Tips Jitu dalam Memilih Kaca Spion Modifikasi

Keberadaan kaca spion pada sebuah motor nggak bisa dianggap sepele. Komponen ini berfungsi membantu kita memonitor kondisi lalu lintas dari arah belakang. Sangat disayangkan apabila ada pengguna motor yang melepas begitu saja kaca spion bawaan pabrik. Berkendara tanpa kaca spion jelas sangat berbahaya. Jadi jangan ditiru ya.

Pemilik motor sah-sah saja jika ingin mengganti kaca spion bawaan pabrik dengan komponen aftermarket. Hal ini bisa dipahami karena spion orisinil kerap dinilai terlalu besar dan bentuknya yang begitu-begitu saja. Namun, semua itu bukan tanpa alasan. Ukuran dan bentuk kaca spion orisinil sudah diperhitungkan guna memberikan visibilitas maksimal ke arah belakang.

Tapi kalau kalian ngotot ingin mengganti kaca spion, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Pilih produk yang sudah teruji

Memilih kaca spion aftermarket itu gampang-gampang susah. Terkadang ada yang modelnya bagus, namun setelah dipasang ternyata bergetar saat dipakai sehingga kita sulit melihat objek yang tercermin. Masalah lainnya, terkadang kaca spion aftermarket yang berukuran kecil nggak bisa memberi pandangan ke belakang secara ideal. Pandangan yang kita peroleh hanya tangan atau bahu kita sendiri. Duh, jadi percuma deh fungsi spionnya.

Untuk mendapatkan kaca spion yang ideal terkadang kita memang harus melewati percobaan berkali-kali. Namun, kalian juga bisa mencari referensi ke berbagai sumber informasi mengenai jenis kaca spion aftermarket yang diminati. Biar nggak nyesal beli.

Jangan salah pilih model

Kebanyakan motor menggunakan kaca spion yang ditempatkan di bagian atas setang. Namun, setiap pabrikan memiliki jenis lubang baut spion yang berbeda-beda. Jadi bila kamu hendak memilih spion aftermarket, maka pastikan kalian membeli produk yang sesuai untuk motor Yamaha.

Selain jenis spion seperti di atas, ada pula yang namanya spion bar end. Untuk yang jenis ini sifatnya lebih universal alias bisa dipakai untuk jenis motor apapun. Spion bar end memang membuat penampilan motor terlihat unik. Hal yang perlu disadari artinya lebar setang bertambah. Jadi kamu perlu menyesuaikan diri ketika mengemudi.

Itu dia beberapa tips yang perlu kamu perhatikan kalau mau memilih spion aftermarket. Tapi sarannya sih, lebih baik gunakan saja spion orisinil pabrikan biar selalu aman berkendara.

Simak Perbedaan Flat Visor dan Visor Cembung di Helm

Istilah flat visor kini banyak kita dengar di kalangan penggemar helm atau yang akrab disebut helmet lovers. Namun bagi yang awam mungkin masih bertanya-tanya mengenai kegunaannya. Untuk itu kali ini bakal membahas apa itu flat visor, kelebihannya, dan apa sebenarnya yang membedakan flat visor dengan visor cembung.

Bisa dibilang popularitas flat visor tak lepas dari pengaruh dunia balap. Karena flat visor awalnya hanya menempel di helm-helm yang digunakan para pembalap profesional. Sesuai namanya, flat visor berarti visor helm dengan permukaan yang rata. Hal ini berbeda dengan kebanyakan kaca helm yang digunakan untuk harian dengan bentuk cembungnya.

Mengenai fungsi, sebenarnya nggak ada perbedaan yang signifikan. Keduanya difungsikan untuk menghalangi benda-benda asing mengenai wajah rider ketika berkendara. Sekaligus, sebagai “jendela” penglihatan kita ke jalan raya. Namun, flat visor memiliki keuntungan ekstra karena memungkinan penggunaan tear off dan Pinlock.

