Cara Merawat Visor atau Kaca Helm

Helm jadi salah satu kelengkapan berkendara yang wajib digunakan saat kamu berada di atas sepeda motor. Bukan hanya melindungi kepala dari benturan, tapi visor atau kaca helm juga mampu menghalangi debu yang akan mengganggu pandanganmu. Visor ini perlu dirawat agar tetap bersih karena visor yang kotor akan mempengaruhi visibilitas ketika berkendara. Kamu bisa merawat visor atau kaca helm dengan beberapa cara beriku ini:

  • Jangan menaikkan visor atau kaca helm saat di kaca banyak terdapat debu karena bisa merusak lapisan visor.
  • Simpan helm di tempat yang aman agar visor terhindar dari goresan karena jatuh. Hindari menyimpan helm pada kaca spion atau di atas jok sepeda motormu.
  • Hindari menempelkan jari-jari di kaca visor, dan paparan sinar matahari langsung.
  • Simpan helm di dalam tas yang berbahan lembut agar kaca helm tidak tergores.
  • Rutin membersihkan visor helm. Caranya dengan mengunakan pembersih khusus visor atau kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih, selain bisa membersihkan, minyak kayu putih juga bisa membuat helm kamu lebih harum. Jangan lupa untuk menggunakan kain microfiber yang lembut agar helm terhindar dari goresan.
  • Mencuci visor dengan cara melepas visor dan merendamnya dengan air sabun yang hangat, lalu bilas visor dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

Visor yang terawat dan bersih pasti lebih nyaman untuk digunakan, selain itu juga bisa memudahkan kamu melihat kondisi jalan raya dengan jelas tanpa takut terkena debu dari arah depan.

Memahami Riding Position yang Baik untuk Sports Bike

Mengatur posisi saat berkendara dengan sepeda motor akan membuat kamu merasa nyaman, terlebih saat mengendarai sports bike. Posisi stang yang jauh dan tubuh yang terhalang tangki bensin membuat kamu harus memperhatikan posisi duduk agar tetap nyaman. Berikut ini riding position yang baik untuk mengendarai sports bike.

Posisi Duduk

Usahakan posisi duduk ini pas dengan tinggi badanmu, jangan sampai kaki kamu tidak menapak ke tanah saat sepeda motormu berhenti.

 Posisi Lutut

Sebaiknya posisi lutut harus lurus atau tepat di belakang poros engkol, kalau posisi lutut terlalu ke depan akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

 Posisi Setang

Posisi setang ini harus diatur dengan benar agar kamu merasa nyaman, usahakan posisi kamu membentuk sudut 45 derajat saat mengendarai sports bike. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kamu tidak mengalami ketegangan di otot leher. Selain itu, posisi setang juga harus berada sedikit di bawah jok, tujuannya agar kamu terhindar dari sakit punggung dan bahu.

 Posisi Kaki Pedal

Posisi kaki pedal ini harus dibuat senyaman mungkin untuk menghindari cedera  kaki dan lutut saat berkendara. Cleat yang posisinya terlalu jauh ke depan akan membuat gerakan berlebihan di kaki yang dapat menimbulkan cedera.

 Ukuran Rangka Sports Bike

Ukuran rangka ini dilihat dari bagian jok ke pedal sepeda motor. Biasanya wanita dan pria punya ukuran kaki yang berbeda, jadi ukuran rangka ini harus disesuaikan.

Riding position yang benar bisa membuat kamu lebih nyaman berada di atas sports bike kesayanganmu.

Daftar Harga Sepeda Motor Yamaha Mio yang Trendi Abis

Ini dia daftar harga sepeda motor Yamaha Mio series. Salah satu produk Yamaha yang dikenal sebagai pioner kemunculan motor bertransmisi matic di Indonesia.

Siapa sih yang gak kenal Yamaha Mio? Pada awal-awal kemunculannya, Yamaha Mio langsung menjadi produk yang idola bikers di mana-mana. Transmisi matic yang dibawanya menjadi daya tarik kuat bagi konsumen.

Hingga kini Yamaha Mio masih terus eksis. Berevolusi menjadi produk yang bukan hanya bisa diandalkan, namun juga punya tampilan trendi.

Setidaknya kini ada tiga model motor matic Yamaha yang masuk jajaran Mio series. Apa aja sih modelnya?

Yamaha Mio M3 125 & Mio M3 215 AKS SSS, Harga Rp15,5 Juta – Rp16,4 Juta

Pertama, yuk kita bahas Yamaha Mio M3 125. Untuk produk yang satu ini kamu disuguhi dua pilihan yang sama kerennya, yaitu Mio M3 125 dan Mio M3 125 AKS SSS.

