Keunggulan Aluminium Rear Arm yang ada di Yamaha All New Vixion R

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas perbedaan-perbedaan yang bisa ditemui pada Yamaha All New Vixion R dan All New Vixion. Salah satu yang cukup mencolok dari segi penampilan ialah komponen lengan ayun yang dipakai kedua motor ini.

Yup, Yamaha All New Vixion R dan All New Vixion menggunakan rear swing arm atau lengan ayun berbeda.

Di mana Yamaha All New Vixion R menggunakan lengan ayun berbahan aluminium serupa dengan yang dimiliki Yamaha R15. Lain halnya dengan lengan ayun Yamaha All New Vixion biasa (tanpa R) yang desainnya lebih sederhana dengan bentuk mengotak.

Kelebihan lengan ayun Yamaha All New Vixion R dari segi looks atau penampilan sudah barang tentu terlihat lebih sporty. Desainnya dibuat mendekati bentuk lengan ayun yang banyak dipakai oleh motor-motor berkapasitas mesin lebih besar.

Perlu diketahui bahwa selain itu, ada juga perbedaan teknis yang sedikit banyak memengaruhi feel berkendara dengan Yamaha All New Vixion R.

Penggunaan material aluminium membuat swing arm tersebut memiliki bobot lebih ringan. Karakternya juga lebih rigid jadi makin sejalan dengan konsep sporty yang diusung motor ini.

Lalu kalau melihat ke dimensi, diketahui swing arm Yamaha All New Vixion R lebih panjang. Sehingga membawa efek wheelbase alias jarak sumbu roda kedua motor ini yang berbeda. Adapun wheelbase Yamaha All New Vixio R ialah 1.320 mm, sedangkan wheelbase Yamaha All New Vixion biasa berada di angka 1.295 mm.

Dari situ mungkin kamu sudah bisa menarik kesimpulan karakter berkendara yang disuguhkan masing-masing motor ini. Dengan wheelbase lebih panjang, Yamaha All New Vixion R menyuguhkan kestabilan ekstra saat diajak tancap gas.

Sumber poto: www.yamaha-motor.co.id

 

Ini Dia Daftar Fitur Keren Yamaha MX King 150

Penampilan yang maskulin menjadi kelebihan Yamaha MX King 150 sebagai salah satu pengisi jajaran motor baru Yamaha kategori moped. Yang perlu kamu tahu, penampilan gagah motor ini pun benar-benar ditunjang sederet fitur terkini dan pastinya mesin bertenaga.

Dengan begitu motor Yamaha MX King adalah pilihan paling tepat untuk kamu dengan jiwa muda dan dinamis. Tapi sebenarnya apa aja sih kelebihan motor yang juga hadir dalam balutan livery MotoGP Yamaha ini?

Sebagai “jantung” dari performa bertenaga Yamaha MX King adalah mesin 150cc FI (fuel injection) dengan liquid cooling system. Mesin empat katup tersebut juga menggunakan Forged Piston dan DiAsil Cylinder.

Para insinyur Yamaha pengen memastikan kalau mesin tersebut bisa bekerja semaksimal mungkin dalam membawa motor melaju.

Di sini desain rangka yang tepat memegang peranan penting. Sehingga digunakanlah desain rangka yang ringan. Seperti diketahui bahwa bobot rangka yang ringan sangat berperan bila dikaitkan dengan performa laju kendaraan. Menggunakan suspensi monoshock, desain rangka menghadirkan ergonomi berkendara yang sporty.

Terlepas dari hal itu, penyematan fitur terkini seperti lampu jenis LED untuk headlight Yamaha MX King membuatnya jadi paket lengkap sepeda motor andalan. Desain headlight itu sendiri terinspirasi dari motor-motor super sport Yamaha, seperti R1 atau R25.

Nah, di awal pembahasan sudah disebut bahwa Yamaha MX King punya penampilan yang maskulin. Hal itu tak lepas dari penggunaan ban lebar pelek 17 inci dengan dikawal rem cakram depan belakang. Lengkap banget deh fitur Yamaha MX King.

Deretan Motor Yamaha yang Tampil Lebih Gagah dengan Livery MotoGP

Merasakan semangat yang sama dengan Valentino Rossi atau Maverick Vinales sewaktu berada di atas motor Yamaha Movistar bukan lagi sebatas khayalan. Karena Yamaha membawa livery atau grafis motor yang digunakan dalam ajang balap dunia tersebut ke hadapan konsumennya.