Wah, istilah apa lagi tuh? Tenang, kita bahas satu per satu. Prinsip kerja tear off cukup sederhana. Bisa dibilang sebagai pelindung visor itu sendiri. Bentuknya berupa lapisan kaca film bening yang merekat di permukaan depan helm. Pembalap bisa melepasnya ketika dirasa sudah banyak kotoran yang menempel di visor. Begitu dilepas, cling, visibilitas jadi jernih kembali.

Nah, sekarang giliran kita membahas Pinlock. Komponen yang satu ini nggak ada hubungannya sama sekali dengan sistem penguncian helm atau semacamnya. Banyak orang menyangka demikian karena namanya, Pin(lock) yang bisa saja diartikan sebagai kunci pin. Tapi itu salah, ya, teman-teman. Satu hal lagi yang pelu diketahui bahwa Pinlock merupakan sebuah nama merek.

Lebih tepatnya merek anti-fog atau anti embun untuk visor helm. Bentuknya semacam lapisan bening yang juga ditempelkan pada visor helm. Biasanya, flat visor yang dijual di pasaran teradapat tulisan “Pinlock Ready” yang artinya visor tersbut sudah siap dipasang komponen ini.

Pinlock akan sangat bermanfaat ketika kalian berkendara di daerah dingin. Pada kondisi tersebut biasanya timbul embun di kaca helm. Gampangnya, untuk mengusir embut tersebut kita bisa membuka visor. Namun hal tersebut nggak disarankan karena akan mengganggu pengalaman berkendara kalian.

Sampai di sini sudah jelas bahwa flat visor memiliki lebih banyak keunggulan. Minat? Jangan lupa bahwa harga flat visor bisa dipastikan lebih mahal dibanding visor cembung.

Hindari Sandal saat Berkendara dengan Sepeda Motor

Perlengkapan safety riding memang harus kamu gunakan, karena ini menjadi standar untuk menjaga keamanan serta kenyamanan kamu saat berkendara di jalan raya. Helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu sebagai alas kaki menjadi perlengkapan wajib yang harus kamu pakai. Sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan perlengkapan safety riding ini, seperti tidak menggunakan alas kaki yang benar. Tak sedikit dari mereka pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan sepatu dan masih menggunakan sandal sebagai alas kakinya.

Padahal sepatu ini berfungsi untuk melindungi kaki kamu lebih maksimal, sebab kaki menjadi tumpuan untuk menopang sepeda motor saat di jalan raya dan karena itu kaki menjadi organ penting yang rawan cidera. Menggunakan sandal saat berkendara dengan sepeda motor ini sangat tidak disarankan karena sandal tidak bisa melindungi kakimu secara keseluruhan mulai dari tumit sampai ujung jari terlebih saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Tetapi di musim hujan seperti sekarang ini, banyak sekali pengendara sepeda motor yang mengganti sepatu mereka dengan sandal saat turun hujan. Walaupun sandal lebih tahan air dibandingkan dengan sepatu, tetapi lebih baik kamu menghindari untuk melakukan hal ini karena kaki kamu rentan terkena kuman saat kaki turun dan terkena genangan air. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan sarung sepatu yang bisa melindungi sepatumu dari air hujan, atau menggunakan sepatu boots berbahan karet.

Sebenarnya sekarang ini tidak ada larangan untuk menggunakan sandal saat berkendara dengan sepeda motor. Tetapi mengingat risiko yang tinggi saat berkendara dengan sepeda motor, rasanya kamu perlu melakukan pencegahan untuk meminimalisir kemungkinan cidera kaki saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk menggunakan perlengkapan safety riding saat kamu berkendara di jalan raya agar kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan juga aman.