Gambar Yamaha Mio M3 125cc

Perbedaannya ada di segi fitur dan desain. Di mana Mio M3 AKS SSS sudah dibekali Advance Key System (AKS) ditambah lagi Stops Smart System (SSS).

Dari segi desain juga terlihat perbedaan pada permainan warna bodinya.

Sedangkan, mesinnya sama-sama menggunakan dapur pacu berkapasitas 125 cc , 4-tak, SOHC, dengan tenaga puncak 7 kW / 8000 rpm dan torsi tertinggi 9.6 Nm / 5500 rpm.

Yamaha Mio Z, Harga Rp15,9 Juta

Pilihan lain di kelas Mio adalah Yamaha Mio Z. Nah, motor matic Yamaha ini cocok banget buat kamu yang tampil beda lantaran memiliki kelebihan pada aspek desainnya.

Yamaha Mio Z didesain dengan warna matte atau doff yang bikin penampilannya secara keseluruhan terkesan sporti.

MIO Z

Untuk mesinnya, Yamaha Mio Z juga diperkuat lumbung pacu satu silinder, 4 tak,SOHC berkapasitas 125 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga puncak serupa dengan produk yang sudah disebutkan di atas, yaitu 7.0 kW / 8000 rpm.

Yamaha Mio S, Harga Rp16,050 Juta

Yamaha Mio S tampil dengan berlimpah fitur dan desain yang elegan. Fitur yang ada motor ini lengkap banget, mulai dari lampu LED, Answer Back System, lampu hazard. 

 

Gambar Yamaha Mio S

Gak cukup sampai di situ, kelebihan Yamaha Mio S masih ditambah lagi dengan ban lebar dan desain speedometer baru yang telah dilengkapi dengan Eco Indicator.

Jadi bisa lebih maksimal riding dengan gaya hemat bahan bakar.

Nah, setelah melihat semua model di atas beserta daftar harga sepeda motor Yamaha Mio, kira-kira model apa yang cocok buat kamu?

Cara Gampang Hitung Simulasi Kredit Motor Yamaha

Gak perlu lagi bingung mengira-ngira besar angka cicilan saat mau ambil kredit motor. Kamu bisa menghitungnya dengan mudah lewat simulasi kredit motor Yamaha yang disediakan JG Motor.

Yup, JG Motor selaku dealer Yamaha selalu ngasih kamu kemudahan untuk memiliki motor Yamaha impian. Salah satunya dengan menyediakan fitur simulasi kredit motor yang bisa diakses lewat website JGMotor.co.id.

simulasi kredit

Fitur tersebut bisa diakses dengan mudah di sidebar sebelah kanan seperti yang bisa kamu lihat. Untuk cara pakainya, yuk kita coba sama-sama.

Sebagai contoh, kita bakal coba hitung besar angka cicilan motor Yamaha Lexi.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis motor yang diminati di kolom “Model”. Kali ini kita bakal hitung kredit Yamaha Lexi.

Lalu pilih juga area dan yang terpenting lagi pilih termin kredit yang dikehendaki. Termin kredit bisa dibilang adalah jumlah berapa kali cicilan itu akan dibayarkan.

Setelah semuanya sudah dipilih sesuai minat, tinggal klik “Cek Kredit”. Tunggu sebentar dan keluarlah hasilnya.

Untuk Yamaha Lexi yang punya harga jual Rp19 juta, cicilan perbulannya Rp881.000 sebanyak 33 kali bayar. Sedangkan, down payment-nya adalah sebesar Rp2 juta.

Dari situ kamu masih bisa mengubah beberapa pilihan, mulai dari jumlah uang DP atau melihat motor lainnya. Gimana? Gampang kan?

Dengan adanya simulasi kredit motor Yamaha ini, JG Motor membuktikan komitmennya untuk selalu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen. Selamat mencoba ya!

Touring ke Kota Kembang? Ini Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Bisa Dikunjungi

Touring banyak dijadikan agenda wajib di klub motor, selain untuk mempererat hubungan antar anggota klub, touring juga jadi ajang melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Kota Bandung jadi salah satu kota tujuan touring yang sering dikunjungi, Kota Kembang ini memang punya daya pikat yang cukup tinggi mulai dari wisata sampai kulinernya. Nah, untuk kamu yang mau riding bersama klub motormu ke Bandung, ini daftar tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

  • Gedung Sate
gedung-sate

Sumber Image: infobandung.co.id

Gedung Sate ini menjadi ciri khas dari Kota Kembang, dinamakan Gedung Sate karena atap gedung ini berbentuk tusuk sate. Gedung yang jadi pusat pemerintahan Jawa Barat ini letaknya juga bersebrangan dengan lapangan Gasibu, yang juga terkenal di Bandung. Walaupun kamu tidak bisa masuk ke dalam, setidaknya kamu bisa berfoto di depan Gedung Sate yang terkenal ini.

