Sejarah Valentino Rossi Setia Pakai Nomor 46 di Motornya

Siapa yang tak tahu pebalap MotoGP Valentino Rossi? Pebalap asal Italia kelahiran 16 Februari 1979 ini memiliki banyak sekali prestasi di dunia balap. Pebalap yang juga mendapatkan julukan The Doctor ini berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan memenangkan sembilan kejuaraan dunia.

Selain julukan The Doctor, Valentino Rossi juga identik dengan nomor  46 yang selalu melekat pada dirinya. Walaupun berhasil menjuarai banyak kejuaraan balap kelas dunia dan berhak menggunakan nomor 1, Rossi tetap setia menggunakan nomor 46 di motornya.

Mungkin banyak yang belum tahu mengapa Rossi begitu mencintai nomor 46 yang mulai digunakannya sejak tahun 1992 dalam ajang Italian Minibike Endurance di Sirkuit Misano. Bagi pebalap berusia 39 tahun ini, nomor 46 yang digunakannya menjadi nomor keberuntungan Valentino Rossi saat balapan.

Selain itu ada kisah menarik yang menjadi latar belakang Rossi menggunakan nomor 46 ini, ternyata ayah Rossi yang juga pebalap terkenal pada zamannya ini pernah menggunakan nomor yang sama. Graziano Rossi berhasil menjuarai Grand Prix kelas 250cc pertama di Sirkuit Rijeka, Yogoslavia pada tahun kelahiran Rossi yaitu 1979.

Cerita lain dibalik kesetiaan Rossi pada nomor 46 ini juga karena di awal karir balapan, Rossi berteman dekat  dengan Marco dan Maurizio Pagano yang juga menjadi pebalap namun berbeda kategori balapan Rossi.  Mereka bertiga sama-sama menggunakan nomor 46 di motornya, dan nomor yang mereka gunakan ini  terisnpirasi dari nomor pebalap idola mereka yang berasal dari Jepang.

Sampai saat ini Rossi masih setia menggunakan nomor 46, bagi Rossi nomor 46 adalah bagian dari hidupnya dan menjadi lambang kesuksesan karirnya di dunia balap. Walaupun tidak lama lagi Rossi akan mengakhiri karirnya di dunia balap, ia tak ingin nomor 46 ini ikut dipensiunkan. Menurutnya, pebalap lain boleh menggunakan nomor 46 ini, jadi nomor 46 tak perlu dipensiunkan meskipun itu sebuah penghormatan untuk seorang pebalap.

Poto : www.bikesrepublic.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.