Valentino Rossi Akan Ikuti Pertandingan GP Valencia

Keputusan akhir Valentino Rossi, tetap akan mengikuti pertandingan di MotoGP Valencia. Rossi mengumumkan bahwa ia akan mengikuti pertandingan di Valencia seperti yang terdapat dalam akun resmi twitternya, dan dalam akun resminya tersebut Valentino Rossi juga mengungkapkan bahwa ia akan fokus untuk pertandingan di Valencia dan tak lupa ia juga berterima kasih terhadap semua fansnya yang telah mendukungnya sampai detik ini.

Valentino Rossi akan tetap berusaha mencari poin penuh di MotoGP Valencia, yang ia anggap sebagai balap terakhir di musim yang menyulitkannya tersebut, selama 20 tahun berkarir di dunia MotoGP baru musim ini Valentino Rossi mendapat ujian yang berat. Insiden Di Malaysia merupakan kehancuran karir Valentino Rossi yang dirintis selama 20 tahun lamanya.

Vale Twit“Terima kasih untuk orang-orang yang mendukung saya mengatasi situasi yang sulit dan kemarahan. Sekarang saya akan fokus mempersiapkan GP Valencia,” cuit Rossi di akun twitter pribadinya, @ValeYellow46, Rabu (28/10/2015).

Perolehan poin Valentino Rossi hampir disamai Jorge Lorenzo dan kini hanya selisih tujuh poin saja. Apabila dilihat dari selisih poin tersebut, Valentino Rossi jika tidak bisa masuk podium di MotoGP Valencia dipastikan gagal meraih gelar juara dunia yang ke sepuluh di sepanjang karirnya.

Sumber

Pecinta Yamaha N-Max Galang Bantuan Masker ke Panti Asuhan di Sumatera

imo-peduli400Bencana kebakaran hutan yang menimbulkan dampak asap di beberapa wilayah di Sumatera tak kunjung usai. Masyarakat yang menjadi korban pun semakin bertambah. Hal ini membuat para pecinta Yamaha N-Max yang tergabung di sejumlah klub yang tersebar di beberapa kota di Indonesia melakukan sebuah aksi kepedulian.

Seperti yang diberitakan oleh otorider.com, mereka menggalang bantuan masker bagi para korban asap di Pekanbaru, Palembang, dan Jambi. Koordinasi pengumpulan bantuan dilakukan melalui Indonesia Max Owners (IMO) sebagai salah satu wadah komunikasi klub N-Max terbesar di Indonesia.

Selama kurang lebih dua minggu, para anggota klub dan komunitas N-Max mengajak anggotanya untuk ikut memberikan bantuan. Satu persatu bantuan masker mulai berdatangan ke lokasi bencana asap. Distribusi bantuan dilakukan oleh teman-teman yang berada di lokasi asap, seperti Pekanbaru Max Owners, Jambi Max Owners, dan Palembang Max Owners.

“Indonesia Max Owners (IMO) mengucapkan Terima Kasih kepada teman-teman Max Owners dan Club Yamaha N Max di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi dalam aksi ini, termasuk berbagai pihak yang telah membantu mempublikasikan aksi ini sehingga bantuan dapat digalang dan disalurkan dengan baik,” ucap Achobule Patauri, ketua IMO Jakarta.

Sumber

Pentingnya Masker Saat Berkendara

Masker

Pada saat berkendara seringkali kita melihat pengendara motor yang menggunakan masker sebagai penutup hidung dan mulut. Di era modern ini sudah banyak sekali model masker yang unik dan fashionable. Mulai dari masker rumah sakit, masker kain yang berwarna warni sampai dengan masker yang bermotif atau ber-design animasi lucu.

Disamping kegunaannya sebagai pelindung, seberapa pentingkah penggunaan makser dalam berkendara motor ??? Semua jawaban Bro sis pasti menyebutkan “Jelas Penting!”. Secara umum bila pakai motor memang seharusnya melengkapi diri dengan menggunakan masker, terlebih bila sering melalui hambatan lalu lintas jalanan yang macet. Partikel debu dan gas-gas kendaraan yang berbahaya dapat mengancam sistem pernapasan kita.

Seperti yang Bro sis ketahui, senyawa yang dihasilkan dari kendaraan bermotor akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya:

  1. Karbon Monoksida

Gas ini bersifat racun, dapat menyebabkan  rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. Jika masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbon monoksida bereaksi dengan  hemoglobin dalam darah membentuk COHb (karboksihemoglobin).

  1. Oksida Belerang

Belerang oksida, apabila terisap oleh pernapasan, akan berekasi dengan air dalam sluran   pernapasan dan membentuk asam sulfat yang akan merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit. Oksidasi belerang juga dapat larut dalam air hujan dan menyebabkan hujan asam.

  1. Oksida Nitrogen

NOx bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lain dan menimbulkan fenomena asap-kabut atau smog. Smog menyebabkan berkurangnya daya pandang, iritasi pada mata dan saluran pernapasan.

Sedangkan penyakit yang dapat disebabkan oleh asap kendaraan tersebut diantaranya :

  1. Gelisah
  2. Iritasi mata
  3. Bronchitis kronik (menahun)
  4. Penyakit jantung, dll.

Bro sis untuk menghindari itu semua kita harus pandai memilih masker yang aman dan nyaman saat digunakan. Berikut adalah tips memilih masker untuk berkendara versi JG Motor :

  1. Hindari penggunaan sapu tangan/slyer sebagai masker, karena bahan tersebut tidak cukup tebal untuk menyaring debu kotor.
  1. Gunakanlah masker yang berbahan busa/kain yang cukup tebal atau yang mengandung karbon aktif yang berfungsi memfilter udara kotor.
  1. Pastikan Bro sis memilih pengikat masker yang kuat agar posisi masker tidak berubah-ubah saat digunakan dan jangan sampai menggunakan masker yang dapat membuat telinga Bro sis sakit ya.
  1. Cucilah masker secara teratur agar kotoran dan debu yang menempel hilang.
  1. Gantilan masker apabila sudah tidak layak pakai.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Yamaha NMAX, FORWOT Motorcycle of The Year 2015

Forwot-moty-2015-3

JAKARTA – Yamaha NMAX dinobatkan sebagai sepeda motor terbaik dalam ajang penghargaan FORWOT Motorcycle of the Year (FMY) 2015. Sebelumnya apresiasi dari media juga diberikan untuk NMAX sebagai Bike of The Year persembahan Tabloid Otomotif.

Ultimate Sport Matic yang diluncurkan pada Februari 2015 itu dipersembahkan Yamaha untuk konsumen Indonesia. Sesuai dengan spirit NMAX “Take it to the MAX”, mereka yang terbaik hanya memilih yang TERBAIK. NMAX produk global yang diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tidak hanya dipasarkan di Tanah Air tapi juga mendulang sukses di market luar. Terhitung sejak Februari sampai September 2015, total penjualan NMAX di pasar domestik sebanyak 47.532 unit dan yang diekspor ada 18.580 unit sejak April hingga September 2015.

Yamaha-NMAXApresiasi yang diberikan FORWOT memilih NMAX yang menyisihkan lebih dari 40 sepeda motor baru yang mulai dijual Oktober 2014 hingga September 2015. Poin tertinggi diraih NMAX (184) yang menyisihkan empat produk lainnya yang masuk peringkat lima besar yaitu Honda CB150R Streetfire (133,5), Honda Vario 150 eSP (132), Honda Sonic 150R (98.5), dan Kawasaki KLX150 (77).