  • Saung Angklung Udjo
saung udjo

Sumber Image: tempatwisataunik.com

Tempat ini akan memberikan kaamu pengalaman berbeda karena kamu bisa belajar banyak tentang alat musik tradisional khususnya angklung. Di Saung Angklung Udjo ini kamu bisa melihat pertunjukan musik, wayang, tarian, cara pembuatan angklung, dan mencoba permainan angklung itu sendiri.

  • Observatorium Bosscha
Bosscha

Sumber Image : Wikipedia

Untuk kamu yang ingin berwisata unik, kamu bisa mengunjungi Observatorium Bosscha ini. Di tempat ini kamu bisa melihat bulan dan bintang dari dekat dengan teropong yang masih terawat sampai saat ini. Sebelum berkunjung, sebaiknya kamu melakukan reservasi ke pihak pengelola untuk pendaftaran pengunjung.

  • Tangkuban Perahu
Tangkuban_Prahu

Sumber Image : Wikipedia

Gunung berbentuk perahu terbalik ini sangat erat dengan legenda Sangkuriang. Gunung yang punya ketinggian 2.084 m ini memiliki pemandangan indah dengan kawah aktif yang memesona. Kamu juga bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan touring klub motormu, karena di tempat ini kamu bisa bersantai sambil melihat pemandangan indah dan menikmati sejuknya udara pegunungan.

  • Grafika Cikole

www.urbandung.com

wisata-cikole

Sumber Image :  urbandung.com

Bagi kamu yang ingin menginap dengan sensasi yang berbeda, kamu bisa mengunjungi Grafika Cikole. Grafika Cikole menyediakan penginapan berbentuk Rumah Hobbit, tenda, dan juga hotel. Di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas permainan yang menantang adrenalin seperti flying fox.

Kalau kamu dan klub motormu riding ke Kota Kembang, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang disebutkan di atas biar touring kamu semakin seru.

Sumber Featured Image : idtrack.co.id

Menikmati Alam dengan Touring ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Sukabumi menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki pesona keindahan alam yang sungguh sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat ke Sukabumi adalah Geopark Ciletuh. Geopark Ciletuh ini sudah diresmikan UNESCO sebagai warisan dunia dan menjadi taman batu tertua di Pulau Jawa. Di sini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata alam, seperti:

  • Pantai Palangpang
pantai-palangpangjpg-Gqgf

Sumber Image : Sportourism.id

Pantai dengan hamparan pasir yang luas ini biasa dijadikan basecamp buat pengunjung yang mau mengeksplor Geopark Ciletuh. Di sini juga ada tulisan Geopark Ciletuh dengan warna terang yang bisa jadi spot foto saat kamu touring ke sana.

  • Curug Cimarinjung
curug-marinjungjpg-tcid

Sumber Image : Sportourism.id

Curug ini biasa disebut curug goong oleh warga sekitar karena di hari tertentu, curug ini mengeluarkan bunyi menyerupai suara goong. Curug Cimarinjung ini punya ketinggian 50 meter dan dikelilingi bebatuan sedimen breksi dan batu pasir tufan. Curug ini terbentuk dari proses tektonik, dan air yang mengalir dari curug ini digunakan untuk mengairi persawahan.

  • Curug Sodong
curug-sodongjpg-TFdE

Sumber Image : Sportourism.id

Curug yang juga mendapatkan julukan Curug Kembar ini memang punya dua aliran air yang memiliki ketinggian 20 meter.  Di balik aliran air curug ini, ada gua yang bisa terlihat ketika debit air sedang tidak terlalu besar. Untuk kamu yang ingin menelusuri gua, sebaiknya minta didampingi oleh pemandu lokal yang sudah terbiasa masuk ke dalam gua.

Pemandangan indah di Geopark Ciletuh ini tentunya sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Tak ada salahnya kamu memasukkan Geopark Ciletuh ke dalam daftar touring bersama teman-temanmu. Rasakan sensasi touring sambil menikmati keindahan alam yang sudah diakui sebagai warisan dunia.

