Tips Merawat Ban Motor

Sudah paham dong fungsi ban motor? Itu tuh, karet bundar yang membalut velg dan berfungsi sebagai penerus daya mesin untuk menggerakkan sepeda motor. Nah, karena komponen tersebut menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, maka menjaga atau merawat ban motor penting sekali dilakukan secara berkala. Pasalnya, kalau ban motor tidak dalam kondisi yang baik maka keselamatan pengendara pun menjadi taruhannya.

Selain menjaga keselamatan pengendara, merawat ban motor juga merupakan investasi. Karena dengan merawat ban motor kita bisa menghemat anggaran untuk mengganti ban. Sebagai seorang biker, kamu pasti pernah mengalami ban bocor dan ban kempis lantaran permukaan luarnya telah aus alias botak bukan? Nah ketimbang sengsara kemudian, lenih baik kamu simak tips-tips merawat ban motor berikut ini :

  1. Setiap 2 minggu sekali, periksa tekanan angin ban. Cara mengeceknya selalu dalam kondisi ban dingin ya. Isi tekanan udara ban motor sesuai dengan yang dianjurkan pada buku pedoman sepeda motor. Sebab, jika tekanan angin pada ban kurang akan menyebabkan laju motor tidak seimbang.
  2. Periksa secara berkala kondisi ban secara keseluruhan dengan cara membuang benda-benda yang menempel pada alur ban (batu kerikil, paku, besi, dan sebagainya) karena dapat merusak alur ban. Jangan lupa untuk membersihkan ban yang terkena oli/gemuk dengan air agar tidak licin.
  3. Kalau ban sudah botak, segera ganti ban.
  4. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga cukup mempengaruhi kinerja ban pada motor. Kondisi jalan yang pada panas pada musim kemarau bisa membuat usia ban menjadi lebih pendek dibandingkan musim hujan.
  5. Sempurnakan cara berkendara motor. Pasalnya, cara berkendara yang serung melakukan pengereman mendadak juga mempengaruhi keawetan ban motor.

Tips Meninggalkan Motor dalam Waktu Lama

Sepeda motor yang tidak digunakan dalam waktu yang lama juga ternyata memerlukan perawatan, bukan berarti sepeda motor yang tidak dipakai ini bisa kamu biarkan begitu saja. Kalau kamu tidak melakukan perawatan pada sepeda motormu ini bisa jadi masalah besar saat kamu ingin menggunakannya kembali. Nah, begini tips untuk meninggalkan sepeda motor dalam waktu yang lama agar hati tetap tenang.

  • Bersihkan Sepeda Motor

Membersihkan sepeda motor sebelum ditinggalkan dalam waktu yang lama ini sangat penting untuk dilakukan, mencuci sepeda motor sampai bersih ini bisa menghindari karat di sepeda motormu.

  • Kosongkan Tangki

Sebaiknya kamu mengosongkan tangki bahan bakar sebelum meninggalkannya. Bahan bakar yang ada di dalam tangki dapat menguap dan memicu timbulnya karat.

  • Beri Alas

Posisikan sepeda motor dengan standar tengah, setelah itu beri alas pada bagian ban depan untuk menghindari ban kempes karena menempel langsung pada lantai. Selain itu, untuk kamu yang menggunakan cairan anti bocor, sebaiknya posisikan pentil ban ada di bagian atas agar cairan tidak menggumpal di pentil ban.

  • Ganti Oli

Gantilah oli yang lama dengan oli yang baru karena di dalam oli lama sudah banyak kotoran yang mungkin akan mengendap dan membuat karat. Jadi, kamu bisa mengganti oli yang baru dan panaskan sepeda motor agar mesin terlumasi sempurna.

  • Cabut Aki

Aki yang tidak dicabut bisa membuat aki soak karena terus mengalirkan listrik ke komponen sepeda motor, jadi sebaiknya kamu mencabut aki sebelum sepeda motor ditinggal dalam waktu lama.

Agar sepeda motor tidak rusak saat ingin digunakan kembali, sebaiknya kamu memperhatikan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat.

Source poto : www.ridergalau.com

 

 

Tips Menempelkan Action Cam di Motor untuk Rekam Perjalanan

Sekarang ini banyak biker yang menempelkan kamera action seperti action cam untuk merekam perjalanan mereka, terlebih saat sedang melakukan touring bersama komunitas sepeda motornya. Kamera action seperti ini memang punya ukuran yang kecil, jadi sangat mudah untuk dibawa dalam perjalanan kamu.

