Tips Cara Urus STNK yang Hilang

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) merupakan salah satu dokumen penting yang harus kamu simpan baik-baik. Di dalam STNK terdapat data-data kendaraan yang dimiliki seseorang. Maka nggak aneh kalau surat inilah yang selalu ditanyakan oleh pihak berwajib ketika sedang melakukan pemeriksaan di jalan raya.

STNK juga diperlukan untuk membuktikkan kepemilikan seseorang atas sebuah kendaraan, tak terkecuali sepeda motor. Maka itu keberadaannya cukup penting. Namun, sayangnya kerap terjadi STNK hilang karena sebab yang beragam, entah sebatas keteledoran penyimpannya atau dicuri orang.

Kalau sudah begitu, kamu wajib mengurus STNK yang hilang tersebut. Bagaimana caranya? Apa saja syaratnya? Yuk kita bahas satu per satu.

Syarat urus STNK Hilang

Langkah pertama yang penting kamu lakukan begitu menyadari STNK hilang ialah melaporkannya ke kantor polisi terdekat, misalnya Polsek di mana kamu tinggal. Namun, sebelumnya kamu perlu mempersiapkan syarat-syaratnya yang meliputi:

1/ Identitas diri, bisa berupa KTP, SIM, atau Kartu Keluarga

2/ BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

Syarat nomor dua mungkin menjadi hambatan bila motor yang kamu miliki masih berstatus kredit. Karena BPKB berada di tangan leasing atau lembaga pembiayaan. Untuk itu kamu perlu menghubungi leasing tersebut untuk diterbitkannya semacam surat keterangan beserta fotokopi BPKB.

Langkah mengurus STNK hilang

Setelah melaporkannya ke kantor polisi terdekat maka kamu akan mengantungi dokumen-dokumen yang terdiri dari:

1/ Identias diri

2/ Surat keterangan hilang dari kantor polisi

3/ BPKB atau surat keterangan dari leasing

Berbekal dokumen-dokumen tersebut, kamu bisa mengurus STNK hilang ke kantor SAMSAT di mana kendaraan kamu terdaftar. Jangan lupa juga membawa sepeda motor kamu karena akan ikut dilakukan cek fisik. Proses di SAMSAT sangat mudah. Biasanya sudah tersedia loket khusus yang menangani STNK hilang dan kamu tinggal mengikuti semua proses yang ada di sana.

Source image: otosite.net

Cari Tahu Aturan Batas Kecepatan Berkendara di Sini

Artikel ini akan membahas tentang batas kecepatan berkendara di setiap jenis jalan yang ada di Indonesia. Harapannya, seteleh mengatahui pertaruan kecepatan maksimal ini maka kita bisa lebih aman dalam bekendara.

Nggak ada yang melarang kita untuk memiliki motor kencang dan bertenaga. Karena pada kenyataannya sejumlah motor Yamaha pun bisa dibilang masuk ke dalam kategori ini. Tengok saja Yamaha R25 atau Yamaha XMAX yang siap memanjakan penyuka adrenalin.

Namun yang perlu dipahami ialah jalanan bukan tempat untuk kebut-kebutan, apalagi balapan. Karena ada aturan yang membatasi kecepatan maksimal kendaraan yang melintasi setiap jenis jalan. Aturan yang dimaksud ialah Peraturan Menteri Perhubungan No. 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan.

Peraturan kecepatan maksimal berkendara

Peraturan ini mengatur batas kecepatan mulai untuk jalan tol, hingga ruas jalan yang berada di kawasan pemukiman.

Karena di Indonesia pemotor dilarang keras melintas di jalan tol, maka peraturan yang satu ini bisa sebatas kamu jadikan pengatahuan saja. Mengacu pada peraturan Menteri Perhubungan tersebut, kecepatan maksimal di jalan tol adalah 100 km perjam, sedangkan minimalnya ialah 60 km perjam, berlaku saat kondisi arus bebas.

Sementara itu untuk jalanan antarkota paling tinggi ialah 80 km perjam. Lalu batas kecepatan maksimal di jalanan perkotaan ialah 50 km perjam. Dan batas maksimal kecepatan di jalanan daerah pemukiman adalah 30 km perjam.