NMAX merupakan motor ke-4 Yamaha yang dianugerahi penghargaan FMY. Tiga motor Yamaha lainnya adalah Jupiter MX (2006), V-Ixion (2008), YZF-R25 (2014). FMY tahun ini penyelenggaraan yang ke-6 dan mulai 2015 ini diadakan setiap tahun, setelah sebelumnya dua tahun sekali.

”Alhamdulillah, terima kasih kepada FORWOT yang mempercayakan Yamaha NMAX menjadi Motorcyle of The Year 2015. Yamaha akan memegang amanah ini dengan baik. Mesin dengan teknologi Blue Core yang irit dan bertenaga ditambah dengan VVA menjadikan NMAX sangat menyenangkan untuk dikendarai. Disk brake depan belakang dan kelengkapan ABS menjadikan NMAX lebih aman. Disain Max Series yang mendunia, menjadikan pengendaranya tampil percaya diri. Sekali lagi terima kasih kepada FORWOT, sukses selalu,” papar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

“Tahun ini kita menjalani kurun waktu yang menantang akibat lesunya perekonomian Indonesia. Namun, kami sebagai salah satu elemen bangsa sudah sepatutnya terus memberikan kontribusi kepada masyarakat, salah satunya dengan memberikan rekomendasi sepeda motor terbaik,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

Yamaha-NMAX-2“Terpilihnya Yamaha NMAX merupakan gambaran kebutuhan pada sebuah sepeda motor sebagai kendaraan masyarakat yang dipandang dari berbagai sudut yaitu desain, fungsi, harga, fitur dan lain-lain. Pemenang dipilih bukan semata-mata barang berharga mahal dan tidak perlu bermimpi panjang untuk memilikinya. Semoga ajang bergengsi yang dilakukan oleh FORWOT dapat memicu para pelaku industri otomotif roda-dua di Tanah Air untuk terus berinovasi dalam menghadikan produk-produk terbaiknya bagi masyarakat,” imbuh Indra Prabowo.

Ary Dwinoviansyah selaku Ketua Pelaksana FMY 2015 menuturkan, pemilihan yang dilakukan oleh 25 juri yang seluruhnya merupakan wartawan dari berbagai media cetak, maupun online, memberikan penilaiannya berdasarkan objektivitas masing-masing yang diyakini mewakili keinginan masyarakat Indonesia.

“Dewan juri merefleksikan kelompok-kelompok konsumen. Mereka memilih berdasarkan banyak faktor seperti desain, teknologi, performa, harga sampai masalah layanan purna jualnya,” ungkap Ary.

“Kami melakukan pemilihan sepeda motor terbaik ini secara independen tanpa ada intervensi dari pihak mana pun dan tanpa ada kepentingan terhadap satu produk. Sepeda motor terbaik pilihan wartawan benar-benar pilihan dewan juri tanpa ada tekanan dari pihak manapun juga,” tambahnya.

Sumber

Tips Agar Motor Tetap Awet dan Prima

6Di era kemajuan teknologi saat ini yang semakin berkembang berpengaruh pula terhadap kemajuan kendaraan bermotor yang dibutuhkan sebagai transportasi mobile. Disamping harga yang relatif murah daripada mobil, sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Akan tetapi terkadang seseorang lalai memperhatikan kondisi motor yang dikarenakan kesibukannya. Bagi bro sis pengguna sepeda motor, luangkanlah sedikit waktu untuk merawatnya agar terhindar dari resiko kerusakan yang tidak diinginkan.

Berikut adalah tips merawat mesin sepeda motor :

1. Tips Untuk Sepeda Motor Baru

Untuk sepeda motor baru, disarankan agar melakukan servis berkala sesuai waktu yang sudah di tentukan. Terutama sepeda motor Yamaha baru, akan diberikan servis gratis sebanyak 4 kali.

Yang pertama adalah pada KM 1000/1bulan dari tanggal pembelian, yang kedua pada KM 4000/4bulan, yang ketiga KM 7000/7bulan, dan yang keempat pada KM 10000/10bulan. Untuk motor baru, hal itu wajib dilakukan untuk menghindari kesalahan pada saat proses produksi. Maka dari itu diperlukan pengecekan secara berkala sesuai yang telah di tentukan.

Pada awal pemakaian, mesin juga masih butuh penyesuaian. Sehingga melakukan penggantian oli lebih awal (KM 1000), bertujuan untuk membersihkan partikel-partikel sisa dari proses produksi.

2. Servis Berkala

Melakukan servis secara berkala sangat penting untuk dapat mengetahui kondisi sepeda motor Bro sis. Kondisi mesin motor dapat berubah akibat berbagai keausan yang terjadi pada beberapa bagian komponen tertentu. Oleh karena itu harus melakukan servis secara rutin.

Mengenai kapan waktu yang tepat, idealnya setiap 3000 km. Namun apabila Bro sis merasa bahwa motor bro sis sudah tidak nyaman digunakan, Bro sis bisa melakukan servis.

3. Cara Pemakaian Sepeda Motor

Disarankan untuk tidak menggunakan sepeda motor secara tidak wajar. Hal itu akan mempercepat keausan pada part tertentu. Terutama pada rantai, kampas kopling, dll.

Apabila motor Bro sis menggunakan gigi manual, sebaiknya gunakan pemakaian gigi yang sesuai dengan kecepatan motor Bro sis. Sebagai contoh, di jalan menanjak, motor membutuhkan tenaga yang lebih besar, maka kurangi gigi motor dengan yang lebih rendah. Jangan memaksakan dengan gigi motor yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mempercepat keausan pada kinerja kopling.

4.Tips Sebelum Sepeda Motor Dipakai

Terapkan kebiasaan memanaskan mesin motor terlebih dulu sebelum motor dipakai. Kenapa motor harus dipanaskan terlebih dahulu? Hal ini bertujuan agar endapan oli pada mesin kembali mengalir ke bagian mesin yang perlu dilumasi.

Memanaskan mesin motor cukup sekitar 5 menit saja. Hal ini tidak baik untuk mesin yang menggunakan sistem pendingin udara. Karena apabila mesin hidup terlalu lama dalam keadaan motor berhenti, maka bagian mesin tidak akan mendapatkan pendinginan maksimal.

Semoga bermanfaat bro sis.

 

Perbedaan MX King 150 dengan Jupiter MX 150

MX King 150 vs Jupiter MX 150

Masih ada yang bertanya apa perbedaan MX King 150 dan Jupiter MX 150 nih bro sis, berikut akan Kami bahas mengenai perbedaan kedua motor tersebut. Karena saatnya “King Of Street” moped premium MX King merajai jalanan.

Keunggulan “King of Style” MX King adalah moped bergaya desain super sport bike dengan LED Position Light yang terinspirasi YZF-R1 dan LED Taillight desainnya terinspirasi YZF-R25. MX King moped kelas tertinggi Yamaha yang memiliki roh sport kencang dan lincah, layak disebut “Raja Jalanan” yang mengusung berbagai keunggulan “King of Style”, “King of Performance”, “King of Technology”, “King of Agility”.