Biasanya biker menempelkan action cam di helm mereka agar lebih mudah saat merekam tanpa perlu dipegang. Tak cuma di helm, kamera aksi juga bisa kamu tempel di sepeda motormu dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini tips memilih posisi menempelkan action cam di sepeda motor untuk merekam perjalananmu.

  • Setang Motor

Kamu bisa menempelkan di setang sepeda motor untuk merekam perjalanmu dan mendapatkan rekaman rute atau lintasan yang kamu lalui. Kelebihannya yaitu posisi kamera yang lebih stabil dan lebih mudah untuk diubah pengaturannya, tetapi kekurangannya adalah ketika ada getaran akan mengganggu hasil rekaman.

  • Body Samping

Memasang action cam di body samping sepeda motor ini bisa membuat hasil rekaman yang keren terutama ketika kamu melewati jalan menikung. Kelebihannya adalah lebih stabil dan bisa menghasilkan rekaman yang keren. Lantaran kamera bisa diarahkan ke depan maupun belakang. Kekurangannya yaitu hanya bisa melihat dari satu sisi sepeda motor.

  • Belakang Motor

Menempelkan action cam pada bagian belakang motor ini akan merekam gerakan kamu sebagai pengendara saat melaju di jalan raya. Lokasi ini juga cukup stabil. Hanya saja jangkauan kamera tidak bisa lebih luas lagi karena terhalang tubuh pengendara.

Sebaiknya kamu menyesuaikan posisi action cam di sepeda motor ini dengan kebutuhanmu, kalau kamu punya lebih dari satu kamera aksi, kamu bisa memasangnya di beberapa tempat agar hasil rekamanmu lebih keren lagi.

Source Poto: goproessentials.com

Tips Membersihkan Sepatu Kulit Selepas Dipakai Riding

Sapatu jadi salah satu perlengkapan riding yang perlu kamu gunakan, terlebih saat kamu melakukan perjalanan jarak jauh. Sepatu kulit jadi item yang paling banyak dipilih bikers untuk menemani perjalanan mereka di atas sepeda motor. Sepatu kulit yang sudah dipakai untuk riding pasti akan terlihat kotor, tetapi kamu tidak boleh sembarangan membersihkannya agar sepatu kulit tetap awet. Berikut tips membersihkan sepatu kulit selepas dipakai riding.

  • Alat yang dibutuhkan:
  • Sikat
  • Kain Bersih
  • Sabun Pembersih Kulit
  • Semir Sepatu

Cara:

  • Bersihkan seluruh permukaan sepatu dari kotoran seperti debu dengan menggunakan sikat yang lembut. Hindari menyikat terlalu kencang karena bisa membuat permukaan sepatu kulitmu rusak.
  • Lepas tali sepatu dan cuci tali sepatu menggunakan sabun, melepas tali sepatu juga bisa menghindari tali terkena semir.
  • Basahkan kain bersih, lalu beri sabun pembersih kulit. Bersihkan seluruh permukaan kulit sepatu dengan menggunakan sabun ini, gosok perlahan sampai semua permukaan kamu bersihkan menggunakan sabun.
  • Bilas kembali sepatu dengan menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi. Jemur sepatu di tempat teduh, hindari menjemur sepatu di tempat yang panas karena bisa membuat permukaan kulit sepatu rusak.
  • Setelah sepatu kering, kamu bisa mengoleskan semir sepatu di atas permukaan kulit sepatu agar warna sepatu kulitmu semakin berkilau.

Membersihkan sepatu setelah melakukan riding perlu dilakukan untuk menjaga sepatu kulitmu tetap awet. Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan sepatu kulit dengan cara yang benar secara berkala.

Tips Melewati Genangan Air Saat Hujan

Genangan air menjadi masalah yang pasti dihadapi pengendara saat memasuki musim penghujan. Debit air hujan yang tinggi dan daya serap yang rendah membuat banyak genangan air timbul di permukaan jalan dan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara terutama roda dua. Namun tak perlu risau jika kamu terpaksa riding saat hujan, karena berikut ini ada tips melewati genangan air saat hujan agar sepeda motormu tidak mati mendadak dan akhirnya rusak.

  • Perhatikan Jalan

Ini sangat penting untuk kamu perhatikan terlebih saat kamu sering melewati jalur ini, hati-hati terhadap jalan yang berlubang atau adanya galian serta saluran air di sisi kanan atau kiri jalan. Karena saat ada genangan air di jalan, jalan berlubang, galian, dan saluran air ini tidak akan terlihat.

