Mengenal Jenis-jenis Biaya yang Ada di STNK

Setiap kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat harus dilengkapi surat-surat kendaraan seperti BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Di dalam STNK sendiri tertera beberapa jenis biaya yang harus kamu bayarkan, sayangnya masih banyak orang yang belum mengenal jenis-jenis biaya yang ada di STNK. Berikut ini beberapa penjelasan tentang biaya yang tertera di STNK sepeda motormu.

  • BBNKB

BBNKB ini merupakan singkatan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang berlaku untuk pembelian sepeda motor baru ataupun sepeda motor bekas. Biaya yang tertera di BBNKB untuk kendaraan baru yaitu 10 persen dari harga sepeda motor, sedangkan untuk BBNKB sepeda motor bekas yaitu 2/3 dari pajak sepeda motor.

 

  • PKB

PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor ini nilainya sebesar 1,5 persen dari harga jual sepeda motor. Nilai PKB ini akan mengalami penurunan setiap tahunnya disesuaikan dengan penurunan harga sepeda motor.

 

  • SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang ditetapkan oleh Jasa Raharja. Besaran biaya yang tertera di SWDKLLJ ini disesuaikan dengan kapasitas mesin kendaraan bermotor.

 

  • Biaya Adm STNK

Biaya administrasi STNK ini merupakan biaya yang ditetapkan saat kamu membuat plat nomor baru setiap 5 tahun sekali dan saat kamu pertama kali mendapatkan plat nomor.

 

  • Biaya Adm TNKB

Biaya administrasi TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ini dikenakan setiap lima tahun sekali yang disesuaikan dengan tipe kendaraan bermotormu.

Itulah beberapa penjelasan tentang biaya yang tertera di STNK kendaraan bermotor. Jangan lupa untuk bayar pajak sepeda motor tepat waktu, biar kamu terhindar dari biaya denda karena terlambat bayar STNK.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.