Cara Menjaga Performa Sepeda Motor setelah Terkena Genangan

Memasuki musim penghujan memang banyak sekali ditemukan genangan air karena tidak bisa terserapnya air hujan ke dalam tanah. Genangan air ini tentunya cukup mengganggu terutama bagi kamu yang menggunakan kendaraan bermotor. Tak hanya kendaraan roda empat, genangan air ini juga sangat mengganggu kamu yang mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Tak jarang genangan air ini membuat sepeda motor mogok dan menimbulkan kerusakan lainnya yang akan mengganggu performa sepeda motormu. Makanya sebisa mungkin kamu menghindari jalanan yang terdapat genangan air, tapi bagaimana kalau kamu terpaksa melewatinya? Tak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan beberapa cara ini agar performa sepeda motormu tetap maksimal.

  • Bersihkan Sepeda Motor

Kalau sepeda motormu terpaksa masuk ke dalam genangan air di jalan raya, sebaiknya kamu segera membersihkan sepeda motor karena kotoran dari air genangan ini bisa menimbulkan karat di sepeda motor kalau dibiarkan terlalu lama. Siram sepeda motor dengan menggunakan air bertekanan tinggi agar kotoran yang menempel bisa lepas dari komponen sepeda motormu, setelah itu bersihkan menggunakan sabun agar sisa lumpurnya hilang.

  • Periksa Kondisi Sepeda Motor

Setelah kamu membersihkan sepeda motor, selanjutnya kamu bisa periksa kondisi komponen penting di sepeda motor seperti busi, rem, ban, dan filter udara. Pastikan komponen ini bisa berfungsi dengan baik, agar kamu tetap aman saat berkendara. Kamu bisa mengecek busi, keringkan busi agar proses pengapian tetap lancar. Pastikan juga rem depan dan rem belakang sepeda motormu berfungsi maksimal, periksa tekanan angin pada kedua ban dan pastikan sesuai dengan tekanan ban yang aman. Terakhir kamu bisa mengecek filter udara, karena komponen ini sangat rentan dimasuki air saat kamu melalui genangan.

  • Ganti Oli

Setelah kamu cek semua fungsi komponen sepeda motormu, selanjutnya kamu bisa mengganti oli di sepeda motormu. Mengganti oli ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan kalau oli di sepeda motormu sudah bercampur dengan air. Pastikan semua oli yang ada di sepeda motormu sudah dikeluarkan sampai bersih agar tidak ada sisa air yang bisa memicu timbulnya karat.

Jangan malas untuk mengecek sepeda motormu setelah terkena genangan air, karena genangan air itu biasanya mengandung kotoran yang bisa merusak sepeda motormu kalau dibiarkan terlalu lama.

Cara Merawat Sarung Tangan Riding Berbahan Kulit Biar Awet

Bicara sarung tangan motor, di pasaran kita akan menemukan produk yang terbuat dari bahan kulit. Sebagian menggunakan kulit imitasi, namun ada juga yang menggunakan kulit berkualitas. Untuk pilihan yang kedua ini biasanya datang dari merek yang sudah dipercaya dan memiliki harga cukup tinggi.

Bila kalian memiliki produk seperti ini, maka sudah sepatutnya melakukan perawatan agar kondisi sarung tangan kulit milik kalian awet. Perawatan sarung tangan kulit sangat dibutuhkan karena banyak kotoran yang bisa menempel seiring dengan usia pemakaiannya.

Hal dasar dari merawat sarung tangan kulit adalah mengetahui cara benar untuk mencucinya. Nggak jarang pemilik sarung tangan mencuci miliknya menggunakan mesin cuci selayaknya pakaian yang lainnya. Padahal, cara tersebut nggak disarankan karena bisa bikin rusak kondisi kulitnya.