  1. Paling rendah 60 (enam puluh) km/jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 (seratus) km/jam untuk jalan bebas hambatan;
  2. Paling tinggi 80 (delapan puluh) km/jam untuk jalan antarkota;
  3. Paling tinggi 50 (lima puluh) km/jam untuk kawasan perkotaan; dan
  4. Paling tinggi 30 (tiga puluh) km/jam untuk kawasan permukiman.

Dalam kasus-kasus tertentu batas kecepatan maksimal bisa saja lebih rendah dari yang tertuang dalam aturan tersebut. Biasanya atas pertimbangan frekuensi kecelakaan, kondisi jalanan, dan masukan dari kelomok-kelompok masyarakat di sekitar jalan tersebut.

Adapun yang berhak untuk memutuskan batas kecepatan yang berlaku, antara lain menteri untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, bupati untuk jalan kabupaten dan desa, serta walikota untuk jalan kota.

Ini Dia Merek-Merek Streetwear yang Dikenal Punya Harga Selangit

Ada banyak pilihan gaya berpakain yang bisa kamu pilih untuk jalan-jalan bersama motor Yamaha kesayangan. Tapi kalau kita melihat ke tren yang lagi berkembang, kini streetwear lagi banyak digandrungi oleh anak muda. Gaya berpakaian streetwear memiliki ciri khas penampilan yang kasual alias nyantai.

Namun, jangan salah karena di balik kesan kasual tersebut, harga pakaian-pakaian streetwear itu nggak murah. Bahkan, untuk beberapa barang tertentu, bisa sampai ada yang seharga motor seken. Nah, dalam artikel ini kita bakal membahas merek streetwear dan mengapa harganya bisa mahal banget.

Pakaian bergaya streetwear banyak yang datang dari brand mewah

Nggak sedikit brand mewah seperti Burberry, Gucci, Fein, Armani, atau Hermes yang kini nyeplung ke dunia streetwear. Kehadirannya melengkapi brand yang memang spesialis streetwear seperti Supreme, Stussy, atau Anti Social Social Club.

Sudah bukan rahasia lagi kalau barang-barang fashion dari jajaran merek tersebut mahal banget. Sebagai contoh nih, sebuah vest yang sebenarnya lebih mirip dengan singlet Burberry dijual seharga 395 Euro atau setara dengan 6,5 juta rupiah.

Mau yang lebih mahal lagi? Ada kaos Hermes berbahan katun yang dijual seharga 700 Euro, kalau dirupiahkan mencapai 11,6 juta rupiah.

Dengan duit sebanyak itu kamu sudah bisa bayar uang muka untuk kredit motor Yamaha R25. Hehehe. Tapi pertanyaan sebenarnya ialah mengapa sepotong pakaian streetwear dari merek-merek tersebut bisa begitu mahal?

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak alasannya. Pertama adalah ongkos produksi mengingat brand besar seperti yang sudah disebutkan tadi cenderung konsisten menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk produknya. Kedua, produksinya yang dibuat terbatas. Nggak jarang lho koleksi streetwear hanya dibuat dalam jumlah yang dikit, biar eksklusif untuk pemiliknya nanti.

Alasan lainnya yang mungkin juga melatarbelakangi mahalnya harga-harga koleksi sreetwear dari merek tersebut ialah startegi marketing atau brand positioning-nya.

Buat mereka yang punya kantong tebal, memang nggak ada salahnya untuk menggunakan barang-barang tersebut. Walau sebenarnya ada juga pilihan streetwear dengan harga yang jauh lebih terjangkau, bisa jadi dari brand lokal yang desain dan kualitasnya nggak kalah bagus.

Kalau kamu jago dalam mengkombinasikannya, pakaian bergaya streetwear bakal keren banget saat kamu mengendarai motor-motor Yamaha.