  • Atur Putaran Mesin

Saat berkendara di dalam genangan air, sebaiknya kamu mengatur putaran mesin. Putaran mesin yang tidak stabil seperti menggeber sepeda motor saat di dalam genangan air akan membuat air masuk ke dalam mesin dan sudah dapat dipastikan mesin sepeda motor akan mati.

  • Lihat Ketinggian Air

Kamu harus melihat ketinggian genangan air yang akan dilewati, pastikan ketinggian air tidak melebihi mesin sepeda motor. Karena jika air lebih tinggi dari mesin sepeda motor, besar kemungkinan air akan masuk ke dalam mesin sepeda motormu dan motor akan mengalami mogok.

  • Matikan Mesin

Jika ketinggian air tidak memungkinkan untuk dilewati dengan mesin sepeda motor menyala, kamu bisa mematikan mesin sepeda motor dan mendorong sepeda motor kamu sampai melewati genangan air. Jangan lupa tutup lubang yang ada di sepeda motor seperti filter udara dan knalpot agar air tidak masuk ke dalam. Setelah berhasil melewati genangan air, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin sepeda motor. Kamu bisa menunggu sampai sepeda motor sedikit kering dan cek juga komponen penting yang berfungsi untuk proses pembakaran di dalam mesin seperti busi.

Riding saat hujan memang membutuhkan perhatian khusus, tetapi dengan cara berkendara yang tepat akan membuat kamu tetap aman dan nyaman selama berkendara.

Sumber poto: www.mimbar-rakyat.com

Tips Melepas Decal Motor Tanpa Merusak Cat Body

Hampir semua sepeda motor dilengkapi decal untuk membuat penampilan sepeda motor semakin menarik, tetapi tak sedikit orang yang menyukai body sepeda motor polos merasa terganggu dengan adanya decal di sepeda motor ini dan ingin sekali melepasnya. Melepas decal dari sepeda motor memang tidak mudah, kalau dilakukan dengan cara yang salah, bukan hanya decal yang akan lepas tetapi cat body sepeda motormu juga akan rusak.

Walaupun berisiko, melepas decal sendiri dengan cara yang benar pastinya tidak akan merusak cat body sepeda motormu. Berikut ini tips melepas decal tanpa merusak cat body. Pertama, kamu harus mempersiapkan alat dan bahan:

  • Pengencer pernis
  • Hairdryer
  • Silet
  • Lap bersih

Caranya:

  • Buka bagian sepeda motor yang terdapat decal dan ingin kamu lepas
  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memlepaskan decal dari body sepeda motor
  • Lalu, mulailah dengan menyalakan hairdryer setelah itu panaskan bagian decal yang ingin kamu lepas sampai decal terlihat sedikit terangkat, gunakan hairdryer dengan tingkatan panas sedang agar cat dan decal tidak meleleh
  • Mulailah menarik decal dengan lembut jangan sampai decal terpotong karena decal yang terpotong akan menyulitkan kamu untuk melepasnya
  • Kalau menggunakan hairdryer tidak berhasil melepas decal sepeda motormu, kamu bisa menggunakan pengencer pernis
  • Semprotkan pengencer pernis di atas decal, panaskan sedikit dibagian ujungnya dengan menggunakan hairdryer dan angkat sedikit bagian depannya menggunakan silet, lalu tarik perlahan sampai decal terlepas
  • Bersihkan sisa-sisa kotoran dengan menggunakan lap bersih yang lembut
  • Pasang kembali bagian sepeda motor yang dilepas tadi, dan sepeda motor sudah bebas dari decal tanpa merusak cat body

Walaupun melepas decal dari body sepeda motor terdengar mudah, kenyataannya kamu akan merusak cat apabila dilakukan dengan cara yang salah. Untuk itu, lepas decal dengan cara yang benar dan kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber poto: alibaba.com

Tips Aman Berbelanja Apparel Secara Online

Apparel seperti jaket jadi perlengkapan penting yang wajib digunakan biker saat berkendara, bukan hanya untuk style berkendara, jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari terpaan angin. Mengikuti perkembangan zaman, jaket saat ini banyak dijual di toko-toko online. Berbelanja online ini memang bisa memudahkan kamu membeli tanpa harus pergi langsung ke toko, tetapi belanja online ini juga tinggi risiko seperti penipuan atau barang yang dibeli tidak sesuai. Nah, berikut ini tips berbelanja appparel secara online agar tetap aman.