Yup, buat kamu yang ngefans berat sama tim balap Yamaha, bisa memilih jajaran produk motor baru Yamaha berlabur kelir warna biru yang khas tersebut. Dilihat dari tampilannya, motor-motor ini sudah barang tentu terlihat spesial atau lain daripada yang lain. Kesan sporty-nya lebih jelas terpancar dengan penggunaan livery Movistar.

Apalagi grafis Movistar tersebut bisa ditemui pada kategori produk yang beragam. Mulai dari motor matic Yamaha, hingga sport bike. Lebih lengkapnya simak nih daftar motor baru Yamaha Movistar.

1/ Yamaha All New Vixion All New Vixion

Kamu bisa menemui livery Movistar pada Yamaha All New Vixion yang merupakan jagoan naked sport bermesin 150cc. Mesin yang sudah terbukti bertenaga milik motor ini ditunjang pula dengan fitur bernilai seperti Assist and Slipper Clutch.

2/ Yamaha Aerox 155 VVA R-Version 

Aerox 155 RMotor matic Yamaha yang satu ini memang sudah terkenal sporty. Namun kesan itu semakin kental dengan hadirnya pilihan grafis Movistar. Mesin BlueCore dan penggunaan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) pun menjadi jaminan performa bertenaga sekaligus hemat bahan bakar.

3/ Yamaha All New R15

r15

Yamaha All New R15 hadir menyapa kamu yang suka banget motor bergaya sporty dengan statusnya sebagai jagoan di kelas sport fairing 150 cc. Di produk ini kamu bisa kembali menemukan fitur-fitur terkini Yamaha seperti teknologi VVA dan Assist and Slipper Clutch.

4/ Yamaha R25 Movistar

r25Jagoan lain Yamaha untuk motor di segmen sport fairing ialah Yamaha R25. Hanya produk ini menggunakan kapasitas mesin lebih besar, 250cc yang bisa memantapkan gairah kamu penggemar motor sport. Dibalut grafis Movistar, aura sporty yang dimiliki motor ini pun semakin memukau.

5/ Yamaha MX King 150

mx-kINGMoped dengan desain maskulin ini juga kebagian livery Movistar. Mesin 150cc berpendingin cairan, kemudian desain headlight LED ikonis ditambah speedometer digital humanis ialah beberapa fitur milik Yamaha MX King buat kamu. 

Berkendara Lebih Hemat dengan memanfaatkan fitur Start and Stop System

Persaingan di dunia otomotif terutama sepeda motor, membuat para produsen berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi terbaru agar produk mereka dapat menarik konsumen dan laris di pasaran. Yamaha menjadi salah satu produsen sepeda motor yang menawarkan teknologi terbaru bagi konsumen setianya, teknologi yang ditawarkan Yamaha ini adalah fitur Start and Stop System.

Fitur yang diusung Yamaha ini dianggap mampu membuat berkendara semakin hemat, karena mesin kendaraan akan otomatis mati saat sepeda motor berhenti dan otomatis menyala kembali saat kamu menarik tuas gas. Mesin kendaraan yang mati setiap kali sepeda motor berhenti ini akan membuat sepeda motor lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Fitur Start and Stop System ini akan berfungsi optimal ketika saklar start-stop yang ada di handle bar dalam kondisi menyala atau on, kecepatan sepeda motor sudah melebihi 10 km/jam sebelum sepeda motor berhenti, dan suhu mesin sepeda motor sudah mencapai 50 derajat. Tanda dari optimalnya kinerja fitur ini dapat dilihat dari indikator Start and Stop System yang akan berkedip saat mesin sepeda motor mati.

Penasaran dengan Fitur Start and Stop System yang dapat menyajikan pengalaman berkendara lebih hemat untukmu? Kamu bisa mencobanya di sepeda motor terbaru keluaran Yamaha seperti di Yamaha Aerox, Soul Gt, dan Mio M3.

Ini Tandanya Motor Perlu Aki Baru

Aki di kendaraan jadi salah satu komponen yang sangat penting, tanpa adanya aki, kendaraan tidak dapat dioperasikan. Untuk itu, bisa dikatakan kalau aki adalah sumber tenaga di motor kamu. Mengingat pentingnya fungsi aki di motor, tentunya kamu perlu memperhatikan kualitas aki ini. Apakah aki yang ada di motor kamu masih dalam kondisi baik, atau perlu diganti agar performa motor tetap maksimal. Berikut ini ada beberapa tanda kalau motor kamu perlu aki yang baru:

  • Starter Elektrik Tidak dapat Digunakan

Kalau kamu mengalami kejadian ini, saat starter elektrik tidak bisa digunakan dan kamu harus menggunakan starter engkol, itu berarti aki motor kamu sudah mulai habis dan harus diganti.

