Begini Tahapan dalam Melakukan Pengereman Sepeda Motor

Setiap kendaraan bermotor seperti sepeda motor selalu dilengkapi dengan rem, rem digunakan untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu di jalan raya. Sayangnya masih banyak orang yang beranggapan kalau rem ini berfungsi untuk membuat sepeda motor kamu berhenti melaju, dan tak jarang teknik pengereman yang salah malah membuat pengendara tergelincir dan akhirnya mengalami kecelakaan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan teknik pengereman sepeda motor yang aman saat kendaraan melaju di jalan raya.

Atur Posisi Duduk

Ketika kamu mau melakukan pengereman, sebaiknya atur posisi duduk. Usahakan jangan duduk terlalu maju agar motor kamu tetap stabil, dan usahakan juga agar tubuh tetap dalam posisi tegak agar kamu bisa menguasai stang dengan baik.

 Memaksimalkan Rem

Pengereman ini juga membutuhkan teknik yang baik, kalau kamu sedang melaju dengan kecepatan di bawah 30km/jam maka kamu bisa menggunakan rem belakang saja. Jika kecepatan sepeda motor kamu melebihi 30km/jam, maka sebaiknya kamu mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Usahakan untuk melakukan pengereman ini secara perlahan agar ban kamu tidak terkunci dan sepeda motor tetap stabil.

Mainkan Kopling

Untuk kamu pengguna sepeda motor kopling, kamu bisa mengombinasikan rem dan kopling agar sepeda motor tidak slip, dan perlahan turunkan kecepatan transmisi.

Walaupun terdengar sepele, teknik pengereman yang salah akan membahayakan kamu sebagai pengendara kalau kamu tidak memperhatikan dengan baik. Untuk itu, atur kecepatan kamu berkendara di jalan raya, sehingga kamu terhindar dari pengereman yang membahayakan.

Ketahui Aturan Resmi Penggunaan Lampu Hazard

Kendaraan bermotor terutama kendaraan roda empat seperti mobil sudah pasti dilengkapi dengan lampu hazard, tetapi sekarang bukan hanya mobil karena sepeda motor juga sudah banyak yang dilengkapi dengan lampu hazard ini. Sayangnya masih banyak orang yang keliru dalam menggunakan lampu hazard, padahal fungsi sebenarnya lampu hazard adalah untuk penanda keadaan darurat yang dialami pengendara.

Penggunaan lampu hazard atau lampu darurat ini tidak boleh sembarangan karena sudah diatur dalam undang-undang. Undang-undang yang mengatur penggunaan lampu hazard ini adalah UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang berisi  ”Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”.

Untuk itu, kamu wajib memperhatikan kapan lampu hazard di kendaraan kamu bisa digunakan. Sebaiknya kamu menggunakan lampu hazard ini pada saat mengalami mogok kendaraan atau kondisi darurat lainnya. Di beberapa motor yang diproduksi Yamaha sendiri sudah banyak mengadopsi fitur lampu hazard ini, lampu hazard di motor Yamaha yang kamu punya bisa digunakan untuk kondisi darurat seperti saat kamu harus berhenti di sisi kiri jalan.

Sebaiknya kamu menghindari penggunaan lampu hazard yang kurang tepat seperti saat kamu berjalan lurus di persimpangan atau ketika kamu berkendara dalam kondisi berkabut atau hujan. Jadilah pengendara yang bijak dan lebih cerdas di jalan raya, jangan sampai kamu merugikan orang lain hanya karena kesalahan cara berkendara.

Daftar Harga Motor Yamaha Tipe Bebek Juli 2018

Yamaha memiliki jajaran produk lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Tanah Air. Produk yang dipasarkannya termasuk tipe moped atau yang biasa disebut motor bebek. Nah, buat kamu yang tertarik dengan model tersebut, inilah daftar harga motor Yamaha tipe moped terbaru.

Sepeda motor tipe bebek memang gak pernah kehilangan penggemar, bro. Alasannya antara lain, motor bebek cukup fleksibel dalam penggunaannya.

Katakanlah kamu lebih sering berkendara di dalam kota. Nah, motor bebek nih lincah banget buat membelah kemacetan. Di lain sisi, motor bebek juga masih enak diajak jalan jauh.

Menggunakan sistem transmisi manual, hal ini ngasih kamu keleluasaan dalam mengatur tenaga mesin motor dibanding motor matic.