Cara benar mencuci sarung tangan kulit

Cara benar mencuci sarung tangan kulit adalah hanya menggunakan air bersih, tanpa deterjen. Kalian perlu membersihkannya secara menual. Yaitu dengan menguceknya perlahan hingga kotoran-kotoran yang menempel hilang.

Usai dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya. Seperti barang dengan bahan kulit lainnya, sarung tangan yang menggunakan kulit asli sangat sensitif terhadap sinar matahari. Maka kalian nggak perlu menjemurnya di bawah sorotan sinar matahari langsung biar kulitnya nggak pecah-pecah. Saat kering, kondisi kulit mungkin saja tetap agak kaku, namun pastinya nggak sekaku bila dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Seiring dengan pemakaian, kondisinya bisa kembali lagi menjadi lentur. Hanya saja ada perawatan ekstra yang perlu dilakukan bila kalian ingin kondisi kulitnya selalu lentur dan nggak pecah-pecah. Caranya dengan mengoleskan produk pelembab khusus bahan kulit yang bisa kalian dapat di toko-toko barang berbahan kulit.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk merawat sarung tangan motor berbahan kulit. Sarung tangan jenis ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya daya lindung yang cukup baik bagi tangan ketika harus bersentuhan dengan aspal. Selain itu sarung tangan kulit juga kerap dipilih karena faktor penampilan.

Memilih Celana Jeans yang Cocok untuk Dipakai Riding

Siapa yang nggak tahu celana jeans? Jenis pakaian yang satu ini sangat populer dan kerap menjadi pilihan utama ketika kita hendak berpergian. Buat anak motor, celana jeans juga sering dipilih sebagai pakaian ketika kita hendak menikmati waktu di atas kendaraan roda dua kesayangan.

Namun demikian, nggak semua celana jeans cocok untuk dipakai naik motor lho. Kamu harus benar-benar memilih jenis celana jeans yang tepat biar nyaman dipakai berkendara, apalagi dalam waktu yang cukup lama.

Memang, ada beberapa produsen perlengkapan berkendara yang juga memproduksi celana jeans. Untuk riding, sebisa mungkin pilih jenis produk yang satu ini karena ada banyak keunggulannya. Mulai dari adanya padding atau pelindung di beberapa bagiannya hingga bahannya yang juga didesain mampu menahan gesekan yang terjadi seandainya kita mengalami insiden di atas aspal.

Sayangnya celana jeans seperti ini punya harga yang relatif mahal dan tak bisa didapat di sembarang tempat. Makanya, nggak ada salahnya kalau kita tetap ingin menggunakan celana jeans biasa tapi ada syaratanya lho. Nah, inilah beberapa tips memilih celana jeans yang cocok untuk dipakai naik motor.

1/ Hindari model ketat

Celana jeans tipe slimfit memang terlihat trendi dan bisa mendongkrak penamapilan kamu secara keseluruhan. Namun demikian, potongannya yang ngepas dengan bentuk kaki mungkin saja membawa rasa nggak nyaman untuk dipakai naik motor. Khususnya pada bagian lutut. Memaksakan untuk menggunakan celana jeans model seperti ini untuk berkendara dalam waktu yang lama dijamin bikin kaki terasa pegal-pegal.

2/ Cari yang bahannya berkualitas

Yang dimaksud berkulitas dalam hal ini ialah celana jeans yang tebal sehingga bisa memberikan perlindungan. Bahan demin celana jeans memiliki ukuran tertentu untuk menentukan ketebalannya. Misalnya, bahan demin 12 oz tergolong ringan dan tipis, sedangkan 16 oz termasuk denim yang tebal, namun juga berat. Di antara kedua angka tersebut termasuk denim yang sedang.

3/ Pilih yang simpel

Sebisa mungkin hindari memilih celana jeans yang memiliki terlalu banyak ornamen, seperti kancing berlebihan. Alasan utamanya, ornamen-ornamen tersebut apalagi yang terbuat dari bahan logam berpotensi menggores bodi motor atau merusak jok motor kalian.