Tempat Ngopi Kekinian di Kota Bandung yang Instagramable

Kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang punya banyak sekali penggemar di Indonesia, mulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia. Biasanya kopi ini dinikmati saat pagi dan sore hari sambil berkumpul dengan teman atau keluarga. Kebiasaan untuk menikmati segelas kopi ini juga tersebar di hampir semua wilayah di Indonesia, termasuk di Kota Bandung. Tingginya jumlah pecinta kopi ini juga berpengaruh sama banyaknya jumlah tempat ngopi kekinian yang tersebar di Kota Bandung. Nah, berikut ini ada lima tempat ngopi kekinian di Kota Bandung yang instagramable dan seru  untuk kamu nikmati bersama teman atau keluarga:

  1. Rumah Kopi
roemah-kopi

Poto : bandung.panduanwisata.id

Buat kamu yang mau merasakan sensasi menyeruput secangkir kopi ditengah suasana rumah bergaya klasik dengan dominasi ornamen kayu, kamu bisa datang langsung ke Rumah Kopi yang ada di kawasan Dago. Di sini kamu bisa menikmati kopi khas Rumah Kopi dengan ditemani udara dingin Dago sambil merasakan keseruan tidur-tiduran di perabotan klasik dan tak lupa kamu juga bisa ambil foto-foto keren di tempat ini.

  1. Coffee And John
coffee&john

Poto : www.infobdg.com

Kalau kamu mau menikmati nikmatnya kopi sambil duduk-duduk di taman, kamu bisa coba ngopi di Coffe and John yang ada di Jalan Naripan. Di sini kamu bisa duduk di bangku-bangku taman yang asri dan sejuk sambil menyeruput kopi pesananmu dan ambil foto kece untuk di posting di instagrammu. Coffe and John ini juga menyediakan dua tema yaitu indoor dan outdoor, tapi untuk outdoornya juga kamu tak perlu khawatir kepanasan karena tumbuhan di sini sangat rimbun.

  1. Kopi Ireng
kopiireng

Poto : pergikuliner.com

Menikmati secangkir kopi dalam suasana yang romantis bisa kamu dapatkan di Kopi Ireng yang berada di Bukit Pakar Timur. Di tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan indahnya gemerlap lampu Kota Bandung di malam hari dengan tempat yang memiliki konsep Rumah Joglo, dimana semua material yang digunakan di tempat ini menggunakan kayu yang membuat suasana naturalnya semakin terasa.

Penasaran merasakan langsung tempat ngopi yang instagramable di Kota Bandung ini? Ayo datang langsung ke sana dan rasakan sendiri sensasinya.

Pentingnya Sarapan Sebelum Melakukan Touring

Bagi kamu yang ikut menjadi anggota dari komunitas motor pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan touring. Biasanya akan ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat touring bersama komunitasmu, seperti mengecek kondisi kendaraan, packing barang yang harus dibawa, menjaga kesehatan tubuh dengan minum vitamin dan tak melupakan sarapan sebelum berangkat touring.  Sarapan ini penting sekali untuk tubuhmu, karena sarapan bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti:

  • Menambah Energi

Ketika kamu istirahat malam, sebenarnya tubuh tetap membakar kalori. Makanya sarapan pagi ini bisa mengganti kalori yang hilang dan menambah energi untuk tubuhmu biar tubuh tak merasa kelelahan saat touring nantinya dan juga kamu tidak mudah merasa ngantuk. Pilih sarapan yang bergizi dan sehat biar manfaat yang kamu rasakan lebih maksimal.

  • Menambah Konsentrasi

Sarapan pagi ini juga bisa menambah konsentrasi kamu, jadi kamu lebih fokus saat berkendara. Sarapan bisa menghindari kamu dari rasa lapar, sedangkan kalau kamu kelaparan, kamu akan merasa sakit kepala bahkan naiknya asam lambung yang bisa memecah konsentrasimu.

  • Mengurangi Stres

Stres bisa timbul saat kamu merasa kelaparan, terlebih saat kamu harus fokus berkendara ketika touring, ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Untuk itu kamu tidak boleh melewati waktu sarapan, karena sarapan bisa mengurangi risiko timbulnya stres saat riding jadi touringmu bisa berjalan aman dan nyaman.