Berkacamata? Ini Cara Agar Kamu Tidak Kesulitan Berkendara saat Hujan

Berkendara di jalan raya ini membutuhkan konsentrasi terlebih saat sedang turun hujan, jangan sampai kamu kehilangan fokus karena bisa membahayakan dirimu sendiri dan pengguna jalan lainnya. Air hujan yang turun terkadang bisa menghalangi penglihatanmu, terlebih untuk kamu yang menggunakan kacamata. Tak jarang air hujan menempel di lensa kacamatamu dan menimbulkan embun yang membuat pandanganmu semakin terbatas. Menutup visor helm juga malah menambah buruk jarak pandang karena air banyak yang menempel di bagian visor ini. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kesulitanmu yang berkacamata saat berkendara dalam kondisi hujan:

  • Memakai Cairan Anti Fog

Kamu bisa pakai cairan ini untuk membuat air tidak menempel di visor helm dan visor juga terbebas dari embun, jadi kamu bisa menutup visor helm selama di perjalanan saat kondisi hujan agar pandanganmu bisa menjadi lebih jelas karena kamu tetap bisa menggunakan kacamata dan lensa kacamata juga terlindung oleh visor helm.

  • Siapkan Lap/ Kanebo

Kamu juga bisa menyediakan lap seperti kanebo atau tisu untuk membantu mengelap lensa kacamatamu agar terbebas dari bulir-bulir air yang menempel di lensa kacamata. Tetapi kamu harus memilih lap yang berbahan lembut dan hanya kamu gunakan untuk mengelap lensa kacamatamu agar lensa terhindar dari baret.

  • Hindari Penggunaan Masker

Mungkin kamu terbiasa untuk menggunakan masker saat berkendara dengan sepeda motor, tetapi usahakan untuk tidak menggunakannya ketika kamu menggunakan kacamata dan berkendara saat kondisi sedang hujan. Masker ini bisa menghalangi pandanganmu karena udara yang keluar dari hidungmu saat bernapas itu bisa membuat lensa kacamata berembun.

Sekarang kamu yang menggunakan kacamata tak perlu khawatir lagi untuk berkendara saat kondisi hujan, karena kamu tetap bisa nyaman berkendara dengan melakukan cara-cara di atas.

Helm Full Face untuk Kamu yang Berkacamata

Selain jaket, sarung tangan, dan sepatu, helm juga menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang wajib untuk kamu gunakan saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Helm bisa melindungi kepala kamu dari cidera saat terjadinya kecelakaan, makanya kamu wajib menggunakannya walaupun hanya berkendara dalam jarak dekat, tak terkecuali untuk kamu yang memakai kacamata.

Bagi kamu yang menggunakan kacamata memang tak jarang bagian atas telingamu terasa sakit saat memakai helm, tetapi kamu harus tetap menggunakan helm karena ini menjadi salah satu standar keamanan untuk berkendara. Lalu helm apa yang sebaiknya dipakai untuk kamu yang berkacamata? Sebenarnya helm full face menjadi pilihan terbaik untuk digunakan biker yang tidak berkacamata ataupun untuk kamu yang berkacamata. Helm full face bisa melindungi kepala kamu lebih maksimal dibandingkan dengan jenis helm lainnya, tetapi bagaimana caranya biar kamu yang berkacamata juga tetap merasa nyaman saat memakai helm full face ini?

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah ukuran helm yang pas, pilihlah ukuran helm yang sesuai dengan lingkar kepalamu. Jangan ragu untuk mencoba langsung helm yang akan kamu beli, karena biasanya merek yang berbeda juga memiliki ukuran yang berbeda pula. Selain itu sesuaikan ukuran busa di dalam helm atau pad, pastikan kamu nyaman memakai helmnya walau menggunakan kacamata.

Sebaiknya hindari memilih helm double visor karena fitur ini bisa menghalangi kacamatamu, kecuali helm yang ingin kamu beli memiliki visor ganda yang ada di bagian luar sehingga kamu tetap bisa menggunakan kacamata tanpa takut terganjal visor. Jangan lupa juga untuk memilih kacamata yang memiliki frame lentur agar  kacamatamu tidak mudah patah saat digunakan dan kamu juga merasa lebih nyaman.

