Cara Mengerem yang Benar Saat Kondisi Hujan

Saat memasuki musim penghujan, pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaannya, sebab jalan menjadi lebih licin dan tak jarang banyak terdapat genangan air yang membahayakan. Kalau kamu tidak meningkatkan kewaspadaan ketika naik motor saat hujan, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan saat kamu tidak sengaja menerjang lubang yang tertutup air di jalan raya atau tergelincir saat melakukan pengereman yang mendadak.

Walaupun terdengar sederhana, cara mengerem yang salah di jalan raya saat kondisi hujan bisa memicu kecelakaan karena sepeda motormu tergelincir. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengerem yang benar saat kondisi hujan. Tak sedikit orang yang menganggap merem di jalanan basah dan terendam air ini sama saja dengan melakukan pengereman di jalanan yang kering, padahal keduanya sangat berbeda jauh.

Jalanan yang basah dan ada genangan air cenderung lebih licin dan sangat tinggi risiko ban selip bila dibandingkan dengan kondisi jalanan yang kering. Untuk itu, kamu tidak bisa sembarangan melakukan pengereman terlebih melakukan pengereman yang mendadak. Sebaiknya kamu menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan atau di belakangmu, tujuannya untuk menghindari tabrakan saat kendaraan di depan melakukan pengereman.

Kalau kamu ingin mengerem, usahakan untuk menurunkan kecepatan laju kendaraan, jangan lakukan pengereman ketika sepeda motor sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi. Kalau kamu ingin melakukan pengereman saat sepeda motor sedang dalam kecepatan tinggi, lakukanlah pengereman secara bertahap agar kecepatan laju sepeda motormu bisa berkurang. Selain itu, hindari untuk melakukan pengereman yang dalam agar ban tidak mengalami selip yang bisa membuat kamu mengalami kecelakaan di jalan raya.

Pastikan juga sepeda motormu dalam kondisi berdiri tegak dan tidak dalam posisi miring seperti saat berbelok ketika ingin melakukan pengereman, karena saat dalam posisi miring risiko tergelincir menjadi lebih besar. Kamu juga sebaiknya mengombinasikan penggunaan rem depan dan rem belakang saat melakukan pengereman, tetapi ingat kalau kamu harus melakukan pengereman ini secara bertahap.

Featured Image  : http://otomotif.metrotvnews.com

Merawat Kaca Lampu Motor Terbebas dari Kusam

Lampu di sepeda motor punya peran yang sangat penting, ketika kaca lampu motor kusam serta kekuningan maka kamu perlu berhati-hati karena bisa membahayakan keselamatanmu saat berkendara terlebih di malam hari.

Sebenarnya masalah seperti ini biasa terjadi pada kendaraan bermotor, usia pakai sepeda motor juga menjadi salah satu penyebab kenapa kaca lampu motor menjadi kusam dan kekuningan.

Sebenarnya kaca lampu sepeda motor ini dibuat dari polikarbonat yang kuat dan dilapisi lapisan anti UV untuk melindungi kaca dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan lampu menjadi kusam dan kekuningan.

Sayangnya lapisan anti UV ini lambat laun akan terkikis akibat debu dan kotoran serta zat kimia dari cairan sabun saat mencuci sepeda motor. Tetapi kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa merawat kaca lampu sepeda motor sendiri agar terbebas dari kusam dengan beberapa cara berikut ini:

  • ¥ Amplas dan Kompon

Kamu bisa menggunakan amplas dan kompon untuk membersihkan lampu sepeda motor yang kusam. Pertama, kamu perlu mempersiapkan amplas nomor 1000, kompon, air, dan lap bersih. Selanjutnya kamu bisa mengamplas lampu sepeda motor dengan menggunakan amplas yang sudah dibasahi dengan gerakan naik turun sampai kusam terangkat, setelah itu bilas dengan menggunakan air yang mengalir dan keringkan dengan lap bersih. Terakhir kamu bisa mengoleskan kompon ke permukaan lampu sepeda motor sampai baret bekas amplas menghilang.

 

  • ¥ Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi juga bisa membantu menghilangkan kusam di lampu sepeda motormu dan membuatnya terlihat lebih bersinar. Kamu perlu mempersiapkan  pasta gigi (non gel), lap kering yang lembut. Caranya cukup oleskan pasta gigi (non gel) ke seluruh permukaan lampu sepeda motor, kemudian gosok-gosok dengan gerakan naik turun dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Kalau kamu menemukan lampu sepeda motor menjadi kusam dan kekuningan, sebaiknya jangan langsung mengganti lampu sepeda motor dengan yang baru karena kamu bisa merawatnya sendiri dengan menggunakan beberapa cara di atas.