“King of Performance” menggunakan mesin baru berkapasitas 150cc Fuel Injection, liquid cooled, 4 Stroke, SOHC, single cylinder, 4 Valve, compact radiator, diasil cylinder, forged piston.

“King of Technology” mengingatkan pada New V-Ixion yang menyapa “Hi Bro” pada speedometer. MX King yang berjiwa lebih muda, mengakrabkan pengendaranya dengan sapaan “Hi buddy” yang muncul di speedometer. Inovasi itu disempurnakan dengan Odometer  dan dapat diisi dengan nama maksimal 6 karakter.

“King of Agility”, power dan kencangnya melaju di jalanan dengan kelincahannya. Lincahnya MX King karena desain frame baru yang ringan dan swing arm baru. Pengendara pun merasa makin “meraja di jalan” dengan sporty riding position yang dilengkapi suspensi mono shock di bagian belakang dan tilt able footstep yang membuat makin nyaman bermanuver dan cornering.

Fitur-fitur MX King memuaskan penggunanya yang memiliki jiwa “true rider”. Ditambah lagi, Yamaha menyempurnakan jejak langkahnya dengan ban belakang tubeles super lebar 120/70, terlebar di kelasnya. Dilengkapi desain velg baru ring 17 inchi dan double disk brake yang memaksimalkan pengereman dan keamanan dalam berkendara. Tiga warna MX King yaitu Speedy White, Drift Black, Red King..

Perbedaan MX King 150 dengan Jupiter MX 150

MX King 150 dan Jupiter MX 150 diluncurkan  di hari yang sama menandai lahirnya moped premium Yamaha yang baru. Desain dan spesifikasinya sama, namun ada 12 perbedaan antara MX King 150 dengan Jupiter MX 150. Bedanya hanya pada fitur dan warna. Jupiter MX 150 punya tiga warna Black Sniper, Red Corner, Racing Blue.

MX KING 150

123

 

 

JUPITER MX 150

4 5 6

Spesifikasi

Bagaimana bro sis sudah jelas kan perbedaannya ? Untuk melihat langsung motor ini kunjungi saja Cabang JG Motor terdekat 🙂

 

Sumber

Grand Filano, Live High In Style

jepegBro sis sudah tidak asing lagi kan dengan Motor Yamaha Grand Filano, Skuter Yamaha yang juga sudah mengusung teknologi Blue Core ini hanya ada 350 unit di Indonesia.

Grand Filano yang baru beberapa bulan dijual di Indonesia ini telah meluncur pertama kali di Thailand di tahun 2014. Di tahun yang sama pun Nozza Grande yang merupakan motor tipe yang sama dengan Grand Filano (hanya berbeda nama saja), hadir di Vietnam. Model ini telah terjual 42.000 unit di Vietnam 22.000 unit di Thailand.

Filano diperkuat dengan mesin 125 cc yang memiliki tenaga maksimum 8,2 ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 9,7 Nm pada 5.000 rpm.
Skutik memiliki desain ala Eropa yang diklaim Yamaha irit BBM, plus kapasitas bagasi yang luas.

Desain Filano dibuat dengan konsep efisien, comfort, fashionable. Fitur-fitur tambahan yang dipasang adalah lampu belakang LED, LED auxiliary light, halogen light 12v 35w, speedometer komunikatif dengan ECO indicator.

Desain comfortable dengan setting suspensi comfort, seat panjang dan lebar, ban lebar tubeless (size depan dan belakang sama 110/70-12), push-open tandem footstep type, flat footboard & roomy board space.

Posisi riding nyaman dengan jok lebar dan pijakan kaki luas sehingga bro sis tidak cepat lelah dan berkendara lebih menyenangkan.

Pendinginannya maksimal dengan big blade fan, disempurnakan Diasil Cylinder & Forged Piston, oil jet piston cooler. Mesin powerful dengan Offset Cylinder dan CVT Ratio. Offset Cylinder mengurangi friksi dan vibrasi, distribusi power maksimal.

Tersedia tiga warna New White, Black Mat Titan, Vivid Red Metallic.

wpid-grand-filano-black-mat-titan

Spesifikasi Grand Filano

DIMENSI
P X L X T : 1820 mm X 685 mm X 1145 mm
Jarak sumbu roda : 1280 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 99 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,4 liter

MESINwpid-grand-filano-vivid-red-metallic
Kapasitas mesin : 125 cc
Tipe mesin : Air cooled 4-stroke, SOHC
Diameter X Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 11 : 1
Daya maksimum : 6.0 kW (8.2 PS)/ 6500 rpm
Torsi maksimum : 9,7 Nm (1.0 kgf.m)/ 5000 rpm
Sistem starter : Electric & kick starter
Sistem bahan bakar : Fuel injection
Tipe kopling : Kering, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi : V-belt Automatic

Bagaimana bro sis apakah akan segera membeli motor yang satu ini ?
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi cabang JG Motor terdekat 🙂

Sumber

Tips Mudik Aman Berkendara Motor

artikel cover

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Kita untuk berkumpul bersama keluarga dalam menyambut hari Lebaran. Mudik menggunakan sepeda motor menjadi salah satu alternatif yang sering dilakukan menuju kota asalnya. Bahkan pemudik antar provinsipun tidak ketinggalan memanfaatkan sepeda motor sebagai keperluan mudik. Alasan biaya yang mahal menggunakan kendaraan roda empat atau tiket pesawat dan kehabisan tiket kereta/kapal laut menjadi salah satu faktor utamanya.

Maka dari itu banyak pemudik mengatakan lebih irit menggunakan sepeda motor. Tetapi tidak sedikit bahaya yang dapat mengancam pengendara, disamping padatnya jalur yang akan dilewati juga kondisi jalan yang tidak selalu bagus menjadi faktor-faktor yang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut kami merangkum beberapa tips mudik menggunakan sepeda motor.

• Pastikan Anda mempunyai sepeda motor, penting!
• Cek kendaraan bermotor, mulai dari rem, kondisi ban, lampu motor dan performa mesin motor. Jika dirasa kurang baik segerakan service terlebih dahulu di bengkel terdekat,
• Ganti oli sebelum perjalanan,
• Bawa surat-surat ijin berkendara seperti SIM dan STNK,
• Isi bensin motor Anda dalam keadaan full tank,
• Apabila membawa barang banyak, sediakan box belakang untuk menyimpan barang bawaan agar tidak mengganggu Anda saat berkendara,
• Untuk Anda, pakailah jaket yang nyaman digunakan saat cuaca panas atau dingin, gunakan helm full face agar tidak mudah terkena debu jalanan atau menggunakan masker, sarung tangan dan sepatu yang tebal,
• Persiapkan diri Anda dengan istirahat yang cukup kalau perlu minum suplemen agar kondisi tubuh dapat selalu terjaga,
• Bawa kotak P3K untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan atau sakit dalam perjalanan,
• Sediakan pula peralatan mekanik untuk mengantisipasi apabila motor mengalami kendala,
• apabila merasa lelah, istirahatlah di tempat aman seperti Posko Mudik, Pom Bensin, Mesjid atau Kantor Polisi dan lanjutkan perjalanan setelah badan segar kembali,
• Selalu berhati-hati, patuhi peraturan lalu lintas dan jaga keselamatan, ini yang paling penting!