Cara Hadapi Angin Kencang saat Berkendara dengan Sepeda Motor

Saat musim hujan seperti ini, bukan hanya air hujan dan genangan yang harus kamu pikirkan tetapi juga angin kencang yang sering terjadi pada saat hujan deras. Angin kencang bisa membuat kamu kehilangan keseimbangan, terlebih saat kamu berada di jembatan layang. Tapi kamu tak perlu panik kalau ada di situasi seperti ini, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi angin kencang saat berkendara dengan sepeda motor:

  • Perhatikan Arah Angin

Saat kamu merasakan angin kencang, sebaiknya perhatikan arah datangnya angin. Kamu juga bisa melihat arah datangnya angin dari pepohonan, setelah itu atur kecepatan laju sepeda motormu agar kamu tidak terjatuh karena dorongan angin kencang.

  • Lihat Kecepatan Angin

Setelah kamu tahu dari mana arah datangnya angin kencang, kamu bisa melihat kecepatan anginnya. Kalau sekiranya kamu masih bisa menahan angin dengan mengurangi kecepatan sepeda motormu, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan. Tetapi kalau kamu melihat kecepatan angin sangat tinggi, sebaiknya kamu segera menepi dan mencari tempat yang aman.

  • Cari Tempat Berlindung

Saat kamu memilih untuk menepi, usahakan mencari tempat berlindung yang aman. Jangan berlindung di bawah pohon karena rentan tumbang, carilah bangunan permanen yang kuat untuk menahan tekanan angin kencang. Usahakan untuk berlindung sampai angin kencang benar-benar hilang dan kondisi cuaca sudah kembali aman.

Saat ada angin kencang, usahakan untuk meminimalisir kegiatan di luar ruangan karena sangat berbahaya. Kalau kamu masih berada di dalam ruangan dan melihat hujan turun dibarengi dengan tiupan angin yang kencang, sebaiknya kamu tetap menunggu sampai angin kencang benar-benar hilang agar tidak memicu terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan

Panduan Memilih Jas Hujan Terbaik untuk Pengguna Sepeda Motor

Sepeda motor menjadi alat transportasi andalan karena bisa membantu kamu sampai ke tempat tujuan lebih cepat walau dalam kondisi jalanan macet. Tetapi saat memasuki musim penghujan, semua pengendara sepeda motor harus lebih waspada karena jalanan menjadi lebih licin dan tak jarang menimbulkan banyak genangan. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan jas hujan untuk melindungi tubuh dan pakaian yang kamu pakai agar tidak basah terkena air hujan.

Memilih jas hujan ini juga tidak bisa sembarangan, jangan sampai kamu salah memilih jas hujan yang akhirnya akan merugikan diri kamu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa panduan yang bisa kamu gunakan untuk memilih jas hujan terbaik saat berkendara di musim hujan:

  • Bahan

Pertama kamu harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat jas hujan. Ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat jas hujan, seperti bahan taslan, karet, dan plastik. Kesemua bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah jas hujan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Model

Jas hujan yang banyak dijual sekarang ini ada dua jenis, yang pertama jas hujan one piece atau kelelawar dan yang kedua adalah jas hujan two piece atau setelan. Jas hujan one piece ini sangat tidak disarankan untuk kamu gunakan saat berkendara karena jas hujan kelelawar ini akan menjuntai ke belakang atau ke samping yang sangat berbahaya untuk keselamatan. Sebaiknya kamu memilih jas hujan two piece yang lebih aman serta nyaman untuk digunakan karena jas hujan ini akan lebih maksimal melindung tubuh dari air hujan.

  • Warna

Air hujan yang turun dari langit akan mengganggu jarak pandangmu, terlebih saat hujan yang turun sangat lebat. Untuk itu, demi keamanan berkendara di jalan raya sebaiknya kamu pilih jas hujan dengan warna terang. Warna terang ini bisa membuat kamu lebih terlihat oleh pengendara lain, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Pilihlah jas hujan yang sesuai dengan ukuran tubuhmu, jas hujan yang kekecilan atau kebesaran akan membuat kamu tidak nyaman saat menggunakanannya.