  • Pilih Toko Terpercaya

Pilihlah toko yang terpercaya, kamu bisa lihat dari seberapa banyak komentar orang-orang terhadap produk yang mau kamu beli di toko tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu tentang toko tersebut melalui situs pencarian online.

  • Baca Deskripsi Produk

Penting untuk membaca deskripsi produk sebelum kamu memutuskan untuk membeli, kamu bisa melihat bahan, ukuran, dan warna yang tersedia dari produk tersebut. Jangan sampai kamu melakukan protes karena barang yang sampai tidak sesuai dengan keinginan kamu.

  • Perhatikan Harga

Ada harga ada barang, mungkin istilah ini bisa kamu pertimbangkan. Jangan pernah membeli barang karena harganya murah dibandingkan toko yang lain karena bisa saja kedua barang tersebut memiliki kualitas yang berbeda. Carilah toko yang menjual barang dengan harga tidak jauh berbeda dengan harga di toko offline.

  • Memilih Cara Pembayaran

Banyak cara pembayaran yang dapat kamu pilih saat berbelanja online seperti transfer bank, kartu kredit, bahkan Cash on Delivery (COD). Kamu bisa memilih metode pembayaran yang paling nyaman dan dapat kamu percaya.

  • Simpan Bukti Belanja

Kamu bisa simpan bukti belanja ini agar kamu terhindar dari penipuan apabila barang yang kamu terima tidak sesuai dengan apa yang kamu pesan.

Walaupun memiliki risiko, berbelanja apparel secara online bisa memudahkan kamu dalam bertransaksi. Kamu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman di toko online asalkan kamu berhati-hati dan lebih teliti sebelum berbelanja.

Mengembalikan Kilap Mika Lampu Pakai Odol

Manjaga kebersihan sepeda motor sangat penting untuk kamu lakukan, bukan hanya untuk menjaga penampilan sepeda motormu, tapi juga untuk menjaga semua komponen bekerja dengan baik sehingga performa sepeda motor tetap maksimal. Tak hanya mesin, lampu sepeda motor juga perlu kamu lakukan perawatan sebab lampu sepeda motor yang kotor tentu akan mengganggu peneranganmu saat berkendara di malam hari.

Jadi sangat penting menjaga kebersihan kebersihan lampu sepeda motor terutama mikanya, mika yang buram akan membuat pancaran lampu lebih redup. Mika sepeda motor yang buram ini bisa disebabkan beberapa hal, seperti usia pemakaian yang terlalu lama dan akibat perubahan cuaca. Tetapi kamu tak perlu khawatir dan terburu-buru mengganti mika lampu ketika mika sudah terlihat buram karena kamu dapat mencoba membersihkannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat serta bahan yang sangat sederhana.

Bahan dan alat yang harus kamu siapkan:

  • Pasta gigi dengan merk apa saja tetapi jangan yang berbentuk gel
  • Lap yang berserat lembut

Caranya:

  • Pertama-tama, oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan mika lampu sepeda motormu, lalu diamkan beberapa saat sampai setengah kering
  • Kemudian, bersihkan dengan menggunakan lap yang berserat lembut dengan gerakan lap memutar secara merata sampai kilap mika lampu sepeda motormu kembali terlihat
  • Kalau belum terlihat sempurna, kamu bisa mengulangi langkah yang sama dan mika lampu sepeda motor akan kembali mengkilap

Mudah bukan? Jadi kamu tak perlu buru-buru mengganti mika lampu sepeda motor ketika sudah mulai terlihat kusam. Kamu bisa melakukan cara mudah ini untuk kembalikan kilap mikanya, selain itu cara ini juga bisa membuat kamu lebih menghemat pengeluaran karena kamu bisa mengerjakannya sendiri. Selamat mencoba.

Gara-gara Ini Cat Motor Bisa Rusak

Motor Yamaha kesayangan pasti bakal tambah ciamik kalau performa mesin terjaga, serta tampilannya juga menawan. Enak banget memandangi motor lepas menyeduh kopi di pagi hari sebelum berangkat beraktivitas. Coba kalau motornya kotor bin dekil, pasti melototinnya juga ogah. Katanya sih kebersihan motor mencerminkan penggunanya juga lho.

Tapi jangan sembarangan membersihkan motor ya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar cat motor nggak gampang rusak.

  • Pencucian

Kalau mencuci motornya melewati proses yang kurang baik, cat motor Yamaha kamu bisa mudah rusak. Misalnya memakai sabun colek atau deterjen. Soalnya sabun colek dan deterjen punya kandungan zat kimia yang keras dan bisa merusak kualitas cat motor kita. 