Itulah beberapa tips mudik aman dengan berkendara motor. Satu lagi, untuk Anda yang mempunyai Value Card jangan lupa untuk selalu membawanya karena dengan hanya menunjukan Value Card tersebut JG Motor akan memberikan Service Motor Gratis di “Bengkel Jaga Lebaran” yang tersebar di beberapa wilayah jalur mudik.

Selamat mudik! Semoga perjalanan Anda lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Berkumpul bersama sanak keluarga di hari yang fitri.

JG Motor Kembali Memanjakan Pemudik dengan “Bengkel Jaga Lebaran”

fix

Untuk kesekian kalinya JG Motor kembali memanjakan pelanggan setianya dengan membuka “Bengkel Jaga Lebaran“. Program khusus yang dibuat selama menjelang dan sesudah lebaran ini tentunya sangat dibutuhkan pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor. Terutama pemudik yang menempuh perjalanan jauh. Kehadiran “Bengkel Jaga Lebaran” yang ada di beberapa titik jalur mudik akan memudahkan Bro Sis untuk tetap menjaga kendaraan bermotornya dengan memberikan pelayanan perawatan sepeda motor. Tidak hanya memberikan pelayanan service, JG Motor pun memberikan program menarik, diantaranya :

Gratis Jasa Service
• Diskon Suku Cadang 20%
• Jasa Penjemputan Dalam Jangkauan s.d 3 Km

Selain program tersebut, dapatkan juga fasilias :

Bengkel Perbaikan Sepeda Motor
• Tempat Istirahat bagi Pengendara Sepeda Motor
• WC / Toilet Bersih
• Tempat untuk Sholat
• Softdrinks
• Free WiFi (kecuali pos jaga JG Bogor)
• TV Media Berisikan Info Arus Mudik

Bro Sis dapat menikmati program menarik tersebut di beberapa cabang JG Motor yang telah ditunjuk yang tentunya berlokasi pada jalur strategis mudik lebaran. Adapun cabang-cabang JG Motor yang menggelar event “Bengkel Jaga Lebaran” yaitu :

cabang

Jam operasional “Bengkel Jaga Lebaran” mulai pukul 08.00 s.d 17.00 WIB selama periode program. Kami siap membantu Anda, Bro Sis!

Semoga perjalanan mudik Bro Sis aman, lancar dan selamat sampai tujuan, berkumpul bersama sanak keluarga di hari yang Fitri!
Every day is safety day. Utamakan keselamatan ya Bro Sis, jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan 🙂

Yamaha MT-25 “Ini Jalan Penguasa”, Pure Street Naked Bike – Top of Maneuverability

MT25 putih

JAKARTA – Penguasa sport Indonesia datang lagi menghentak jalanan dengan naked bike premium terbarunya. Yamaha Indonesia secara resmi memperlihatkan perdana kepada dunia, MT-25 “Ini Jalan Penguasa” yang meluncur di area Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu 6 Juni 2015.
”Hari bersejarah di jalur otomotif roda dua dunia ini menghadirkan produk ke-4 dari MT Series setelah munculnya MT-09 dan MT-07 di tahun 2013 dan MT-125 di 2014. Sebagai pemanasan, sepekan sebelumnya Yamaha mendatangkan MT-09 edisi 2015 ke Tanah Air. Tak menunggu lama, bagian dari keluarga baru MT Series yakni MT-25 diperkenalkan. Ini bagian dari NakedVolution, revolusi baru Yamaha di kategori motor sport bagi para bikers sebagai penguasa jalanan,” papar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Tiga keunggulan MT-25 disodorkan buat konsumen. Desain pure street naked bike, maneuverability aggressive handling dan high performance engine. Jiwa street naked bike MT-25 kuat terbentuk pada desain bodinya yang kekar dengan karakter MT Series, bodi bagian depan lebih berisi dan bodi belakang compact memperkuat kesan naked bike. Karakter MT Series lainnya yang melekat pada MT-25 ada pada desain lampu depan Halogen H4 12V 60/55 yang terang dan lampu posisi LED sebagai identitas MT-25.Pengendara pun tampak lebih macho dengan desain tank cover dan desain air shroud MT style menjadikan MT-25 lebih kekar. Desain lekukan cover tangki menunjang performa ketika berkendara dan posisi duduk lebih nyaman. Kestabilan didapatkan dari rangka tipe diamond dengan optimum rigidity balance, mesin adalah bagian dari rangka sehingga membuat ramping dan kompak dilengkapi rubber engine mount pada frame dan damper pada handle untuk minim vibrasi di handle, daya cengkram ke jalan maksimal karena ban tubeless tapak lebar dan desain velg palang sepuluh bahan alumunium alloy.
Handling dan manuver agresif MT-25 didukung stang lebar, posisi stang mendekati pengendara dan lebih tinggi sehingga posisi berkendara lebih tegak menjadikan motor mudah dikendalikan dan lincah bermanuver. Kelincahan manuver dan mudahnya dikendalikan juga karena bobotnya 165 kg, paling ringan di kelasnya. Suspensinya juga terbesar di kelasnya dan dilengkapi protektor, suspensi belakang monocross tipe twin tube dan lengan ayun asymmetric sehingga berkendara lebih stabil. Double disc brake dan adopsi floating front disc brake untuk mengoptimalkan pengereman.
Nilai lebih keunggulan MT-25 juga dengan mesin performa tinggi 250 cc dengan adopsi 2 cylinder, DOHC, 8 katup, fuel injection menghasilkan tenaga besar dan akselerasi responsive. Disempurnakan teknologi balap Yamaha yaitu DiAsil Cylinder & Forged Piston. Radiatornya memiliki dimensi besar membuat suhu mesin stabil sehingga performa mesin optimal. Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan dan knalpot compact dengan desainnya sporty, dilengkapi O2 sensor dan catalytic converter yang menghasilkan gas buang ramah lingkungan. MT-25 dilengkapi dengan fitur speedometer yang lengkap yaitu shift timing light, gear position, clock, odometer, analog meter, trip meter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, oil change indicator, oil pressure, temperature meter, neutral indicator, engine trouble warning light dan self diagnosis.
MT-25 punya tiga warna Black Strike, Silver Blue, Red Rage.

Spesifikasi MT-25 :

Dimensi
P x L x T : 2.090 mm x 745 mm x 1.035 mmMT25 merah
Jarak sumbu roda : 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat Isi : 165 Kg
Kapasitas tangki besin : 14 L

Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin cairan, DOHC
Jumlah/posisi silinder : 2 silinder/tegak
Diameter x Langkah : 60,0 x 44,1 mm
Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
Daya maksimum : 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum : 22,6 Nm/10.000 rpm
Sistem starter : elektrik starter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : total = 2,40L : berkala = 1,80L ; ganti filter oli = 2,10LMT25 hitam
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6

Rangka
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 110/70-17M/C (54S)
Ban belakang : 140/70-17 M/C (66S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : single disc brake

Kelistrikan
Sistem pengapian : TCl
Battery : GTZ8V
Tipe busi : NGK/CR9E

 

 

Sumber

Yamaha Resmi Jual Soul GT 125 Blue Core di Indonesia

190443_turing
Jakarta – Selasa (3/3/2015) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Indonesia resmi membuka kain selubung Yamaha Soul GT 125 Blue Core. Artinya, Yamaha resmi meluncurkan Soul GT 125 Blue Core di pasar roda 2 nasional.