  • Mesin Tersendat

Saat kamu menyalakan mesin motor menggunakan starter engkol, kemudian terdengar suara mesin yang tersendat seperti hilang timbul, itu berarti sudah saatnya kamu mengganti aki lama dengan aki baru.

  • Suara Klakson Lemah

Klakson sangat penting keberadaannya, tetapi saat aki motor kamu mati, klakson akan melemah dan ikut tak berfungsi. Klakson yang melemah ini jadi salah satu tanda kalau aki di motormu harus segera diganti.

  • Lampu Utama Redup dan Mati

Lampu utama di motor menjadi hal yang penting untuk menerangi perjalananmu terutama saat malam hari. Tetapi lampu utama ini akan meredup ketika aki motor kamu mulai lemah atau mati. Jadi, saat lampu motor mulai meredup, mungkin sudah saatnya kamu mengganti aki motormu.

  • Motor Mati Total

Saat motor kamu tidak bisa dinyalakan dengan starter elektrik ataupun manual, kondisi ini menunjukkan bahwa motor tidak bisa digunakan dan kamu segera mengganti aki lama dengan yang baru.

Sebaiknya kamu perlu memperhatikan tanda-tanda ini. Jangan sampai kamu mengalami mogok di jalan karena masalah aki yang mati dan motor tidak bisa dihidupkan kembali.

Ketahui Resiko Modif Pakai Cakram Variasi

Semakin maraknya pengguna sepeda motor di jalan raya, membuat banyak orang ingin menjadikan tampilan sepeda motor mereka berbeda dari yang lainnya. Tak sedikit dari mereka yang melakukan modifikasi motor dengan mengganti beberapa sparepart sepeda motor, salah satunya cakram rem sepeda motor.

Saat ini cakram rem sepeda motor sudah banyak dijual di pasaran, ada beragam jenis, model dan ukuran cakram dengan warna yang menarik. Maka tak heran kalau banyak biker yang tertarik untuk merubah cakram bawaan di sepeda motor mereka dengan cakram variasi yang dijual, sayangnya ini dapat mengancam keselamatan para biker dalam berkendara karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Sebenarnya tak ada salahnya merubah cakram bawaan menjadi cakram variasi, asalkan cakram variasi yang kamu pilih sesuai dengan standar keamanan penggunaan cakram. Kamu bisa memperhatikan kualitas bahan dengan melihat material yang digunakan serta ketebalannya. Cakram variasi yang murah memiliki ketebalan yang tidak rata serta material pembuatan cakram yang tidak baik, hal ini bisa membahayakan diri kamu karena cakram tidak sesuai dengan kampas rem dan membuat pengereman lebih berisiko.

Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah cakram variasi yang kamu pilih sudah presisi, karena cakram yang tidak presisi akan membuat cakram cepat panas dan lebih cepat bengkok. Hindari juga untuk menggunakan cakram lebar karena bisa membuat sepeda motor tidak stabil saat kamu mengerem di jalan raya.

Tak ada salahnya melakukan modifikasi di sepeda motormu, asalkan kamu memilih material modifikasi yang baik karena akan berpengaruh pada keselamatan dirimu sendiri di jalan raya.

Ketahui Cara Mengecek Kondisi Kampas Rem Motor

Rem jadi salah satu komponen penting di sepeda motor kamu, tanpa rem kamu akan kesulitan mengurangi kecepatan laju kendaraan. Ada dua jenis rem di sepeda motor, yang pertama adalah rem teromol atau jenis drum brake dan yang kedua adalah disc brake atau cakram.

Rem cakram ini biasanya digunakan untuk roda bagian depan, dan di setiap rem cakram ini selalu dilengkapi kampas rem yang berfungsi untuk memaksimalkan pengereman. Kampas rem ini perlu diganti secara rutin ketika kampas sudah habis agar rem cakram dapat bekerja dengan baik. Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau kampas rem motormu sudah habis?

  • Berbunyi

Kampas rem yang sudah mulai habis akan berbunyi ketika kamu melakukan pengereman, hal ini terjadi karena lempengan kampas rem bergesekan dengan piringan cakram.