  • Pengeringan

Kalau mengeringkan motor lepas dicuci tidak benar bakal meninggalkan bercak air di bodi motor. Kalau didiamkan, bercak akan menjadi jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Jadi pastikan mengeringkan hingga ke celah-celah dengan menggunakan kanebo atau kain microfiber.

  • Stiker

Bosan dengan tampilan motor Yamaha kesayangan? Biasanya langsung dipasangin stiker kan? Hati-hati lho. Soalnya itu juga berpengaruh terhadap kualitas cat motor. Waktu stiker dicabut atau terlepas, lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas. Selain itu, bekasnya pun akan membuat motor tidak enak dipandang.

  • Tempat parkir

Seperti kebanyakan tips menjaga kualitas cat pada motor lainnya, upayakan untuk tidak menaruh/memarkirkan motor di tempat yang langsung terkena sorot sinar matahari, air hujan, dan embun. Pasalnya hal itu dapat membuat kualitas cat pada motor menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencari tempat parkir yang teduh/tertutup atau bisa jadi dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

  • Penggunaan Cairan

Upayakan untuk jangan terlalu sering menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan bodi motor. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

Daftar Wisata Kuliner di Bandung Sebagai Destinasi Touring

Kamu lagi touring bareng teman-teman komunitas motor Yamaha ke Kota Kembang? Usah risau nggak tahu tujuan. Soalnya di Bandung banyak banget destinasi wisata yang bisa kamu datangi. Nggak hanya wisata, di Paris van Java juga bertebaran lokasi-lokasi kuliner dengan beragam menu makanan yang pastinya enak dan nikmat. Nah berikut ini daftar tempat wisata kuliner di Bandung yang lagi hits dan patut kamu coba.

  • Yoghurt Cisangkuy
Yoghurt-Cisangkuy-Bandung

Sumber : tempatwisatadibandung.info

Yoghurt yang sudah ada sejak tahun 1976 ini memang hits sekali di Kota Kembang. Pasalnya, yoghurt yang dijual di tempat ini berbeda dari yoghurt pada umumnya. Yoghurt identik dengan citarasa asamnya, tetapi yoghurt cisangkuy ini punya citarasa manis dan segar. Kamu juga bisa pilih campuran dari yoghurtmu seperti coklat, anggur, stroberi, dan leci dengan potongan buah segar.

  • Nasi Kalong
nasi-kalong_20170817_232814

Sumber : jabar.tribunnews.com

Hidangan nasi unik ini mulai beroperasi di atas jam 7 malam, tetapi bukan karena jam operasionalnya yang membuat nama makanan ini disebut nasi kalong. Nasi ini disebut nasi kalong karena punya tampilan warna nasi yang hitam seperti badan kalong atau kelelawar. Tempat yang hits ini selalu ramai pengunjung dan kamu harus antri untuk menikmatinya. Siap mencoba kelezatan nasi kalong yang hits di Kota Bandung?

  • Warung Misbar
Fasilitas-warung-misbar-bandung-1

Sumber: tempatwisatadibandung.info

Misbar? Gerimis Bubar? Istilah ini memang sering dipakai untuk menonton film di lapangan menggunakan layar lebar. Dan Cafe ini memang menyajikan layar tancap di dalamnya. Cafe yang didesain seperti bioskop ini menyajikan makanan yang lezat dengan harga cukup terjangkau. Jadi, tak heran kalau cafe ini selalu dipenuhi pengunjung yang ingin menikmati sajian khas warung misbar ditemani tayangan film lawas seperti warkop DKI.

  • Warung Sitinggil
sitinggil

Sumber : www.tindaktandukarsitek.com

Mau mencoba makan di atas ketinggian Kota Bandung? Kamu bisa coba tempat hits yang ada di Jalan Dago ini. Warung bertema etnik ini menyajikan makanan lezat dengan suasana pegunungan yang asri sambil ditemani suara hewan-hewan hutan. Tapi, kamu tak akan menemukan jaringan sinyal di tempat ini karena memang belum dijangkau.

  • The Peak
peak

Sumber: www.thepeakresortdining.com

Satu lagi tempat hits di Bandung yang menyajikan pemandangan indah, The Peak ini sangat cocok untuk kamu kunjungi di malam hari karena kamu bisa melihat keindahan suasana malam Kota Bandung yang dipenuhi lampu.

Bagi kamu yang sedang berada di kawasan Bandung, tak ada salahnya menyempatkan waktu mencicipi kuliner khas dari tempat-tempat hits di atas yang sayang sekali untuk dilewatkan.