Cara Menjaga Performa Sepeda Motor setelah Terkena Genangan

Memasuki musim penghujan memang banyak sekali ditemukan genangan air karena tidak bisa terserapnya air hujan ke dalam tanah. Genangan air ini tentunya cukup mengganggu terutama bagi kamu yang menggunakan kendaraan bermotor. Tak hanya kendaraan roda empat, genangan air ini juga sangat mengganggu kamu yang mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Tak jarang genangan air ini membuat sepeda motor mogok dan menimbulkan kerusakan lainnya yang akan mengganggu performa sepeda motormu. Makanya sebisa mungkin kamu menghindari jalanan yang terdapat genangan air, tapi bagaimana kalau kamu terpaksa melewatinya? Tak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan beberapa cara ini agar performa sepeda motormu tetap maksimal.

  • Bersihkan Sepeda Motor

Kalau sepeda motormu terpaksa masuk ke dalam genangan air di jalan raya, sebaiknya kamu segera membersihkan sepeda motor karena kotoran dari air genangan ini bisa menimbulkan karat di sepeda motor kalau dibiarkan terlalu lama. Siram sepeda motor dengan menggunakan air bertekanan tinggi agar kotoran yang menempel bisa lepas dari komponen sepeda motormu, setelah itu bersihkan menggunakan sabun agar sisa lumpurnya hilang.

  • Periksa Kondisi Sepeda Motor

Setelah kamu membersihkan sepeda motor, selanjutnya kamu bisa periksa kondisi komponen penting di sepeda motor seperti busi, rem, ban, dan filter udara. Pastikan komponen ini bisa berfungsi dengan baik, agar kamu tetap aman saat berkendara. Kamu bisa mengecek busi, keringkan busi agar proses pengapian tetap lancar. Pastikan juga rem depan dan rem belakang sepeda motormu berfungsi maksimal, periksa tekanan angin pada kedua ban dan pastikan sesuai dengan tekanan ban yang aman. Terakhir kamu bisa mengecek filter udara, karena komponen ini sangat rentan dimasuki air saat kamu melalui genangan.

  • Ganti Oli

Setelah kamu cek semua fungsi komponen sepeda motormu, selanjutnya kamu bisa mengganti oli di sepeda motormu. Mengganti oli ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan kalau oli di sepeda motormu sudah bercampur dengan air. Pastikan semua oli yang ada di sepeda motormu sudah dikeluarkan sampai bersih agar tidak ada sisa air yang bisa memicu timbulnya karat.

Jangan malas untuk mengecek sepeda motormu setelah terkena genangan air, karena genangan air itu biasanya mengandung kotoran yang bisa merusak sepeda motormu kalau dibiarkan terlalu lama.

Cara Merawat Sarung Tangan Riding Berbahan Kulit Biar Awet

Bicara sarung tangan motor, di pasaran kita akan menemukan produk yang terbuat dari bahan kulit. Sebagian menggunakan kulit imitasi, namun ada juga yang menggunakan kulit berkualitas. Untuk pilihan yang kedua ini biasanya datang dari merek yang sudah dipercaya dan memiliki harga cukup tinggi.

Bila kalian memiliki produk seperti ini, maka sudah sepatutnya melakukan perawatan agar kondisi sarung tangan kulit milik kalian awet. Perawatan sarung tangan kulit sangat dibutuhkan karena banyak kotoran yang bisa menempel seiring dengan usia pemakaiannya.

Hal dasar dari merawat sarung tangan kulit adalah mengetahui cara benar untuk mencucinya. Nggak jarang pemilik sarung tangan mencuci miliknya menggunakan mesin cuci selayaknya pakaian yang lainnya. Padahal, cara tersebut nggak disarankan karena bisa bikin rusak kondisi kulitnya.

Cara benar mencuci sarung tangan kulit

Cara benar mencuci sarung tangan kulit adalah hanya menggunakan air bersih, tanpa deterjen. Kalian perlu membersihkannya secara menual. Yaitu dengan menguceknya perlahan hingga kotoran-kotoran yang menempel hilang.