Itu dia beberapa tips memilih celana jeans yang cocok untuk naik motor. Jangan salah pilih ya.

Sensasi Berburu Ombak di Pantai Batu Karas

Bagi kalian yang doyan menghabiskan waktu luang di pantai, berselancar atau surfing rasanya bisa menjadi pilihan kegiatan untuk menambah pengalaman. Aktivitas ini bisa juga kalian lakukan bersama teman-teman ketika melakukan touring ke pantai.

Di Jawa Barat, salah satu lokasi yang cocok untuk melakukan aktivitas surfing adalah pantai Batukaras yang tepatnya terletak di Ciamis. Berjarak sekitar 35 km dari Pantai Pangandaran, Barukaras sudah terkenal akan ombaknya yang cocok banget untuk dipakai berselancar.

Beberapa sumber mengatakan ombak Pantai Batukaras cocok untuk pemula karena tidak terlalu besar. Namun begitu tak menutup kemungkinan ombak besar datang secara tiba-tiba. Untuk itu bagi kalian yang masih pemula sangat disarankan untuk tetap berhati-hati.

Sewa peralatan surfing Batu Karas

Buat anak motor, pantai Batu Karas mungkin sudah tak asing lagi untuk dijadikan tujuan touring atau wisata. Meski begitu papan selanjar yang merupakan perlengkapan utama untuk melakukan surfing tak dimiliki semua orang. Tapi kamu tak perlu khawatir karena tersedia jasa penyewaan peralatan berselancar yang bisa kamu temui di sana.

Biaya sewanya beragam, namun kisarannya ada di angka Rp75.000. Untuk kalian yang benar-benar ingin belajar sangat disarankan untuk menggunakan instruktur. Dari informasi yang didapat, instruktur surfing di Batukaras kebanyakan adalah warga lokal yang sudah sangat mahir. Untuk biaya jasanya sekitar Rp150.000 perjam.

Tempat favorit yang biasanya dijadikan spot berselancar di Batu Karas antara lain Karang, Legok Pari, atau Bulak Bendak.

Di samping olahraga surfing, Batukaras bisa dipastikan juga menyuguhkan panorama yang indah untuk dinikmati. Salah satu tempat untuk menikmati keindahan Batukaras ialah dari atas Karang Cikabuyutan atau Karang Bungalow. Dari atas sana maka pengunjung bisa melihat keindangan Samudra Indonesia.

Tertarik untuk mencoba ke sana? Jangan lupa untuk selalu berhati-hati di jalan ya.

Source image : www.mypangandaran.com

Seberapa Sering Kampas Rem Harus Diganti?

Rem sepeda motor menjadi salah satu komponen yang memiliki peranan penting, makanya rem ini perlu dilakukan perawatan secara berkala agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Rem memiliki kampas yang akan mengalami penurunan fungsi apabila digunakan terus-menerus, untuk itu kampas rem ini perlu diganti agar rem tetap bisa bekerja optimal. Tetapi, kapan sebaiknya kamu mengganti kampas rem? Berikut ini ada beberapa indikator yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mengetahui seberapa sering kamu harus mengganti kampas rem lama dengan yang baru, antara lain:

  • • Kebiasaan Berkendara

Kebiasaanmu berkendara di jalan raya ini juga bisa jadi indikator kapan kamu harus mengganti kampas rem. Apabila kamu termasuk pengendara yang sering menggunakan rem secara mendadak dan dalam, kebiasaan ini akan membuat kampas rem cepat habis. Sedangkan jika kamu menggunakan rem ini secara lembut, kampas rem akan menjadi lebih awet.

 

  • • Kondisi Jalan

Jika kamu sering melewati jalan yang kondisinya padat dan sering macet, maka kamu akan lebih sering menggunakan rem di sepeda motor. Kondisi ini akan membuat kampas rem menjadi lebih cepat habis dan harus segera diganti, sebaliknya jika kamu menggunakan sepeda motor di jalan yang lalu lintasnya lancar, kampas rem kamu akan lebih awet karena kamu tidak perlu sering-sering menarik tuas rem untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan.