Pilihlah menu sarapan yang bernutrisi tinggi biar bisa memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Kalau kamu tidak terbiasa untuk sarapan pagi, sebaiknya kamu tetap harus mencoba sarapan sebelum touring agar tubuh kamu lebih siap untuk riding jarak jauh.

Sejarah Valentino Rossi Setia Pakai Nomor 46 di Motornya

Siapa yang tak tahu pebalap MotoGP Valentino Rossi? Pebalap asal Italia kelahiran 16 Februari 1979 ini memiliki banyak sekali prestasi di dunia balap. Pebalap yang juga mendapatkan julukan The Doctor ini berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan memenangkan sembilan kejuaraan dunia.

Selain julukan The Doctor, Valentino Rossi juga identik dengan nomor  46 yang selalu melekat pada dirinya. Walaupun berhasil menjuarai banyak kejuaraan balap kelas dunia dan berhak menggunakan nomor 1, Rossi tetap setia menggunakan nomor 46 di motornya.

Mungkin banyak yang belum tahu mengapa Rossi begitu mencintai nomor 46 yang mulai digunakannya sejak tahun 1992 dalam ajang Italian Minibike Endurance di Sirkuit Misano. Bagi pebalap berusia 39 tahun ini, nomor 46 yang digunakannya menjadi nomor keberuntungan Valentino Rossi saat balapan.

Selain itu ada kisah menarik yang menjadi latar belakang Rossi menggunakan nomor 46 ini, ternyata ayah Rossi yang juga pebalap terkenal pada zamannya ini pernah menggunakan nomor yang sama. Graziano Rossi berhasil menjuarai Grand Prix kelas 250cc pertama di Sirkuit Rijeka, Yogoslavia pada tahun kelahiran Rossi yaitu 1979.

Cerita lain dibalik kesetiaan Rossi pada nomor 46 ini juga karena di awal karir balapan, Rossi berteman dekat  dengan Marco dan Maurizio Pagano yang juga menjadi pebalap namun berbeda kategori balapan Rossi.  Mereka bertiga sama-sama menggunakan nomor 46 di motornya, dan nomor yang mereka gunakan ini  terisnpirasi dari nomor pebalap idola mereka yang berasal dari Jepang.

Sampai saat ini Rossi masih setia menggunakan nomor 46, bagi Rossi nomor 46 adalah bagian dari hidupnya dan menjadi lambang kesuksesan karirnya di dunia balap. Walaupun tidak lama lagi Rossi akan mengakhiri karirnya di dunia balap, ia tak ingin nomor 46 ini ikut dipensiunkan. Menurutnya, pebalap lain boleh menggunakan nomor 46 ini, jadi nomor 46 tak perlu dipensiunkan meskipun itu sebuah penghormatan untuk seorang pebalap.

Poto : www.bikesrepublic.com

3 Fakta Canggihnya Racing Suit Pembalap MotoGP

Aksi para pembalap MotoGP di lintasan bukan hanya dilakukan atas nyali dan skill. Selain itu, mereka juga dibekali penunjang keselematan yang sangat lengkap. Salah satunya adalah baju balap atau yang biasa disebut racing suit.

Racing suit tersebut berguna untuk melindungi pembalap dari gesekan langsung dengan aspal, sekaligus menangkal angin yang menerpa ketika berada di atas motornya, melaju dengan kecepatan 200 km perjam bahkan lebih. Dari waktu ke waktu, racing suit yang dipakai pembalap MotoGP pun mengalami pengembangan, satu-satunya alasan untuk itu ialah meningkatkan aspek keselamatan.

Ada beberapa fakta menarik racing suit para pembalap yang patut diketahui. Diambil dari beberapa sumber, informasi selengkapnya bisa kamu lihat di bawah.

  1. Dibuat khusus untuk setiap pembalap

Setiap racing suit dibuat mengikuti ukuran yang pas untuk masing-masing pembaap. Artinya, pembalap tidak bisa pakai racing suit milik pembalap lainnya. Ada beberapa alasan racing suit dibuat dengan ukuran yang ngepas. Pertama, biar bagian-bagian pelindungnya selalu berada di tempat yang tepat bila pembalap terjatuh.