Sumber Feature Image : Puanpertiwi.com

Tips Merawat Helm Full Face Biar Bebas Bau Apek

Helm jadi salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat kamu berkendara dengan sepeda motor. Helm punya fungsi yang sangat penting karena helm bisa melindungi kepala kamu saat berkendara atau ketika terjadi benturan. Nah, jadi jangan anggap sepele soal peranti yang satu ini. Walau jarak tempuhnya dekat, helm wajib digunakan saat kamu naik motor. Ada beberapa jenis helm, salah satunya helm full face. Helm full face ini banyak digunakan karena mampu melindungi keseluruhan bagian dari kepala kamu. Helm yang digunakan terus menerus pastinya membutuhkan perawatan agar tetap bersih dan nyaman dipakai. Berikut ini beberapa tips untuk merawat helm full face kamu agar tetap bersih dan  terbebas dari bau apek.

  • Perhatikan Tempat Penyimpanan

Usahakan kamu menyimpan helm dalam tempat yang benar. Hindari menyimpan helm di atas tangki motor atau spion motor karena bisa merusak helm, risiko helm kamu jatuh dan merusak permukaan helmnya sangat besar. Simpanlah helm diatas jok belakang dan kaitkan tali helm di pegangan jok belakang.

  • Bersihkan Busa Dalam Helm

Bagian dalam helm selalu dilengkapi busa, pemakaian yang tidak baik seperti saat kepala berkeringat atau rambut basah tentunya akan membuat busa kotor dan tumbuh jamur. Untuk itu kamu bisa membersihkannya dengan melepas busa dan merendamnya dengan menggunakan sabun, lalu keringkan di bawah sinar matahari, tempel kembali busa ke dalam helm dan helm siap digunakan kembali.

  • Posisi Penyimpanan

Posisi menyimpan helm ini juga perlu kamu perhatikan, simpanlah helm dalam posisi menghadap ke atas atau terbalik. Tujuannya agar helm terbebas dari basah yang bisa membuat jamur tumbuh di dalamnya.

  • Bersihkan Helm

Tak jarang helm yang kamu gunakan terkena hujan dan membuat helm bagian luarnya kotor. Untuk itu kamu bisa membersihkan helm setelah terkena hujan agar helm tetap bersih dan awet.

Bukan hanya motor yang perlu kamu lakukan perawatan, helm juga perlu kamu rawat biar tetap nyaman dipakai dan bisa melindungi kepala kamu lebih maksimal.

Sumber Image: Facebook JGMotor

Tips Pilih Jas Hujan Motor yang Aman

Ketika musim penghujan tiba, masih banyak orang yang memilih bepergian menggunakan sepeda motor. Sebenarnya tak ada masalah, asalkan kamu mempersiapkan diri dengan baik untuk berkendara saat hujan turun. Salah satu perlengkapan yang harus kamu bawa saat berkendara ketika musim hujan adalah jas hujan, jas hujan ini bisa melindungi tubuh kamu dari hujan yang turun. Tapi, bagaimana cara memilih jas hujan yang aman? Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat membeli jas hujan.

  • Model

Sekarang ini banyak tersedia model jas hujan dengan kisaran harga yang beragam, mulai dari jas hujan one piece sampai jas hujan two piece. Kamu bisa pilih model jas hujan sesuai kebutuhan, tetapi lebih disarankan untuk kamu memakai jas hujan two piece atau setelan karena lebih aman digunakan dan tubuh bisa terlindungi secara keseluruhan. Pilihlah juga jas hujan yang pas di badan agar nyaman dipakai, jangan menggunakan jas hujan yang terlalu ketak atau terlalu longgar.

  • Bahan

Setelah memilih model jas hujan, saatnya kamu memilih bahan jas hujan. Bahan jas hujan ini penting untuk diperhatikan karena akan berhubungan dengan kenyamanan kamu. Pilihlah bahan jas hujan yang tahan air dan embun seperti bercoating glossy, pilih juga jas hujan yang tridak menggunakan benang untuk mejahit melainkan di press.

  • Warna

Warna juga jadi salah satu pertimbangan penting saat kamu memilih jas hujan. Saat hujan terutama saat hujan lebat, jarak pandang pengendara akan berkurang. Untuk itu, menggunakan jas hujan dengan warna cerah akan membantu kamu lebih terlihat oleh pengendara lainnya.

Itulah beberapa tips memilih jas hujan yang aman untuk berkendara, pilihlah jas hujan yang nyaman digunakan agar tidak mengganggu pergerakan kamu saat berada di atas sepeda motor.

Sumber Feature Image: beritahati.com

Keunggulan Ban Tubeless untuk Motor

Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari motor. Pasalnya, ban menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal. Untuk itu, alangkah baiknya kamu memilih ban motor terbaik untuk menemani kamu menjelajah di jalan raya. Ban sendiri tersedia dalam dua jenis, yang pertama ban biasa dan kedua adalah ban tubeless.

