayangkan betapa repotnya bila pembalap menggunakan racing suit yang terlalu besar atau terlalu kecil.

  1. Level perlindungan terbaik

Alpinestar sebagai salah satu penyuplai racing suit di MotoGP menggunakan kulit sapi sebagai pilihan utama. Meski di samping itu, kadang juga menggunakan kulit kangguru. Dengan ketebalan antara 1,2 mm – 1,4 mm, kedua jenis kulit tersebut mampu memberikan perlidungan terhadap gesekan dengan aspal yang sangat baik.

Sementara itu, produsen juga menyematkan slider pada bagian lutut, siku, dan bahu guna melindungi bagian tubuh pembalap yang kerap mendapat kontak langsung dengan aspal saat balapan.

  1. Memiliki ventilasi dan sistem hidrasi

Meski terkesan rapat, namun sebenarnya racing suit pembalap MotoGP memiliki sistem ventilasi menggunakan bahan kulit yang berlubang kecil. Selain itu, terdapat pula sistem hidrasi berupa kantung tempat penyimpanan air minum yang terletak di bagian pundak. Di situlah air minum para pembalap disimpan.

  1. Menggunakan airbag

Yup, mungkin inilah hal paling canggih dari racing suit para pembalap MotoGP. Di mana terdapat airbag yang mengembang saat pembalap jatuh, melindungi tubuh pembalap tetap aman.

Poto : wsmotoleather.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.