Di kelas ini Yamaha memiliki sejumlah model yang siap kamu pilih. Lantas, apa saja model yang tersedia?

  • Yamaha Vega Force DB Rp15.000.000
  • Yamaha Vega Force DB CS Rp16,000,000
  • Yamaha Jupiter Z1 FI Rp16.300.000
  • Yamaha Jupiter Z1 FI CW Rp17.250.000
  • Jupiter MX 150 Rp19.350.000
  • Jupiter MX KING Rp22.150.000
  • Jupiter MX KING MOVISTAR Rp21.950.000

Yang perlu diingat, daftar harga motor Yamaha di atas tidak mengikat ya bro. Dan sewaktu-waktu bisa naik, makanya buruan meluncur ke dealer JG Motor.

Segini Cicilannya Kalau Mau Kredit Motor Yamaha NMAX

Gak salah memang kalau kamu berniat ambil kredit motor Yamaha NMAX. Karena salah satu model dari kelas Maxi Yamaha ini sudah terbukti bisa menjadi motor andalan.

Gak percaya? Coba saja kamu lihat berbagai kelebihan Yamaha NMAX yang segudang. Mulai dari desain keren, riding position nyaman banget, hingga performa mesin 155 cc Blue Core yang irit dan bertenaga.

Plus ditambah lagi kapasitas penyimpanan barang yang sangat luas. Hal ini membuat kamu gak perlu bingung membawa barang bawaan saat riding jauh ataupun sehari-hari.

Kalau kamu mau ambil kredit motor Yamaha NMAX, kebetulan JG Motor menyediakan fasilitas simulasi kredit yang bisa dimanfaatkan. Fasilitas ini semacam kalkulator guna menghitung besar cicil dengan jumlah uang muka dan termin cicilan sesuai yang dikehendaki.

Pertama kita coba hitung besar cicilan Yamaha NMAX 155 tipe standar. Memanfaatkan simulasi kredit motor Yamaha yang tersedia di website JG Motor, didapatkan besar cicilan Rp1.147.000 (35 kali) dengan uang muka Rp2,7 juta.

Harga: Rp22.274.000

BBN: Rp4.326.000

Total: Rp26.600.000

Uang muka: Rp2.700.000

Cicilan: Rp1.147.00

Lalu bagaimana dengan Yamaha NMAX 155 ABS? Begini perhitungannya.

Harga: Rp26.174.000

BBN: Rp4.426.000

Total: Rp30.600.000

Uang muka: Rp3.100.000

Cicilan: Rp1.327.000

Di luar perhitungan di atas, kamu sebenarnya masih bisa memilih jumlah uang muka yang kamu inginkan di simulasi kredit motor Yamaha JG Motor. Termasuk memilih jumlah termin cicilan dan pastinya model motor yang diminati.

Gimana? Sekarang udah punya gambaran kan untuk cicilan kredit motor Yamaha NMAX kamu?

Ragam Model Jaket Kulit untuk Lengkapi Gaya Riding

Ada beberapa model jaket kulit yang bisa kamu pilih untuk dipakai riding. Mana yang paling cocok buat kamu?

Riding dengan sepeda motor memang perlu persiapan yang baik agar kamu tetap aman dan nyaman selama berkendara. Jaket jadi salah satu perlengkapan yang tidak boleh terlewat karena jaket mampu melindungi tubuh kamu dari terpaan angin yang datang saat kamu melaju di jalan raya. Salah satu jenis jaket yang banyak dipakai biker untuk riding adalah jaket kulit, jaket kulit dianggap lebih kuat dalam memberikan perlindungan untuk biker. Nah, jaket kulit ini juga punya beragam model yang pasti akan membuat kamu terlihat lebih keren, berikut ini beberapa model jaket kulit yang bisa kamu pilih untuk melengkapi gaya ridingmu.

  • Nubuck Leather Jacket
nubuck jacket

Sumber image: crowsdenim.com

Nubuck Leather Jacket jadi salah satu jaket kulit yang bisa menemani kamu riding di jalan raya. Jaket kulit yang keren ini di produksi oleh Crows Denim yang berada di Yogyakarta.

