Skuter Matic Yamaha Freego Telah Dilengkapi Smart Motor Generator, Apa Fungsinya?

Smart Motor Generator (SMG) dapat dikatakan sebagai salah satu fitur andalan yang terdapat pada sejumah motor Yamaha terbaru. Salah satu produk Yamaha yang telah mengadopsi fitur ini ialah skuter matic Yamaha Freego. Mungkin sebagian dari kamu pun bertanya-tanya, apa fungsi Smart Motor Generator?

Gampangnya, fitur ini berguna menambah kenyamanan kamu dalam menggunakan motor-motor Yamaha. Dengan Smart Motor Generator, maka mesin motor akan lebih halus saat dinyalakan menggunakan starter eletrik. Nggak ada lagi suara menghentak seperti yang dulu kerap ditemui pada produk-produk lawas.

Bila kita melihat aspek teknisnya, Smart Motor Generator berada satu poros dengan crankshaft. Jadi bisa memutar langsung tanpa membutuhkan gir. Keberadaan Smart Motor Generator juga menggabungkan generator pengisian dan dinamo starter. Jadi nggak ada lagi dinamo starter konvensional.

Informasi ini didapat dari penuturan Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dikutip dari website GridOto.com.

Dijelaskan pula bahwa ketika menjadi stater maka kutub atau pole spul dialiri listrik. Sehingga menghasilkan medan magnet. Magent akan berputar karena gaya tarik menariknya dan tolak menolak. Selanjutnya mesin akan menyala. Setelah itu ketika mesin menyala maka generator akan beralih fungsi melakukan pengisian baterai.

Nah, Smart Motor Generator sendiri bukanlah satu-satuya fitur unggulan yang menempel di Yamaha Freego. Kamu masih bisa menemukan fitur bernilai lainnya, seperti Electric Power Socket, Smart Key, Side Stand Switch, Digital Speedometer dan masih banyak lagi tergantu tipe yang kamu pilih.

Sedangkan semua tipenya menggunakan mesin BlueCore 125cc yang bertenaga sekaligus irit, dilengkapi forged and diasil piston.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.