Semakin hari harga bahan bakar untuk kendaraan bermotor semakin meningkat, sebagai konsumen kamu tidak bisa menolak kenaikan ini dan harus menerima kenyataan kalau pengeluaran untuk bahan bakar akan semakin banyak. Tetapi sebenarnya kamu bisa mengurangi pengeluaran dengan menghemat konsumsi bahan bakar di motormu.

Cara menghemat bahan bakar ini juga sangat mudah dan sederhana, tak perlu kamu mengurangi waktu pemakaian sepeda motor, tetapi kamu bisa menghematnya dengan hanya menggunakan ban motormu. Lalu apa hubungannya ban motor dengan menghemat bahan bakar? Tekanan angin di dalam ban motor ini bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar di motormu. Tekanan angin yang pas dan sesuai ini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat karena  nilai tahanan gelinding atau Rolling Resistance menjadi lebih kecil dan memudahkan kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Sedangkan ban motor yang kempes atau kurang angin akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros karena tapak ban yang menyentuh permukaan jalan semakin lebar dan membuat Rolling Resistance semakin besar, motormu juga akan semakin terasa berat dan berdampak pada mesin yang harus bekerja lebih ekstra.

Jadi untuk menghemat bahan bakar, kamu bisa melakukannya dengan membuat nilai Rolling Resistance di motormu ini semakin kecil. Caranya juga mudah, kamu cukup mengisi angin di dalam ban dengan tekanan yang sesuai aturan, dan jangan lupa untuk rutin mengecek tekanan angin di dalam ban minimal dua minggu sekal karena tanpa kamu sadari motor yang digunakan setiap hari akan mengalami penurunan tekanan angin.

Tak yakin dengan cara ini? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan mengisi tekanan angin di ban motormu sesuai dengan standarnya dan rasakan sensasi berekendara yang lebih hemat bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.