5 Kiat Perawatan Motor Yamaha yang Tepat

Perawatan motor yamaha yang tepat. Memiliki motor yang diharapkan memang akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Apalagi bila motor yang Anda miliki berasal dari pabrikan ternama seperti yamaha, maka akan semakin membanggakan. Supaya Anda tetap selalu bangga dengan motor yamaha kesayangan, tentu harus ada usaha yang perlu dilakukan. Salah satu usaha penting yang harus Anda lakukan untuk membuat motor yamaha kesayangan tetap membanggakan adalah dengan rajin melakukan perawatan. Layaknya tubuh kita, motor juga memang harus dirawat agar awet dan selalu menghadirkan performa maksimal. Nah berikut beberapa kiat perawatan motor yamaha yang tepat dilakukan.

  1. Ganti Oli Secara Rutin

yamalube-super-sport-768x512

Pertama, kiat perawatan motor yamaha yang tepat adalah dengan mengganti oli secara rutin. Oli memang sangat penting untuk melumasi mesin agar tetap bekerja maksimal. Jika oli dalam mesin motor habis dan kering, hal ini akan membuat mesin tidak bisa bekerja optimal. Tidak hanya itu, oli yang habis dan kering dapat membuat kerusakan pada motor. Jadi pastikan Anda rutin untuk selalu mengganti oli ini. Biasanya oli mesin ini perlu diganti ketika motor telah melakukan perjalanan sejauh 2000-3000 km.

  1. Ganti Spare Part yang Sudah Aus dengan yang ORI

Yamaha+Genuine+Parts+main

Beberapa komponen motor memang lambat laun akan mengalami aus atau kerusakan seiring dengan pemakaian. Nah dari sinilah Anda yang sudah memiliki motor dalam waktu lama dan mendapati beberapa komponennya yang aus, maka Anda harus segera menggantinya. Sebab, komponen motor aus yang tidak diganti bisa membuat motor tidak bisa bekerja maksimal serta dapat pula menimbulkan risiko fatal. Tapi ingat untuk mengganti komponen motor yang aus ini pastikan Anda memilih spare part yang orisinil (ORI). Sebab penggunaan spare part abal-abal sama buruknya dengan tidak mengganti komponen motor yang aus tadi.

  1. Service ke Bengkel Resmi Secara Berkala

IG-BDG3

Berikutnya, kiat perawatan motor yamaha yang tepat adalah rutin ke bengkel resmi untuk melakukan service motor. Bila Anda merasa kurang mumpuni dalam perawatan, maka Anda bisa datang ke bengkel resmi. Di bengkel resmi ini Anda memang bisa mendapatkan perawatan motor yang lebih komplit dan profesional. Nah dari sinilah semua kendala atau permasalahan yang Anda rasakan pada motor akan bisa terselesaikan dengan baik. Sebenarnya bila pun motor Anda tidak didapati masalah yang begitu pelik, secara berkala seharusnya tetap harus dilakukan service ke bengkel resmi. Pasalnya seiring penggunaan motor, bukan tidak mungkin ada beberapa masalah pada motor yang tidak kita sadari.

  1. Rajinlah Bersihkan Motor

man-cleaning-motorcycle-sponge-detailing-260nw-7

Selain mesin, bagian body motor juga perlu diperhatikan dan dirawat. Pasalnya motor dengan body yang kotor atau tergores dapat membuat motor terlihat tidak enak dipandang. Jadi saat Anda mendapati motor yang kotor, sesegeralah untuk membersihkannya. Apalagi bila motor kotor karena hujan, maka body-nya harus segera dibersihkan agar tidak terhindar dari kerusakan body motor. Motor yang sering tidak segera dibersihkan setelah terkena hujan memang dapat merusak body motor, jadi berhati-hatilah.

  1. Pakai Motor dengan Baik dan Benar

front-view-portrait-happy-bker-260nw-49

Terakhir, kiat perawatan motor yamaha yang tepat adalah dengan menggunakan motor secara baik dan benar. Penggunaan atau pemakaian motor yang tidak baik dan tidak benar memang dapat memicu kerusakan. Maka untuk itulah agar motor yamaha Anda tetap awet, Anda harus menggunakanya dengan baik. Penggunaan motor yang baik ini seperti contoh yaitu menggunakan motor ketika sudah dipanaskan ketika pagi hari atau menggunakan motor dengan gas dan rem atau kopling yang sudah semestinya.

Itulah beberapa cara atau kiat perawatan motor yamaha yang tepat. Supaya motor yamaha Anda selalu terawat dengan optimal maka pastikan tempat ini menjadi pilihan atau referensi service terbaik.