Alasan kedua untuk menunjang performanya. Bisa dibayangkan betapa repotnya bila pembalap menggunakan racing suit yang terlalu besar atau terlalu kecil.

  1. Level perlindungan terbaik

Alpinestar sebagai salah satu penyuplai racing suit di MotoGP menggunakan kulit sapi sebagai pilihan utama. Meski di samping itu, kadang juga menggunakan kulit kangguru. Dengan ketebalan antara 1,2 mm – 1,4 mm, kedua jenis kulit tersebut mampu memberikan perlidungan terhadap gesekan dengan aspal yang sangat baik.

Sementara itu, produsen juga menyematkan slider pada bagian lutut, siku, dan bahu guna melindungi bagian tubuh pembalap yang kerap mendapat kontak langsung dengan aspal saat balapan.

  1. Memiliki ventilasi dan sistem hidrasi

Meski terkesan rapat, namun sebenarnya racing suit pembalap MotoGP memiliki sistem ventilasi menggunakan bahan kulit yang berlubang kecil. Selain itu, terdapat pula sistem hidrasi berupa kantung tempat penyimpanan air minum yang terletak di bagian pundak. Di situlah air minum para pembalap disimpan.

  1. Menggunakan airbag

Yup, mungkin inilah hal paling canggih dari racing suit para pembalap MotoGP. Di mana terdapat airbag yang mengembang saat pembalap jatuh, melindungi tubuh pembalap tetap aman.

Poto : wsmotoleather.com

Ini Batas Modifikasi Sepeda Motor Tanpa Gugurkan Garansi

Sekarang ini jumlah pengendara sepeda motor semakin bertambah setiap harinya, sepeda motor memang menjadi alternatif berkendara  untuk beberapa orang biar mereka lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Tingginya jumlah pengendara sepeda motor ini juga berpengaruh sama semakin banyaknya jumlah orang yang memodifikasi sepeda motor mereka.

Kebanyakan orang yang memodifikasi sepeda motor mereka beralasan untuk membuat tampilan sepeda motornya berbeda dari yang lain. Memodifikasi sepeda motor dengan menambahkan aksesoris ini memang menjadi hal yang wajar dan boleh untuk dilakukan asalkan kamu tidak melebihi batasan modifikasi, sebab modifikasi yang salah dan berlebihan bisa membuat gugurnya garansi pabrik untuk sepeda motormu.

Saat kamu membeli sepeda motor baru, kamu akan mendapatkan garansi resmi dari pabrik. Garansi yang bisa kamu klaim dari pabrik ini seperti garansi umum, dan garansi mesin, piston, silinder, serta kelistrikan yang memang kerusakannya merupakan bawaan dari pabrik. Apabila sepeda motormu mengalami kerusakan komponen yang masuk dalam garansi tetapi bukan karena kesalahan pabrik, garansi itu akan hangus. Makanya, kamu perlu memperhatikan komponen ini saat melakukan modifikasi.

Sekarang tidak sedikit orang yang menambahkan alarm atau kunci rahasia di sepeda motornya dengan alasan membuat sepeda motor mereka lebih aman. Sedangkan modifikasi jenis ini akan melibatkan kabel yang juga termasuk ke dalam sistem kelistrikan sepeda motormu. Saat memasang alarm atau kunci rahasia ini, kamu akan memotong atau menambahkan kabel yang bisa berpengaruh pada performa sepeda motormu terlebih untuk sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

Ketika kamu mengalami kendala atau kerusakan pada sistem kelistrikan akibat pemasangan alarm dan kunci rahasia ini, kamu tidak akan bisa mengklaim garansi dari pabrik karena kerusakan di sistem kelistrikan ini terjadi akibat kesalahan yang kamu buat sendiri. Untuk itu, sebaiknya kamu memperhatikan komponen mana saja yang boleh dan tidak boleh dimodifikasi agar garansi pabrik untuk sepeda motormu tidak gugur.