 

  • • Kekerasan Kampas Rem

Kampas rem dibuat dari bahan yang berbeda –beda sehingga kampas rem juga memiliki kekerasan serta kualitas yang berbeda pula. Kampas  rem yang keras akan bertahan lebih lama daripada kampas yang lebih lunak, jadi kamu tak perlu sering menggantinya.

Kamu bisa mengetahui seberapa sering kamu harus mengganti kampas rem dari caramu berkendara di jalan raya. Selain itu, jika ada tanda seperti rem yang semakin sulit digunakan atau ada suara gesekan itu juga bisa menjadi pertanda kalau kampas rem sudah harus diganti.

Bagaimana Pengaruh Oli terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor?

Mengapa oli mesin sepeda motor perlu diganti? Apakah mengganti oli mesin bisa mempengaruhi kinerja mesin sepeda motor? Bagaimana kalau oli mesin sepeda motor  tidak diganti secara rutin? Mengganti oli mesin secara rutin ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga performa sepeda motormu tetap maksimal dan nyaman digunakan, selain itu juga bisa membuat mesin sepeda motor menjadi lebih awet.

Mengganti oli mesin ini juga perlu diperhitungkan, sebaiknya kamu mengganti oli mesin setiap kali sudah menempuh jarak tertentu atau disesuaikan dengan penggunaanmu setiap harinya. Oli mesin yang dibiarkan terlalu lama digunakan ini akan mengental dan membuat kerusakan akibat oli tidak mampu melumasi mesin secara sempurna. Selain itu, mesin juga harus bekerja ekstra karena oli yang kotor ini dan akhirnya kamu akan merasakan turunnya tenaga dari sepeda motormu.

Oli mesin yang mengental juga bisa menyumbat celah-celah kecil yang ada di bagian dalam mesin, jika dibiarkan terus-menerus kondisi ini akan membuat mesin menjadi lebih cepat panas atau over heating karena timbulnya gesekan-gesekan tinggi di dalam mesin sepeda motor.

Makanya kamu perlu mengganti oli mesin ini secara rutin karena kondisi oli mesin sangat mempengaruhi performa mesin sepeda motormu secara keseluruhan. Oli mesin yang sudah lama tidak diganti akan mengental dan menurunkan kinerja mesin sepeda motormu, membuat mesin menjadi lebih cepat panas, dan membuat usia mesin sepeda motor menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, pastikan kamu mengganti oli mesin ini secara rutin setiap mencapai kilometer tertentu atau setiap bulannya. Pilihlah oli mesin yang sesuai untuk sepeda motormu agar oli bisa bekerja maksimal melindungi mesin saat sepeda motor digunakan.

Jaga Tekanan Angin Ban Supaya Hemat Bahan Bakar

Semakin hari harga bahan bakar untuk kendaraan bermotor semakin meningkat, sebagai konsumen kamu tidak bisa menolak kenaikan ini dan harus menerima kenyataan kalau pengeluaran untuk bahan bakar akan semakin banyak. Tetapi sebenarnya kamu bisa mengurangi pengeluaran dengan menghemat konsumsi bahan bakar di motormu.

Cara menghemat bahan bakar ini juga sangat mudah dan sederhana, tak perlu kamu mengurangi waktu pemakaian sepeda motor, tetapi kamu bisa menghematnya dengan hanya menggunakan ban motormu. Lalu apa hubungannya ban motor dengan menghemat bahan bakar? Tekanan angin di dalam ban motor ini bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar di motormu. Tekanan angin yang pas dan sesuai ini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat karena  nilai tahanan gelinding atau Rolling Resistance menjadi lebih kecil dan memudahkan kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Sedangkan ban motor yang kempes atau kurang angin akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros karena tapak ban yang menyentuh permukaan jalan semakin lebar dan membuat Rolling Resistance semakin besar, motormu juga akan semakin terasa berat dan berdampak pada mesin yang harus bekerja lebih ekstra.