  • Terasa Dalam

Saat kamu melakukan pengereman dan terasa sangat dalam menekan tuas rem, itu berarti kampas rem sudah mulai menipis.

  • Periksa Tabung Minyak Rem

Salah satu cara mengetahui kampas rem sudah mulai habis adalah dengan memeriksa tabung minyak rem, apabila minyak rem sudah banyak berkurang itu artinya kampas rem sudah mulai habis.

Memeriksa kampas rem cakram ini sangat penting untuk menjaga keselamatan kamu di jalan raya, juga untuk menjaga kinerja rem agar tetap bekerja maksimal, jadi sebaiknya kamu perhatikan tanda-tandanya dan jangan malas untuk melakukan pengecekan.

Dilihat dari Opsi Warnanya, Tipe Yamaha Fino Apa yang Cocok Buat Kamu?

Melihat jajaran produk motor matic Yamaha, kita akan disuguhkan beberapa tipe dengan keunggulannya masing-masing. Yamaha New Fino, skuter dengan gaya desain retro modern juga menjadi salah pengisi lini produk yang kian digemari oleh konsumen ini. Karakter retro modern Yamaha New Fino pun kian lengkap dengan berbagai pilihan warna yang bisa ditemui pada setiap variannya. Menonjolkan karakter-karakter berbeda yang pastinya memperkaya pilihan bagi konsumen.

Dibanding pilihan motor matic Yamaha lainnya, motor Fino memang memiliki karakter yang berbeda. Desainnya yang punya ciri khas tersendiri cocok banget buat anak muda yang stylish dalam berpenampilan.

Yamaha New Fino siap jadi pelengkap gaya sehari-hari, juga sebagai penunjang mobilitas yang sangat bisa diandalkan. Hal itu dikarenakan Yamaha Fino membawa semua keunggulan teknologi motor Yamaha terkini, seperti mesin Blue Core, lampu LED, advance key, stop and start system, dan forged and diasil.

Di luar semua itu, Yamaha Fino dapat dipilih dalam beberapa varian yang setiap pilihannya mencerminkan kesan tersendiri. Mulai dari varian pertama, New Fino 125 Grande sebagai pilihan paling atas dengan banderol harga berada di kisaran Rp18.900.000 juta. Varian ini dapat dikatakan sebagai pilihan paling berkelas. Dalam hal desain, New Fino 125 Grande mengdepankan kesan elegan. Grafisnya terlihat minimalis, namun berkelas hasil penggunaan jok berbalut dua warna.

Pilihan selanjutnya ialah New Fino 125 Premium dengan opsi warna yang tetap mengedepankan perpaduan warna minimalis, hanya saja jok dibuat sewarna. Dan pilihan yang tak kalah menarik adalah Yamaha New Fino 125 Sporty.

Kalau yang satu ini sudah tahu dong apa kekunggulannya? Dari namanya saja, varian Yamah New Fino 125 Sporty sudah menegaskan jati dirinya sebagai pilihan yang cocok bagi mereka dengan semangat tinggi. Kesan sporti dari Yamaha New Fino 125 tercermin dari permainan warna-warna kontras pada bodinya.

Setelah melihat setiap pilihannya, kira-kira varian apa yang rasanya cocok untuk kamu?

Ketahui Perbedaan Yamaha Mio M3 125 dan Mio M3 AKS SSS

Jajaran motor matic Yamaha terkenal lengkap dengan berbagai tipe yang mengisinya, tak terkecuali seri Yamaha Mio yang terbagi ke dalam beberapa varian. Sebut saja Yamaha Mio M3 125 dan Yamaha Mio M3 125 AKS SSS. Nah, mungkin ada sebagian dari pembaca yang penasaran terhadap perbedaan kedua skutik ini. Tak perlu bingun karena kita sekarang bakal membahas perbedaan Yamaha M3 125 dan Yamaha M3 125 AKS SSS.

Nama Yamaha Mio sudah sudah melegenda sejak lama ketika kehadirannya menjadi pionir motor matic di Indonesia. Sejak itu Yamaha terus melakukan pengembangan dan menghadirkan produk yang dilengkapi teknologi-teknologi roda dua terkini. Sejumlah produk seri Yamaha Mio yang lahir hasil dari pengembangan secara kontinyu ini ialah Yamaha Mio M3 125 dan Yamaha Mio M3 125 AKS SSS.