“Setelah Mio M3 dan NMAX, kini kami persembahkan All New Soul GT yang menyasar konsumen pria muda urban warrior,” kata Asisten GM Marketing PT YIMM Mohammad Masykur dalam acara peluncuran All New Soul GT di Ancol, Jakarta, Selasa (3/3/2015).

Menurut Masykur, desain All New Soul GT yang maskulin dan gagah, teknologi Blue Core dan fitur-fitur terbaiknya membuat Yamaha optimis dengan kehadiran All New Soul GT. Diharapkan, skutik anyar ini akan meneruskan sukses Mio Soul dan Soul GT yang masuk deretan papan atas matik unggulan di market Tanah Air.

Kapasitas mesin 125 cc All New Soul GT lebih besar dari Soul GT sebelumnya (113 cc). Motor ini disempurnakan dengan teknologi Blue Core dan teknologi balap Yamaha yang membuat mesinnya berperforma tinggi, lebih meningkatkan akselerasinya serta lebih bertenaga dan efisien.

All New Soul GT ditawarkan empat varian warna. Keempatnya adalah Challenger Gunmetal (abu-abu), Victory Red (merah), Bravery Black (hitam), Explorer White (putih).

Motor ini didesain khusus oleh Yamaha untuk orang-ornag yang membutuhkan desain motor yang gagah. Terlihat dari sisi depan yang menampilkan tatapan tajam lampu depan LED.

Motor Yamaha Indonesia Kualitas Terbaik di Dunia!

Siapa yang menyangka ternyata kualitas motor Yamaha Indonesia yang diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merupakan salah satu motor dengan kualitas terbaik di dunia.

Hal itu dikemukakan Marketing Director Executive PT YIMM, Yutaka Terada ketika ditemui di sela-sela acara Nongkrong & Blusukan Bareng Yamaha dan Media di Lido Lake Resort Hotel, Sukabumi pada akhir pekan lalu.

Menurut Terada san jika dibandingkan dengan motor-motor Yamaha diproduksi dan dipasarkan di India secara kualitas motor-motor Yamaha yang dijual di Indonesia jauh lebih baik. Jadi bisa dibilang dari sekian banyak negara di dunia yang menjadi pasar dari pabrikan sepeda motor berlambang garputala itu, kualitas untuk motor-motor Yamaha Indonesia jadi salah satu negara yang memiliki kualitas terbaik.

Motor-motor Yamaha di Indonesia yang terbaik. Motor di Indonesia kualitasnya lebih dari India,” ungkap pria Jepang yang sedikit fasih berbahasa Indonesia itu.

Penyataan Yutaka Terada itu cukup beralasan, karena sebelum bertugas di PT YIMM dirinya juga pernah bertugas di Yamaha Amerika Serikat, Eropa serta India. Oleh karenanya, Terada  berusaha untuk tetap mempertahankan kualitas produk-produk motor Yamaha Indonesia.

Tidak hanya kualitas, Terada juga menyoroti potensi pasar motor Indonesia, menurutnya pasar sepeda motor di Tanah Air potensinya masih bisa terus dikembangkan. Terlebih jika dilihat dari angka penjualan yang setiap tahunnya makin meningkat.  Tahun ini saja, diperkirakan akan ada 7,6 juta motor yang terjual di Indonesia. Dan di masa depan, angka itu diprediksi akan makin meningkat.

Sumber : motodream

Konsentrasi Dalam Pelayanan Kepada Konsumen, JG Motor Group Kembali Raih BSEA Award ke-4 Kalinya!

JG Motor Group kembali berhasil menerima piagam penghargaan bergengsi dari MarkPlus Insight untuk kali keempat dengan predikat terbaik dalam hal pelayanan untuk kategori dealer sepeda motor. Berkat kepercayaan dan dukungan para pelanggan pulalah penghargaan ini kembali berhasil diraih.

Piagam penghargaan bergengsi tersebut diserahkan secara langsung oleh Hermawan Kartajaya selaku Founder & CEO, MarkPlus, Inc kepada Hanna selaku Finance Director JG Motor Group pada hari Selasa, 11 Desember 2012 bertempat di Trans Convention Centre, Bandung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penghargaan tersebut didasari oleh hasil survei dengan mengukur dimensi pelayanan terhadap pelanggan yang meliputi tiga touch point, yaitu:

1. Pelayanan pada saat sebelum membeli (pre-purchase)
2. Pelayanan pada saat membeli (purchase-period)
3. Dan pelayanan setelah melakukan pembelian (post-purchase)

Dengan diraihnya penghargaan BSEA yang keempat kalinya ini, menjadi bukti bahwa JG Motor Group selalu berusaha untuk tetap konsisten dalam memberikan pelayanan yang terbaik dari waktu ke waktu. Berbagai segi pelayanan selalu menjadi titik konsentrasi yang terus dikembangkan untuk menjaga serta meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

ECU Yamaha Jupiter Z1 dapat Disetel dengan Power Tuner! Mantabs Bro…!

Yamaha Jupiter Z1 dapat disetel dengan menggunakan Power Tuner loch! Power Tuner ini biasa digunakan pada Yamaha YZ450F. Dengan perangkat ini, selain indikator sensor dapat dimonitor, hal-hal lain yang terkait dengan fuel dan ignition dapat disesuaikan! Seperti halnya mengeset Power Commander.

Continue Reading

Striping Air Brush Custom

custom

Untuk memanjakan konsumen dalam hal desain visual sepeda motor, JG Motor memberikan kemudahan dengan menerima pesanan sepeda motor dengan striping air brush custom.  Dengan demikian, konsumen dapat menentukan desain striping sepeda motor sesuai dengan selera masing-masing.

http://www.jgmotor.co.id/wp-content/uploads/2012/03/koleksi.swf

Soo…Pesan sekarang juga! Fill U’r Sense! 😉

Informasi lengkap :

Bruri Yudinar/ Bagoes Irawan

Marketing Support Division

JG Motor Group

Phone: 022-7318755

Motor Box Tank System

katalog-box-copy2

Kami menyediakan Motor Box System terdiri dari Top Box dan Side Box berbahan FRP dengan ketebalan 2-3 milimeter. Bracket box motor dicat sejenis Powder Coating yang disesuaikan dengan motor. Jok Asli diubah sesuai dengan kondisi box yang akan dipasang dengan tujuan  mempermudah pengisian BBM. Design dan warna box dapat disesuaikan dengan permintaan. Menerima pesanan khusus bagi instansi/perusahaan secara kredit.

Jangan Menunggu Mereka Datang

 

Ayo Jemput Pelanggan Anda!

Keterangan:

* Fiber kualitas tinggi dikerjakan oleh pabrik yang ditunjuk ATPM.
* Harga box disesuaikan kebutuhan.
* Menerima pesanan untuk kolektif & retail.
* Tipe motor disesuaikan.
* Menerima pesanan unit khusus sesuai kebutuhan.
* Menerima box model lain (Custom).
* Paket pembelian ‘Motor Box System’: Sepeda Motor beserta Box.