Alasan Ban Motor Punya Patokan Tekanan Angin yang Ideal

Setiap komponen di sepeda motor memiliki peran yang sangat penting, salah satunya ban. Ban jadi tumpuan sepeda motor saat melaju di jalan raya, untuk itu kamu perlu memperhatikan kondisi ban sepeda motor ini. Jangan sampai kamu mengalami kejadian tak menyenangkan akibat ban sepeda motor yang tidak terawat.

Beberapa cara untuk menjaga ban sepeda motor agar tetap aman dan nyaman dikendarai antara lain dengan rutin membersihkan ban dari kotoran seperti kerikil yang menempel di sela-sela ban sepeda motor, ganti ban yang sudah sering ditambal agar bocor tak lagi terulang, dan terakhir memeriksa tekanan angin pada ban agar sesuai dengan standar.

Namun masih banyak yang belum menyadari pentingnya menjaga ban sepeda motor ini, terutama untuk menjaga tekanan angin di ban agar sesuai dengan tekanan yang telah ditentukan. Tekanan angin pada ban ini harus benar-benar kamu perhatikan karena tidak boleh kelebihan atau kekurangan.

Tekanan angin yang terlalu berlebihan bisa membuat daya cengkram ban terhadap permukaan jalan raya menurun dan ini bisa membahayakan kamu karena ban sepeda motor akan lebih mudah tergelincir, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini. Sedangkan kalau ban sepeda motormu punya tekanan angin yang kurang bisa membuat tarikan sepeda motor menjadi lebih berat dan menipisnya permukaan ban yang membuat ban jadi cepat rusak.

Makanya sangat penting untuk mengetahui tekanan angin yang ideal untuk ban sepeda motormu. Untuk ban depan sepeda motor, biasanya tekanan angin yang ideal sekitar 28-30 Psi. Sedangkan untuk ban sepeda motor bagian belakang, tekanan angin yang ideal sekitar 33-34 Psi. Tetapi kamu juga bisa melihat tekanan angin yang ideal untuk ban sepeda motormu pada tabel rekomendasi dibagian depan sepeda motor.

Masih Perlukah untuk Memanaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari?

Memanaskan mesin sepeda motor setiap pagi sebelum digunakan memang sering dilakukan oleh orang-orang yang biasa beraktivitas dengan mengendarai sepeda motor. Memanaskan mesin ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menjaga performa sepeda motormu agar tetap maksimal.

Selain itu, memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan juga menjadi salah satu cara untuk membuat sepeda motor tetap nyaman dikendarai, sebab sepeda motor yang tidak digunakan dalam waktu yang lama seperti sepeda motor yang diparkir saat malam hari sampai dengan pagi hari bisa membuat suhu mesin sepeda motor menjadi dingin karena oli yang ada di mesin akan turun, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini.

Untuk itu, kamu perlu memanaskan mesin sepeda motor agar oli mesin naik dan melumasi seluruh permukaan mesin dengan maksimal. Mesin yang terlumasi oli ini akan terasa lebih nyaman digunakan karena sepeda motormu tidak akan terasa tersendat-sendat saat dikendarai. Selain itu, mesin juga menjadi lebih awet karena komponen di mesin tidak saling bergesekan sehingga meminimalisir kerusakan.

Namun, kamu perlu tahu beberapa hal tentang memanaskan mesin sepeda motor ini. Memanaskan mesin sepeda motor memang baik dan bisa membuat sepeda motormu lebih nyaman digunakan karena tidak terasa tersendat-sendat. Tetapi, ini berlaku untuk sepeda motor yang masih menggunakan sistem karburator.

Sedangkan pada sepeda motor yang diproduksi di masa kini, kebanyakan sudah dilengkapi dengan teknologi mesin fuel injection. Teknologi fuel injection ini sudah dibuat lebih praktis dibandingkan dengan sistem karburator, jadi kamu tidak perlu lagi memanaskan mesin sepeda motor. Tetapi kalau kamu tetap mau memanaskan sepeda motormu, kamu bisa memanaskannya sebentar saja maksimal satu menit agar bahan bakar tidak terbuang percuma.