Usai dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya. Seperti barang dengan bahan kulit lainnya, sarung tangan yang menggunakan kulit asli sangat sensitif terhadap sinar matahari. Maka kalian nggak perlu menjemurnya di bawah sorotan sinar matahari langsung biar kulitnya nggak pecah-pecah. Saat kering, kondisi kulit mungkin saja tetap agak kaku, namun pastinya nggak sekaku bila dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Seiring dengan pemakaian, kondisinya bisa kembali lagi menjadi lentur. Hanya saja ada perawatan ekstra yang perlu dilakukan bila kalian ingin kondisi kulitnya selalu lentur dan nggak pecah-pecah. Caranya dengan mengoleskan produk pelembab khusus bahan kulit yang bisa kalian dapat di toko-toko barang berbahan kulit.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk merawat sarung tangan motor berbahan kulit. Sarung tangan jenis ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya daya lindung yang cukup baik bagi tangan ketika harus bersentuhan dengan aspal. Selain itu sarung tangan kulit juga kerap dipilih karena faktor penampilan.

Memilih Celana Jeans yang Cocok untuk Dipakai Riding

Siapa yang nggak tahu celana jeans? Jenis pakaian yang satu ini sangat populer dan kerap menjadi pilihan utama ketika kita hendak berpergian. Buat anak motor, celana jeans juga sering dipilih sebagai pakaian ketika kita hendak menikmati waktu di atas kendaraan roda dua kesayangan.

Namun demikian, nggak semua celana jeans cocok untuk dipakai naik motor lho. Kamu harus benar-benar memilih jenis celana jeans yang tepat biar nyaman dipakai berkendara, apalagi dalam waktu yang cukup lama.

Memang, ada beberapa produsen perlengkapan berkendara yang juga memproduksi celana jeans. Untuk riding, sebisa mungkin pilih jenis produk yang satu ini karena ada banyak keunggulannya. Mulai dari adanya padding atau pelindung di beberapa bagiannya hingga bahannya yang juga didesain mampu menahan gesekan yang terjadi seandainya kita mengalami insiden di atas aspal.

Sayangnya celana jeans seperti ini punya harga yang relatif mahal dan tak bisa didapat di sembarang tempat. Makanya, nggak ada salahnya kalau kita tetap ingin menggunakan celana jeans biasa tapi ada syaratanya lho. Nah, inilah beberapa tips memilih celana jeans yang cocok untuk dipakai naik motor.

1/ Hindari model ketat

Celana jeans tipe slimfit memang terlihat trendi dan bisa mendongkrak penamapilan kamu secara keseluruhan. Namun demikian, potongannya yang ngepas dengan bentuk kaki mungkin saja membawa rasa nggak nyaman untuk dipakai naik motor. Khususnya pada bagian lutut. Memaksakan untuk menggunakan celana jeans model seperti ini untuk berkendara dalam waktu yang lama dijamin bikin kaki terasa pegal-pegal.

2/ Cari yang bahannya berkualitas

Yang dimaksud berkulitas dalam hal ini ialah celana jeans yang tebal sehingga bisa memberikan perlindungan. Bahan demin celana jeans memiliki ukuran tertentu untuk menentukan ketebalannya. Misalnya, bahan demin 12 oz tergolong ringan dan tipis, sedangkan 16 oz termasuk denim yang tebal, namun juga berat. Di antara kedua angka tersebut termasuk denim yang sedang.

3/ Pilih yang simpel

Sebisa mungkin hindari memilih celana jeans yang memiliki terlalu banyak ornamen, seperti kancing berlebihan. Alasan utamanya, ornamen-ornamen tersebut apalagi yang terbuat dari bahan logam berpotensi menggores bodi motor atau merusak jok motor kalian.

Itu dia beberapa tips memilih celana jeans yang cocok untuk naik motor. Jangan salah pilih ya.