  • Jaket Kulit Pria Asli P144
Jaket_Kulit_Asli_Garut___Jaket_Kulit_Domba__Jaket_Kulit_Moto

Sumber image : bukalapak.com

 

Selain dodol, Garut juga dikenal dengan jaket kulitnya. Kamu bisa dapatkan jaket kulit asli domba ini di pengrajin jaket kulit yang ada di Garut. Selain berkualitas, Jaket Kulit Pria Asli P144 ini juga punya model yang tidak kalah saing dengan brand asing.

  • Leather Jacket Rider
hemmeh jaket

Sumber image : zalora.co.id

Leather Jacket Rider ini di produksi oleh Hemmeh yang merupakan brand lokal asal Bandung. Selain bisa melindungi tubuh kamu dari terpaan angin, jaket kulit ini juga bisa membuat tampilan kamu makin keren.

  • Simple Brown Leather Jacket
simple brown jacket

Sumber image : zalora.co.id

Jaket kulit ini di produksi oleh DSC Indonesia yang memiliki kualitas baik dan sangat cocok untuk menemani kamu berkendara di atas sepeda motor.

Nah, jaket mana yang paling cocok untuk kamu pakai saat riding? Pastikan jaket yang kamu pilih nyaman digunakan dan bisa melindungi tubuh kamu secara maksimal.

Mengenal Fungsi Kopling Pada Sepeda Motor

Selain motor matic, ada juga motor manual yang memiliki kopling dan banyak dipilih pengendara sepeda motor di jalan raya. Cara pengoperasian sepeda motor kopling ini sedikit berbeda dengan motor jenis lainnya, karena kamu harus memainkan tuas kopling saat melaju di jalan raya.

Tetapi, apakah sebenarnya fungsi kopling yang ada di sepeda motormu?

Istilah kopling sendiri sebenarnya lahir dari kata serapan asing yaitu couple, couple yang berarti pasangan. Namun, di Indonesia arti kopling mengalami sedikit perubahan dan menjadi clutch. Di Indonesia, kopling berarti hubungan antara engkol dan transmisi yang akan menghasilkan energi atau tenaga di mesin sehingga sepeda motor bisa bergerak.

Kopling menjadi salah satu komponen yang punya peran cukup vital di sepeda motor. Kopling berfungsi untuk mengatur kekuatan atau kecepatan yang disalurkan dari mesin ke transmisi sepeda motor kamu, selanjutnya mesin akan menambah atau mengurangi kecepatan laju sepeda motor sesuai transmisi yang kamu pilih.

Kopling sendiri ada dua jenis yaitu kopling manual dan kopling otomatis. Cara kerja kopling manual ini dilakukan oleh pengendara dengan menarik tuas kopling, sedangkan untuk kopling otomatis, pengendara tidak perlu menarik tuas kopling karena kopling bekerja mengikuti putaran mesin sepeda motor.

Sumber Image : Dapur Otomotif

Kopdar Sambil Menikmati Cuaca Sejuk di Pucak, Ini Pilihan Restoran yang Bisa Dipakai

Puncak jadi salah satu destinasi favorit warga Jakarta untuk menghabisi waktu libur, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta ini membuat Puncak dipenuhi oleh orang yang ingin menikmati suasana berbeda. Tak perlu berpindah-pindah tempat, sekedar kopdar sambil menikmati sejuknya udara di Puncak sudah bisa membuat kamu melupakan penatnya kehidupan ibu kota. Berikut ini beberapa pilihan restoran yang bisa kamu pakai untuk kopdar bersama teman.

  • RM Bumi Aki
Rumah-Makan-Di-Bumi-Aki

Sumber Image : rumahmemez.com

Restoran ini terletak di Jalan Raya Puncak Ciloto no. 59. Restoran ini bukan hanya dikenal dengan citarasa masakannya yang enak, tapi juga mampu menyuguhkan indahnya pemandangan puncak beserta sejuknya udara di sana.

  • Nicole’s Kitchen and Lounge
nicoleskitchenlounge

Sumber Image : Instagram nicoles kitchen lounge

Restoran ini juga jadi favorit warga Jakarta, selain makanan yang enak dan pemandangan indah, restoran ini juga memiliki tempat yang sangat menarik untuk di posting di media sosial. Nicole’s Kitchen and Lounge terletak di Jl. Raya Hanjawar no. 1.

  • Clubhuis at Pesona Alam
club huis

Sumber Image : ecyrinos.blogspot.co.id

Restoran ini terletak di Jl. Raya Taman Safari no. 101. Makanan yang memiliki citarasa lezat dan sejuknya udara di lokasi restoran ini pastinya akan membuat kamu betah berlama-lama untuk kpdar bersama teman.