Kalau dilihat dari segi harga, keduanya memiliki perbedaan jelas. Yamaha Mio M3 125 dilepas dengan harga berkisar pada angka Rp15.550.000. Sedangkan varian Yamaha Mio M3 125 AKS SSS berada di level angka yang lebih mahal, yaitu kisaran harga Rp16.450.000. Adanya istilah AKS dan SSS pada varian tersebut bukanlah tanpa arti. Melainkan sebagai tanda adanya fitur unggulan yang menempel pada motor matic Yamaha tersebut.

AKS tak lain merupakan singkatan dari Advance Key System. Di dalam fitur ini terdapat teknologi answer back system yang mungkin sudah tak asing di telinga. Dengannya kita bisa dengan mudah menemukan sepeda motor ketika diparkir di lokasi yang luas dan penuh. Tinggal tekan tombol di remote kunci dan motor akan mengeluarkan bunyi serta lampu sein menyala. Sehingga kita mudah untuk menemukannya.

Di samping itu Advance Key System juga memuat teknologi Auto Open Key Strater. Fungsinya ialah membuka tutup lubang kunci secara otomatis. Sangat berguna bila kita tengah terburu-buru hendak menyalakan motor. Cara mengaktifkannya tinggal tekan kunci kontak selama kurang lebih dua detik. Bila menekannya secara singkat akan mengaktifkan Answer Back System, nah menekannya lebih lama akan mengaktifkan Auto Open Key Strater.

Hal ini memungkinkan karena adanya perintah berupa sinyal yang ditangkap oleh perangkat khusus pada motor. Canggih kan? Nah, lalu bagaimana dengan SSS?

SSS merupakan singkatan dari Smart Stop System, sebuah fitur “ramah lingkungan.” Dikatakan demikian karena fitur Smart Stop System akan membuat mesin motor mati (idle) bila didiamkan beberapa saat. Dengan begitu otomatis konsumsi bahan bakar bisa ditekan. Berbekal dua fitur canggih ini (AKS & SSS) wajar saja bila Yamaha Mio M3 125 AKS SSS dilepas lebih mahal dibanding Yamaha Mio M3 125.

Alasan Yamaha X-Ride Andal di Segala Medan Jalan

Hasrat berpetualangan yang ada di dalam diri sudah sepantasnya ditunjang dengan kendaraan yang siap diajak berpetualang melintasi berbagai jenis medan jalan. Untuk itu motor matic Yamaha X-Ride siap menjadi pilihan kamu. Motor X-Ride yang dari segi penampilan memiliki aura adventure kuat juga didukung potensi sebagai teman berpetualang.

Jajaran produk motor matic Yamaha sangat lengkap dengan diisi berbagai jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Bagi mereka yang selalu haus akan petualangan, Yamaha X-Ride adalah piihan tepat. Setiap aspek motor X-Ride didesain guna menjadi teman sejati mereka.

Alasan itu datang salah satunya datang dari desain yang dimiliki motor matic Yamaha satu ini. Kalau diperhatikan dengan seksama, desain bodi Yamaha X-Ride mengacu pada detail-detail yang pada sebuah motor trail. Misalnya bentuk spatbor depan yang dibuat agak melebar pada bagian ujungnya. Hal ini bertujuan agar sepatbor dapat menangkal cipratan air atau lumpur dengan lebih maksimal.

Kemudian bila beranjak ke bagain setang, Yamaha X-Ride terlihat menggunakan setang terbuka. Desain setang tersebut pun dapat menghadirkan handling atau pengendalian lebih lincah. Dengan begitu Yamaha X-Ride tetap lincah dan enak dikendalikan.

Alasan selanjutnya yang membuat Yamaha X-Ride enak buat diajak jalan ke mana saja ialah dukungan mesin Blue Core yang pastinya bertenaga dengan kapasitasnya 125cc. Pokoknya tak perlu takut motor kehilangan tenaga. Dan sudah bukan rahasia lagi apabila mesin Blue Core yang dipakai pada motor Yamaha tak hanya bertenaga, melainkan juga irit bahan bakar.

Fitur lain yang tak kalah penting ialah adanya lampu hazard. Keberadaannya sangat mendukung apabila kita menghadapi kondisi darurat di jalan raya. Lengkap banget deh fitur yang dimiliki Yamaha X-Ride.

Semua itu bisa konsumen dapatkan dengan posisi harga Yamaha X-Ride yang berada di angka cukup kompetitif, yaitu seharga Rp17.650.000 on the road Jakarta.