Jadi untuk menghemat bahan bakar, kamu bisa melakukannya dengan membuat nilai Rolling Resistance di motormu ini semakin kecil. Caranya juga mudah, kamu cukup mengisi angin di dalam ban dengan tekanan yang sesuai aturan, dan jangan lupa untuk rutin mengecek tekanan angin di dalam ban minimal dua minggu sekal karena tanpa kamu sadari motor yang digunakan setiap hari akan mengalami penurunan tekanan angin.

Tak yakin dengan cara ini? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan mengisi tekanan angin di ban motormu sesuai dengan standarnya dan rasakan sensasi berekendara yang lebih hemat bahan bakar.

Tips Memasang Kamera Aksi Buat Rekam Perjalanan Touring

Saat ini banyak sekali pengendara sepeda motor yang menggunakan kamera aksi seperti kamera GoPro untuk merekam perjalanan yang mereka lalui, terlebih saat mereka melakukan perjalanan yang panjang seperti touring. Kamera aksi ini memang banyak dipakai karena sangat praktis, ukurannya yang kecil ini membuatnya mudah dibawa dan dipasang di sepeda motormu.

Biasanya pengendara motor menempelkan kamera GoPro ini di helm mereka agar lebih mudah saat merekam tanpa perlu dipegang. Tapi ternyata tak cuma di helm, kamera GoPro juga bisa kamu tempel di sepeda motormu dan jangan lupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini tips memilih posisi menempelkan kamera  aksi GoPro di sepeda motor untuk merekam perjalananmu.

  • Stang Motor

Kamu bisa menempelkan kamera GoPro di stang sepeda motor untuk merekam perjalanmu dan mendapatkan rekaman rute atau lintasan yang kamu lalui. Kelebihan memasang kamera GoPro di stang yaitu posisi kamera yang lebih stabil dan lebih mudah untuk diubah pengaturannya, tetapi kekurangannya adalah ketika ada getaran tentunya akan mengganggu hasil rekaman dari lamera aksimu.

  • Body Samping

Memasang kamera GoPro di body samping sepeda motor ini bisa membuat hasil rekaman yang keren terutama ketika kamu melewati jalan menikung. Kelebihan memasang  kamera GoPro di body samping yaitu video yang dihasilkan lebih stabil dan keren, karena kamera bisa diarahkan ke arah depan maupun belakang. Kekurangannya yaitu hanya bisa melihat dari satu sisi sepeda motor.

  • Belakang Motor

Menempelkan kamera aksi pada bagian belakang motor ini akan merekam gerakan kamu sebagai pengendara saat bermanuver di jalan raya. Lokasi pemasangan di belakang ini juga cukup stabil, hanya saja kamera ini tidak bisa merekam jangkauan lebih luas lagi karena terhalang tubuhmu yang sedang mengendarai sepeda motor.

Sebaiknya kamu menyesuaikan posisi kamera GoPro di sepeda motor dengan kebutuhan, kalau kamu punya lebih dari satu kamera aksi, kamu bisa memasangnya di beberapa tempat agar hasil rekamanmu lebih keren lagi. Selamat Mencoba

Memilih Sepatu Boots yang Tepat buat Naik Motor

Sepatu motor menjadi salah satu kelengkapan berkendara yang harus kamu gunakan saat naik motor. Selain sebagai alas kaki, penggunaan sepatu yang tepat juga bisa membuat kaki kamu terlindungi dari bahaya yang mungkin terjadi selama di perjalanan. Kebanyakan biker memilih sepatu boots untuk menemani dan melindungi kaki mereka selama berkendara di jalan raya.