Cara Mengerem yang Benar Saat Kondisi Hujan

Saat memasuki musim penghujan, pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaannya, sebab jalan menjadi lebih licin dan tak jarang banyak terdapat genangan air yang membahayakan. Kalau kamu tidak meningkatkan kewaspadaan ketika naik motor saat hujan, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan saat kamu tidak sengaja menerjang lubang yang tertutup air di jalan raya atau tergelincir saat melakukan pengereman yang mendadak.

Walaupun terdengar sederhana, cara mengerem yang salah di jalan raya saat kondisi hujan bisa memicu kecelakaan karena sepeda motormu tergelincir. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengerem yang benar saat kondisi hujan. Tak sedikit orang yang menganggap merem di jalanan basah dan terendam air ini sama saja dengan melakukan pengereman di jalanan yang kering, padahal keduanya sangat berbeda jauh.

Jalanan yang basah dan ada genangan air cenderung lebih licin dan sangat tinggi risiko ban selip bila dibandingkan dengan kondisi jalanan yang kering. Untuk itu, kamu tidak bisa sembarangan melakukan pengereman terlebih melakukan pengereman yang mendadak. Sebaiknya kamu menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan atau di belakangmu, tujuannya untuk menghindari tabrakan saat kendaraan di depan melakukan pengereman.

Kalau kamu ingin mengerem, usahakan untuk menurunkan kecepatan laju kendaraan, jangan lakukan pengereman ketika sepeda motor sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi. Kalau kamu ingin melakukan pengereman saat sepeda motor sedang dalam kecepatan tinggi, lakukanlah pengereman secara bertahap agar kecepatan laju sepeda motormu bisa berkurang. Selain itu, hindari untuk melakukan pengereman yang dalam agar ban tidak mengalami selip yang bisa membuat kamu mengalami kecelakaan di jalan raya.

Pastikan juga sepeda motormu dalam kondisi berdiri tegak dan tidak dalam posisi miring seperti saat berbelok ketika ingin melakukan pengereman, karena saat dalam posisi miring risiko tergelincir menjadi lebih besar. Kamu juga sebaiknya mengombinasikan penggunaan rem depan dan rem belakang saat melakukan pengereman, tetapi ingat kalau kamu harus melakukan pengereman ini secara bertahap.

Featured Image  : http://otomotif.metrotvnews.com

Merawat Kaca Lampu Motor Terbebas dari Kusam

Lampu di sepeda motor punya peran yang sangat penting, ketika kaca lampu motor kusam serta kekuningan maka kamu perlu berhati-hati karena bisa membahayakan keselamatanmu saat berkendara terlebih di malam hari.

Sebenarnya masalah seperti ini biasa terjadi pada kendaraan bermotor, usia pakai sepeda motor juga menjadi salah satu penyebab kenapa kaca lampu motor menjadi kusam dan kekuningan.

Sebenarnya kaca lampu sepeda motor ini dibuat dari polikarbonat yang kuat dan dilapisi lapisan anti UV untuk melindungi kaca dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan lampu menjadi kusam dan kekuningan.

Sayangnya lapisan anti UV ini lambat laun akan terkikis akibat debu dan kotoran serta zat kimia dari cairan sabun saat mencuci sepeda motor. Tetapi kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa merawat kaca lampu sepeda motor sendiri agar terbebas dari kusam dengan beberapa cara berikut ini:

  • ¥ Amplas dan Kompon

Kamu bisa menggunakan amplas dan kompon untuk membersihkan lampu sepeda motor yang kusam. Pertama, kamu perlu mempersiapkan amplas nomor 1000, kompon, air, dan lap bersih. Selanjutnya kamu bisa mengamplas lampu sepeda motor dengan menggunakan amplas yang sudah dibasahi dengan gerakan naik turun sampai kusam terangkat, setelah itu bilas dengan menggunakan air yang mengalir dan keringkan dengan lap bersih. Terakhir kamu bisa mengoleskan kompon ke permukaan lampu sepeda motor sampai baret bekas amplas menghilang.

 

  • ¥ Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi juga bisa membantu menghilangkan kusam di lampu sepeda motormu dan membuatnya terlihat lebih bersinar. Kamu perlu mempersiapkan  pasta gigi (non gel), lap kering yang lembut. Caranya cukup oleskan pasta gigi (non gel) ke seluruh permukaan lampu sepeda motor, kemudian gosok-gosok dengan gerakan naik turun dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Kalau kamu menemukan lampu sepeda motor menjadi kusam dan kekuningan, sebaiknya jangan langsung mengganti lampu sepeda motor dengan yang baru karena kamu bisa merawatnya sendiri dengan menggunakan beberapa cara di atas.

Prinsip Dasar Berkendara Aman untuk Bikers Pemula

Bisa mengendarai sepeda motor memang menyenangkan, kamu bisa menikmati keseruan berkendara di jalan raya dan juga bisa membuat jarak tempuh menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan jenis lainnya. Tak heran kalau semakin hari, semakin banyak bikers pemula yang bermunculan. Nah, biar kamu lebih aman berkendara di jalan raya sebaiknya kamu memahami prinsip dasar berkendara yang aman untuk bikers pemula:

  • ¥ Pilih Perlengkapan yang Tepat

Menggunakan perlengkapan berkendara saat berada di jalan raya juga jadi cara safety riding yang perlu kamu lakukan. Sebaiknya kamu selalu menggunakan helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu riding yang bisa melindungi tubuhmu lebih maksimal saat berkendara di atas sepeda motor, terlebih untuk kamu yang masih masuk dalam kategori pemula.

  • ¥ Periksa Kendaraan

Memeriksa kendaraan sebelum digunakan ini menjadi salah satu tips safety riding yang harus kamu lakukan. Periksa stang motor, rem depan dan belakang, lampu dekat, lampu jauh, lampu sein, klakson, dan jangan lupa juga untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan agar perjalananmu terasa lebih nyaman.

  • ¥ Berkendara dengan Bijak

Sebelum mulai berkendara, ada baiknya kamu memanaskan mesin sepeda motor. Usahakan untuk menggunakan starter kick saat mulai memanaskan sepeda motor, dan biarkan mesin menyala beberapa menit sebelum digunakan. Selain itu, sering mengendarai sepeda motor di jalan raya memang menjadi cara terbaik untuk kamu bisa mengasah feeling dan terbiasa dengan sepeda motormu dalam semua kondisi jalan. Menerapkan safety riding saat berada di atas sepeda motor juga bisa menghindari dirimu dan pengguna jalan lainnya dari kecelakaan di jalan raya.  Jadi, mulailah untuk berkendara dengan bijak.

Semakin sering kamu mengendarai sepeda motor, maka akan semakin cepat kamu mahir mengendarainya. Tetapi, pastikan kamu sudah memiliki surat izin berkendara sebelum menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Tips Berkendara Irit Bensin

Saat ini hampir semua sepeda motor sudah dilengkapi teknologi yang bisa membuat konsumsi bensin lebih irit. Tetapi, masih banyak orang yang beranggapan bahwa beberapa jenis sepeda motor seperti skuter matik ini lebih boros bensin. Padahal kalau dikendarai dengan cara yang benar, semua jenis sepeda motor bisa lebih irit bensin. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk berkendara hemat bahan bakar:

  • ¥ Berkendara dengan Baik

Berkendara dengan baik seperti mengatur kecepatan laju sepeda motor di jalan raya bisa membantu motor irit bensin. Hindari untuk mengendarai sepeda motor terlalu kencang dan melakukan pengereman yang mendadak karena bisa membuat konsumsi bensin lebih boros.

