Sebelum Meninggalkan Motor dalam Waktu Lama, Ini yang Diperlukan

Setiap kendaraan bermotor memerlukan perawatan agar lebih awet dan tetap nyaman digunakan, makanya kamu perlu mengetahui cara merawat motor yang baik agar bisa melakukan perawatan yang tepat.  Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tempat penyimpanan motor. Jangan sampai kamu menyimpan motor di tempat yang terlalu panas karena bisa merusak warna cat body motormu. Lalu bagaimana kalau kamu ingin meninggalkan motor dalam waktu lama? Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar motormu tetap aman.

  • Bersihkan Sepeda Motor

Membersihkan motor sebelum ditinggalkan dalam waktu yang lama ini sangat penting untuk dilakukan, cucilah motormu sampai bersih agar terhindar dari karat di bagian-bagian penting  yang ada di motormu.

  • Kosongkan Tangki

Bahan bakar yang masih tersisa di dalam tangki ini bisa membuat tangki berkarat, untuk itu sebaiknya kamu mengosongkan tangki bahan bakar sebelum meninggalkan motor dalam waktu yang lama.

  • Beri Alas

Posisikan motor dalam keadaan tegak menggunakan standar tengah, dan berilah alas pada bagian bawah ban agar ban motor tidak kempes karena bersentuhan langsung dengan lantai. Jangan lupa untuk posisikan pentil ban motor di atas, terlebih saat kamu menggunakan cairan anti bocor, ini berfungsi untuk menghindari adanya penyumbatan karena cairan mengeras.

  • Ganti Oli

Walaupun tidak digunakan, sebaiknya kamu mengganti oli motor dengan yang baru. Oli yang sudah lama mengandung kotoran yang akan mengendap dan bisa membuat karat di dalam mesin.

Walaupun akan ditinggal dalam waktu yang lama, motormu tetap harus diberikan perawatan. Jangan sampai kamu menemukan motormu rusak saat kamu kembali lagi ke rumah karena tidak melakukan perawatan sebelumnya. Lebih baik mencegah kerusakan daripada harus membenahi kerusakan di motor kesayanganmu.

Featured Image : www.ridergalau.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.