Boots memang cocok dipakai pengendara motor karena lebih aman dan nyaman untuk digunakan dalam kondisi apapun. Buat kamu yang bingung memilih sepatu boots mana yang tepat untukmu, sebaiknya simak beberapa jenis boots di bawah ini biar kamu lebih mudah memilih sepatu boots yang tepat buat naik motor dan sesuai dengan kebutuhanmu:

  • Road Racers

Untuk road racers, kamu bisa pilih sepatu boots dengan slider plastik untuk melindungi jari-jari kaki ketika kamu ada di atas motor dan ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga.

 

  • Riders Streetbike

Untuk riders streetbike, kamu bisa pilih jenis sepatu boots motor berbahan kulit, sepatu ini bisa melindungi dan menghangatkan kaki kamu. Kamu bisa pilih sepatu boots yang pakai perekat jadi lebih gampang buat dipakai dan tidak perlu repot mengikat.

 

  • Riders Dirtbike

Untuk Riders Dirtbike, kamu bisa cari sepatu khusus yang ada lapisan plastik dan pergelangan boots yang kokoh. Sepatu berlapis bahan plastik ini bisa melindungi kaki kamu selama berkendara dari batu atau ketika kamu menggunakan kaki sebagai sudut ketika melakukan slide flattrack.

 

  • Adventure Bike Riders

Untuk Adventure Bike Riders, kamu butuh sepatu boots yang bisa mendukungmu melakukan kegiatan kotor-kotoran. Jangan lupa untuk pilih sepatu boots yang lebih ringan dan pilih juga sepatu boots yang tahan air biar sepatumu tidak cepat rusak.

Pemilihan sepatu motor terbaik seperti boots  dengan model serta bahan yang tepat bisa membuat kamu terlindungi saat berkendara, selain itu model sepatu yang bagus bisa membuat kamu terlihat semakin gaya.

Intip Latihan Kebugaran yang Dijalani Pembalap MotoGP

Siapa yang tak kenal Valentino Rossi, pembalap MotoGPasal Italia yang kini berusia 39 tahun ini sudah mengukir banyak sekali prestasi di dunia balap MotoGP. Rossi yang juga mendapat julukan The Doctor ini berhasil menyandang gelar juara dunia sebanyak sembilan kali.

Tak lama lagi pebalap yang juga dikenal dengan angka 46 di sepeda motornya ini akan mengakhiri karirinya di dunia balap. Namun, di tahun terakhirnya ini Rossi ingin mengukir prestasi terbaiknya dengan mendapatkan gelar juara dunia yang kesepuluh walaupun banyak pesaing muda yang memiliki skill tinggi. Meski sudah berumur dibanding dengan pembalap yang lainnya, Valentino Rossi tetap bisa menunjukan performa terbaik dan bersaing dengan para juniornya.

Rossi sadar bahwa pembalap di sirkuit ini harus memiliki stamina serta kemampuan yang bagus, di usianya yang sekarang ia wajib memperbanyak latihan fisik agar staminanya tetap terjaga. Selain latihan fisik, ia juga harus melakukan pola hidup yang lebih sehat. Kalau Rossi yang sebelumnya bisa menikmati minuman setelah selesai memenangkan balap, sekarang ia mulai mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat dengan menghindari minuman.

Selain menghindari konsumsi minuman setelah balapan, Rossi juga rutin melatih kekuatan fisiknya di pusat kebugaran atau bersepeda dengan jadwal olahraga yang cukup padat. Ia juga membangun Ranch di Tavullia yang dijadikan sebagai tempat latihan dirt bike agar semangatnya untuk terus balapan tidak kalah dari pembalap muda.

Rossi selalu menyediakan waktunya sebanyak 10 jam sehari untuk melatih fisik di pusat kebugaran, bersepeda, dan berlatih menunggangi sepeda motor di Ranch miliknya. Bagi Rossi, latihan ini menjadi jalan untuk meningkatkan kemampuannya untuk bisa bersaing dengan pembalap lainnya.

Featured image : wartakota.tribunnews.com