  • Bavarian Haus
bavaria-haus

Sumber Image: www.brilio.net

Restoran ini menyajikan tempat makan dengan bangunan dan interior bergaya Jerman. Dekorasi yang cantik dan udara yang sejuk membuat kamu semakin nyaman untuk kopidarat bersama teman. Bavarian Haus terletak di Jl. Raya Puncak Km. 72.

  • Roofpark Resto & Cafe
roofpark

Sumber Image : Instagram Roofpark

Restoran ini terletak di Jl. Raya Cimacan, restoran yang berada di rooftop ini pasti bisa menyajikan suasana berbeda. Makan sambil menikmati pemandangan puncak dengan udaranya yang sejuk pastinya akan membuat kamu lebih nyaman untuk kopdar bersama teman.

Sumber Feature Image : en.wikipedia.org

Cara Mengetahui Usia Pakai Ban dengan Tread Wear Indicator (TWI)

Ban yang ada di motor itu memiliki usia pakai maksimal, seiring dengan penggunaannya maka ban kamu akan mengalami penurunan kualitas dan harus segera diganti. Lalu bagaimana cara mengetahui usia pakai ban? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek usia ban motor kamu, salah satunya dengan Tread Wear Indicator (TWI). Mengecek ban dengan TWI ini sangat mudah untuk dilakukan, dan TWI dapat memberikan gambaran dengan jelas mengenai tanda ban motor habis.

Indikator ini sebenarnya sudah ada di ban motor kamu sendiri, hampir semua ban sudah dilengkapi indikator batang keausan ban yang ada di sekitar tapak ban. Kamu bisa menemukan indikator batang keausan ban atau TWI ini dengan melihat tonjolan yang sejajar dengan tanda segitiga di ban motor kamu.

Kalau kamu melihat tapak ban sepeda motor sudah sejajar atau rata dengan batang TWI, itu berarti kamu sudah harus segera mengganti ban motor kamu. Kalau kamu memaksakan untuk menggunakan ban motor yang sudah tipis ini, bukan tak mungkin kamu akan mengalami kecelakaan karena ban sudah licin terlebih saat memasuki musim penghujan.

Sumber Image : Facebook JG Motor

Sub-tank Suspension Yamaha Tawarkan Durabilitas Ekstra

Kalau diperhatikan, sejumlah skutik Yamaha kini menggunakan suspensi belakang yang dilengkapi dengan tabung. Bukan tanpa maksud, penggunaan sub-tank suspension ini dilakukan guna menghadirkan durabilitas maksimal pada setiap skutik Yamaha.

Penggunaan sub-tank suspension ini contohnya bisa dilihat pada salah satu skutik Maxi Yamaha, NMAX 155. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi kelebihan sub-tank suspension?Continue Reading

Yamaha Fino Baru, Pakai Ban Lebih Lebar dan Tubeless

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan varian baru Mio Fino 125 blue core dengan ban lebar dan tipe tubeless. Varian ini diklaim membuat pecinta Fino semakin nyaman berkendara di segala kondisi jalan. “Perubahan terbaru new Fino 125 blue core ini untuk memenuhi kebutuhan Fino lovers.

08d6bbdc-057e-448f-bd48-d85d623174fa_43Ban lebar dan tubeless membuat berkendara aman dan nyaman di semua kondisi jalan,” ujar GM Marketing YIMM, Hendri Wijaya, di Ancol, Jakarta, Sabtu (30/9/2017). Varian dengan ban lebar dan tipe tubeless ini dihadirkan pada tiga model Yamaha Fino, yakni Fino Grande, Fino Premium, Fino Sporty.

“Kejutan khusus lainnya, varian dengan ban lebar dan tubeless ini akan di hadirkan dalam tiga warna yaitu coco caramel, red bery, dan white latte,” tambah Hendri. Fino 125 cc-nya baru ini ditawarkan dengan harga lebih mahal Rp 100 ribu.

Fino dengan ban tubeless ini maka akan melengkapi kebutuhan konsumen terutama konsumen wanita. Untuk Fino Grande dibanderol Rp 18,5 juta, sedangkan Fino Sporty dan Grande sama-sama dibanderol Rp 17,3 juta on the road Jakarta.

sumber