  • ¥ Batasi Modifikasi

Memodifikasi sepeda motor memang banyak dilakukan, tetapi kamu harus memperhatikan sepeda motor sebelum dimodifikasi. Modifikasi sepeda motor dengan memasang aksesoris yang terlalu berlebihan bisa membuat konsumsi bensin di sepeda motormu semakin boros.

  • ¥ Posisi Riding

Pastikan posisi dudukmu saat riding tepat berada di tengah, tidak terlalu ke depan atau belakang. Posisi riding yang pas juga bisa membuat sepeda motormu lebih irit bensin.

  • ¥ Perawatan Berkala

Melakukan perawatan secara berkala juga bisa menjadi cara irit bensin sepeda motormu, cobalah untuk rutin mengecek sepeda motormu dan mengganti oli setiap bulannya. Selain itu, bersihkan filter udara karena filter udara yang kotor bisa membuat tenaga mesin berkurang dan membuat konsumsi bensin lebih banyak.

  • ¥ Cek Tekanan Ban

Tekanan angin di ban ini juga berpengaruh sama konsumsi bahan bakar sepeda motormu. Untuk itu cek tekanan ban agar tetap dalam kondisi ideal karena kalau tekanan ban berkurang akan mempengaruhi konsumsi bensin yang semakin banyak.

Berkendara dengan bijak bisa membantu kamu mengirit konsumsi bensin, jadi mulailah berkendara yang bijak dari sekarang.

Ini Alasannya Yamaha YZF R25 Cocok Buat Anak Muda

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini meluncurkan generasi terbaru Yamaha YZF R25. Kehadirannya menjadi jawaban buat kamu yang sudah nggak sabar untuk memiliki motor sports terbaik.

Yamaha R25 generasi terbaru tampil lebih sporti dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Desain”. Terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Motor ini pastinya cocok banget menjadi tunggangan bagi para bikers yang datang dari kalangan anak muda. Namun, apa alasannya?

  1. Super sport handling

Pengaplikasian fitur suspensi Up Side Down  (USD) tidak hanya menambah macho tampilan motor tetapi turut meningkatkan handling yang membantu dalam agresifitas serta kenyamanan berkendara. Hal ini sesuai dengan konsep “Riding The R Anytime” yang diusung oleh Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru.

  1. Dilengkapi fitur terkini

Untuk poin yang satu ini bisa diihat contohnya pada bagian lampu depan dan belakang juga sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama.

Bagian kokpit turut didesain menyerupai Yamaha R1, mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di atasnya.

  1. Super sport design

Yamaha R25 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Desain”. Terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Adapun, Yamaha R25 sendiri dibanderol seharga Rp 58,600,000 untuk tipe yang biasa dan Rp 58,950,000 untuk tipe Movistar Livery. Kedua harga tersebut merupakan OTR Jakarta.

Featured Image : www.yamaha-motor.co.id

Keunggulan Ban Tubeless Seperti yang Dipakai di Motor-motor Yamaha

Mayoritas produk sepeda motor Yamaha sudah menggunakan ban tubeless. Sekilas, bisa jadi istilah ini sudah nggak asing lagi di telinga. Namun kemungkinan masih ada juga bikers di luar sana yang bertanya-tanya seperti apa sebenarnya ban tubeless beserta keunggulan yang ditawarkannya.

Dinamakan ban tubeless karena ban tipe ini sudah tidak menggunakan ban dalam. Salah satu keunggulan yang banyak dirasakan manfaatnya oleh pengguna ialah, ban tipe tubeless nggak gampang kempes seandainya tertusuk obyek tajam yang membuatnya bocor.

Seorang ahli menjelaskan, hal tesebut disebabkan ban tubeless memiliki konstruksi yang lebih kokoh dibanding ban biasa, seperti halnya yang dilaporkan oleh Gridoto. Konstruksi yang lebih kokoh itu pula membuat ban tubeless nggak memerlukan tambahan ban dalam. Sebabnya, ia juga sudah dilengkapi inner liner.

Dapat disimpulkan bahwa dinding ban tubeless juga lebih kuat sehingga angin nggak gampang keluar saat ban tertusuk obyek tajam.

Selain penjelasan di atas, alasan lainnya yang membuat ban tubeless lebih unggul dari ban biasa ialah saat kita dihadapkan pada situasi harus menambal ban. Menambal ban tubeless lebih praktis dibanding proses menambal ban biasa.

Bila terjadi kebocoran pada ban biasa maka harus ditambal dengan menggunakan karet panas, lain halnya dengan ban tubeless. Proses penambalan ban tubeless hanya tinggal menutup lubang yang menjadi sebab kebocoran. Langkah ini bisa dilakukan tanpa perlu membuka ban dari pelek. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Dengan segala keunggulannya, ban tubeless sangat memudahkan pengguna motor. Hal ini mendorong Yamaha untuk mengadopsinya, mulai untuk skutik Yamaha Mio S “Smart and Sophisticated” yang dilengkapi ban tubeless dengan ukuran lebar. Hingga jajaran motor tipe sports, seperti Yamaha R15 hingga R25.

Mengenal Fitur-fitur Canggih Milik Yamaha XMax

Gambar Motor Yamaha Xmax

Jajaran motor Maxi Yamaha menawarkan lini produk yang lengkap. Selain diisi Yamaha NMax, Lexi, dan Aerox 155, ada pula Yamaha XMax yang hadir sebagai pioner skuter gambot bermesin 250cc di Indonesia. Jajaran produk Maxi Yamaha sudah dikenal akan kesan premium yang ditawarkannya, dan hal itu semakin kental terasa pada Yamaha XMax.

Hal tersebut nggak lain berkat fitur-fitur yang menempel di motor ini, sobat. Fitur canggih sudah barang tentu menjadi daya tarik bagi kalian yang tengah mencari motor baru, bukan? Nah, buat kalian yang penasaran, sekarang kita bakal bahas satu per satu fitur yang ada di motor ini.

  1. Adjustable windshield

Berkendara dengan Yamaha XMAx dijamin nyaman banget. Salah satu alasanya ialah karena ada fitur yang dinamakan adjustable windshield ini. Dengan begitu, kamu bisa mengatur ketinggian dari windshield sesuai selera.

  1. Lampu-lampu sudah menggunakan LED

Hemat daya dan bisa kasih penerangan maksimal. Itulah keunggulan dari penggunaan lampu LED yang juga bisa kamu temui pada Yamaha XMax. Pengaruhnya adalah pada aspek keselamatan berkendara, di mana kamu nggak perlu khawatir bila melewati jalanan gelap. Bahkan, lampu LED ini terdapat untuk bagian depan dan belakang.

  1. Anti-lock Braking System

Mesin 250cc Yamaha XMax punya tenaga yang sangat bisa diandalkan. Untuk itu kamu butuh sistem pengereman yang mumpuni. Beruntung, karena Yamaha XMAX sudah dilengkapi ABS pada sistem pengeremannya. Jadi lebih aman karena ban bebas dari gejala ban mengunci apabila kamu melakukan pengereman mendadak.