Ban biasa dan ban tubeless memiliki perbedaan yang signifikan. Ban biasa menggunakan ban luar dan ban dalam, sedangkan ban tubeless hanya menggunakan ban luar saja. Ban tubeless sendiri dianggap lebih unggul karena ban ini lebih tebal dari ban biasa dan dilengkapi benang nilon serta kawat baja yang membuat ban tubeless lebih kuat. Lalu, apa saja kelebihan ban tubeless ini? Berikut diantaranya:

  • Tidak mudah bocor

Saat ban tubeless terkena paku atau benda lain yang bisa membuat ban bocor, angin yang ada di dalam ban tidak akan langsung keluar. Jadi kamu masih memiliki kesempatan untuk menggunakan motor sampai tempat tambal ban. Ban ini juga bisa menambal sendiri dengan menggunakan cairan khusus yang di masukkan di dalam ban, ataupun menambal manual juga bisa dilakukan dengan lebih cepat.

  • Stabil

Ban tubeless yang lebih tebal dari ban biasa ini lebih kuat untuk digunakan bermanuver dengan kecepatan tinggi. Sehingga ban motor lebih stabil walau kamu pacu dengan kecepatan ekstra.

  • Nyaman digunakan

Ban tubeless sangat nyaman digunakan terutama di jalan raya yang halus. Selain itu juga, kembangan ban yang cukup dalam membuat ban tubeless ini mampu mencengkram jalanan dengan cukup kuat sehingga tidak licin digunakan pada saat hujan.

Kelebihan yang dimiliki ban tubeless pasti akan membuat kamu lebih nyaman berkendara di jalan raya, untuk itu tak ada salahnya kamu mengganti ban motor kamu dari ban biasa menjadi ban tubeless. Walaupun ban tubeless ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, tapi kamu akan mendapatkan manfaat yang tinggi pula.

Sumber Image: Facebook JG Motor

Daftar Tempat Nongkrong Malam di Bandung

Bandung jadi salah satu kota menarik yang ada di Indonesia, bukan hanya pemandangan dan wisatanya, Bandung juga dikenal dengan kuliner unik yang bisa memanjakan lidahmu. Saking banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bandung, tak heran kalau di Bandung banyak berdiri tempat nongkrong yang bisa kamu nikmati bersama teman-teman.

  • Siete
siete

Sumber Image : instagram sietecafebdg

Siete ini jadi salah satu tempat nongkrong malam hari yang bisa kamu nikmati di Bandung. Cafe ini punya desain indoor dan outdoor yang berbeda, asiknya lagi kamu bisa bersantai sambil ditemani iringan musik yang dimainkan secara langsung.

  • Caringin Tilu
caringin tilu

Sumber Image : Instagram Dapurcaringintilu

Tempat nongkrong yang satu ini menyuguhkan pemandangan Kota Bandung di malam hari sambil menikmati hiasan lampu-lampu kota yang dikelilingi pegunungan. Kamu bisa menikmati beragam kuliner di sini dengan harga yang ramah di kantong.

  • Vitamin Sea
vitamin sea

Sumber Image : Instagram Vitamin Sea

Buat kamu yang suka menikmati hidangan laut, Vitamin Sea jadi tempat yang cocok untuk kamu dan teman-teman yang ingin berkumpul di malam hari sambil mengusir lapar. Selain makanan yang enak, Vitamin Sea juga menyuguhkan pemandangan indah yang bisa membuat kamu lupa waktu.

  • Congo Cafe & Resto
congo

Sumber Image : Instagram congogallery

Di cafe ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan lampu Kota Bandung ditemani lezatnya hidangan khas Congo Cafe & Resto. Kamu bisa nongkrong sambil makan enak ditemani suasana romantis kota ini.

  • Bober Cafe
bober

Sumber Image : Facebook Bober Cafe

Buat kamu yang betah nongkrong berlama-lama dengan teman-teman, cafe ini jadi pilihan yang pas untuk kamu. Bober Cafe ini buka selama 24 jam, yang artinya kamu bisa nongkrong dari malam sampai pagi menjelang. Cafe ini dilengkapi tempat duduk yang nyaman dan pastinya bisa membuat kamu betah berlama-lama.

Bagi kamu yang tinggal di Bandung atau berkunjung ke kota ini, tak ada salahnya kamu mencoba untuk nongkrong-nongkrong malam sambil menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Sumber Image Feature: qinanatour.com