  1. Smart Key System

Yamaha XMax dilengkapi berbagai fitur modern yang bikin kamu tambah nyaman dalam menggunakannya. Sebagai contoh, Yamaha fitur Smart Key System. Menyalakan mesin Yamaha XMax tak perlu lagi menggunakan anak kunci lagi jadinya.

  1. Mesin Blue Core + Forged Diasil

Tekologi inilah yang menjadi keunggulan dari dapu pacu Yamaha XMax. Teknologi Blue Core di dalam mesinnya bisa menghasilkan tenaga yang maksimal. Pada waktu bersamaan juga tetap menjaga konsumsi bahan bakar tetap hemat. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan sistem pendingin cairan.

Motor Yamaha Adopsi Pelek Racing, Apa Kelebihannya?

Kalau ngomongin pelek, kita bakal dihadapkan pada dua tipe yang jamak ditemui di pasaran, yaitu pelek jari-jari dan pelek racing alias cast wheel. Sejatinya pelek seperti ini banyak ditemui pada motor-motor yang dipakai untuk balapan. Mulai dari ajang MotoGP hingga World Superbike, semuanya menggunakan pelek racing.

Bikers yang mengutamakan penampilan motor, bisa dipastikan akan memilih pelek jenis racing. Hal ini dikarenakan pelek racing terlihat lebih sporty dan desainnya pun banyak pilihan. Berbeda dengan pelek jari-jari yang desainnya itu-itu saja.

Mayoritas motor Yamaha terbaru pun menggunakan pelek jenis ini. Lantas, sebenarnya apa saja sih kelebihan pelek racing? Apa sebatas keren saja?

Pastinya nggak dong, sobat. Masih banyak keunggulan dari pelek racing yang membuatnya kerap menjadi pilihan banyak bikers.

  1. Pelek racing mudah dibersihkan

Kelebihan yang satu ini memang tak berhubungan langsung dengan aspek teknis kendaraan. Melainkan, lebih kepada kenyamanan dalam penggunaannya. Sulit disangkal bila pelek sport lebih mudah dibersihkan saat kita sedang mencuci motor.

  1. Dapat dipasangkan dengan ban tubeless

Alasan lainnya untuk menggunakan pelek racing ialah karena dengan begitu kita bisa menggunakan ban tubeless. Beda kasusnya bila kita mengguanakan pelek jari-jari. Kita perlu menambahkan penutup khusus untuk lubang jari-jarinya.

  1. Lebih stabil

Pelek racing berkualitas atau setidaknya yang sudah menjadi komponen bawaan pabrik (OEM) menawarkan kelebihan lain berupa kestabilan ekstra saat motor diajak berlari.

  1. Bebas perawatan

Seperti diketahui bahwa pelek jari-jari memerlukan perawatan berupa penyetelan ulang. Tapi pengguna pelek racing nggak perlu memikirkan upaya ini. Namun demikian, harus diakui bahwa pelek racing lebih rentan mengalami kerusakan bila dihadapkan pada benturan dan kadang nggak ada obatnya. Beda halnya dengan pelek jari-jari yang masih bisa disetel lagi.

Itulah beberapa keunggulan dari pelek racing, tipe pelek yang diadopsi mayoritas produk sepeda motor Yamaha. Mulai dari jajaran skutik seperti Yamaha Mio S, hingga motor sports Yamaha R15 dan R25.

Memahami Perbedaan Dua Tipe Yamaha Lexi

Bila melihat ke jajaran produk skutik Yamaha, terutama kategori produk Maxi maka kamu bakal dihadapkan pada dua tipe Yamaha Lexi. Pilihan pertama ialah Yamaha Lexi S, lalu ada pula Yamaha Lexi biasa. Kedua jenis ini memiliki harga yang berbeda pula, dan hal ini mungkin bikin kamu bertanya-tanya apa perbedaaan di antara keduanya.
Hal pertama yang perlu kamu ketahui ialah harga Yamaha Lexi S lebih mahal dibanding Lexi biasa, alias tanpa huruf “S” di belakang namanya. Dari situ bisa disimpulkan bahwa Yamaha Lexi S memiliki posisi lebih tinggi dibanding versi standarnya.

Perbedaan fisik atau fitur dari keduanya meliputi adanya suspensi tabung dan sistem kunci keyless pada Yamaha Lexi S. Selain, tipe yang satu ini juga sudah mengadopsi desain jok yang diisi pola jahitan khusus sehingga membuatnya terlihat lebih premium.
Apapun pilihannya dikembalikan kepada kalian. Karena sejatinya kedua motor ini dilengkapi fitur-fitur kunci yang sama. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 125cc Blue Core. Performanya ditunjang sistem VVA (Variable Valve Actuation) yang bikin tarikan mesin terus mengisi dan hemat bahan bakar pada waktu yang bersamaan.
Untuk diketahui, sistem VVA pada Yamaha Lexi mulai bekerja pada putaran mesin 6.000 rpm.

Melengkapi kinerja mesinnya, kedua tipe Yamaha Lexi sudah mengusung teknologi Stop and Start System. Di mana dengan teknologi ini kamu bisa menghemat bahan bakar karena mesin motor akan mati (idle) dengan sendirinya saat motor berhenti.
Fitur bernilai lainnya yang bisa kamu temui di Yamaha Lexi ialah Electronic Power Socket dan Answer Back System yang juga terintegrasi dengan Immobilizer.

Tips Merawat Ban Motor

Sudah paham dong fungsi ban motor? Itu tuh, karet bundar yang membalut velg dan berfungsi sebagai penerus daya mesin untuk menggerakkan sepeda motor. Nah, karena komponen tersebut menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, maka menjaga atau merawat ban motor penting sekali dilakukan secara berkala. Pasalnya, kalau ban motor tidak dalam kondisi yang baik maka keselamatan pengendara pun menjadi taruhannya.

Selain menjaga keselamatan pengendara, merawat ban motor juga merupakan investasi. Karena dengan merawat ban motor kita bisa menghemat anggaran untuk mengganti ban. Sebagai seorang biker, kamu pasti pernah mengalami ban bocor dan ban kempis lantaran permukaan luarnya telah aus alias botak bukan? Nah ketimbang sengsara kemudian, lenih baik kamu simak tips-tips merawat ban motor berikut ini :

  1. Setiap 2 minggu sekali, periksa tekanan angin ban. Cara mengeceknya selalu dalam kondisi ban dingin ya. Isi tekanan udara ban motor sesuai dengan yang dianjurkan pada buku pedoman sepeda motor. Sebab, jika tekanan angin pada ban kurang akan menyebabkan laju motor tidak seimbang.
  2. Periksa secara berkala kondisi ban secara keseluruhan dengan cara membuang benda-benda yang menempel pada alur ban (batu kerikil, paku, besi, dan sebagainya) karena dapat merusak alur ban. Jangan lupa untuk membersihkan ban yang terkena oli/gemuk dengan air agar tidak licin.
  3. Kalau ban sudah botak, segera ganti ban.
  4. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga cukup mempengaruhi kinerja ban pada motor. Kondisi jalan yang pada panas pada musim kemarau bisa membuat usia ban menjadi lebih pendek dibandingkan musim hujan.
  5. Sempurnakan cara berkendara motor. Pasalnya, cara berkendara yang serung melakukan pengereman mendadak juga mempengaruhi keawetan ban motor.