Prinsip Dasar Berkendara Aman untuk Bikers Pemula

Bisa mengendarai sepeda motor memang menyenangkan, kamu bisa menikmati keseruan berkendara di jalan raya dan juga bisa membuat jarak tempuh menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan jenis lainnya. Tak heran kalau semakin hari, semakin banyak bikers pemula yang bermunculan. Nah, biar kamu lebih aman berkendara di jalan raya sebaiknya kamu memahami prinsip dasar berkendara yang aman untuk bikers pemula:

  • ¥ Pilih Perlengkapan yang Tepat

Menggunakan perlengkapan berkendara saat berada di jalan raya juga jadi cara safety riding yang perlu kamu lakukan. Sebaiknya kamu selalu menggunakan helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu riding yang bisa melindungi tubuhmu lebih maksimal saat berkendara di atas sepeda motor, terlebih untuk kamu yang masih masuk dalam kategori pemula.

  • ¥ Periksa Kendaraan

Memeriksa kendaraan sebelum digunakan ini menjadi salah satu tips safety riding yang harus kamu lakukan. Periksa stang motor, rem depan dan belakang, lampu dekat, lampu jauh, lampu sein, klakson, dan jangan lupa juga untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan agar perjalananmu terasa lebih nyaman.

  • ¥ Berkendara dengan Bijak

Sebelum mulai berkendara, ada baiknya kamu memanaskan mesin sepeda motor. Usahakan untuk menggunakan starter kick saat mulai memanaskan sepeda motor, dan biarkan mesin menyala beberapa menit sebelum digunakan. Selain itu, sering mengendarai sepeda motor di jalan raya memang menjadi cara terbaik untuk kamu bisa mengasah feeling dan terbiasa dengan sepeda motormu dalam semua kondisi jalan. Menerapkan safety riding saat berada di atas sepeda motor juga bisa menghindari dirimu dan pengguna jalan lainnya dari kecelakaan di jalan raya.  Jadi, mulailah untuk berkendara dengan bijak.

Semakin sering kamu mengendarai sepeda motor, maka akan semakin cepat kamu mahir mengendarainya. Tetapi, pastikan kamu sudah memiliki surat izin berkendara sebelum menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Tips Berkendara Irit Bensin

Saat ini hampir semua sepeda motor sudah dilengkapi teknologi yang bisa membuat konsumsi bensin lebih irit. Tetapi, masih banyak orang yang beranggapan bahwa beberapa jenis sepeda motor seperti skuter matik ini lebih boros bensin. Padahal kalau dikendarai dengan cara yang benar, semua jenis sepeda motor bisa lebih irit bensin. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk berkendara hemat bahan bakar:

  • ¥ Berkendara dengan Baik

Berkendara dengan baik seperti mengatur kecepatan laju sepeda motor di jalan raya bisa membantu motor irit bensin. Hindari untuk mengendarai sepeda motor terlalu kencang dan melakukan pengereman yang mendadak karena bisa membuat konsumsi bensin lebih boros.

  • ¥ Batasi Modifikasi

Memodifikasi sepeda motor memang banyak dilakukan, tetapi kamu harus memperhatikan sepeda motor sebelum dimodifikasi. Modifikasi sepeda motor dengan memasang aksesoris yang terlalu berlebihan bisa membuat konsumsi bensin di sepeda motormu semakin boros.

  • ¥ Posisi Riding

Pastikan posisi dudukmu saat riding tepat berada di tengah, tidak terlalu ke depan atau belakang. Posisi riding yang pas juga bisa membuat sepeda motormu lebih irit bensin.

  • ¥ Perawatan Berkala

Melakukan perawatan secara berkala juga bisa menjadi cara irit bensin sepeda motormu, cobalah untuk rutin mengecek sepeda motormu dan mengganti oli setiap bulannya. Selain itu, bersihkan filter udara karena filter udara yang kotor bisa membuat tenaga mesin berkurang dan membuat konsumsi bensin lebih banyak.

  • ¥ Cek Tekanan Ban

Tekanan angin di ban ini juga berpengaruh sama konsumsi bahan bakar sepeda motormu. Untuk itu cek tekanan ban agar tetap dalam kondisi ideal karena kalau tekanan ban berkurang akan mempengaruhi konsumsi bensin yang semakin banyak.

Berkendara dengan bijak bisa membantu kamu mengirit konsumsi bensin, jadi mulailah berkendara yang bijak dari sekarang.

Ini Alasannya Yamaha YZF R25 Cocok Buat Anak Muda

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini meluncurkan generasi terbaru Yamaha YZF R25. Kehadirannya menjadi jawaban buat kamu yang sudah nggak sabar untuk memiliki motor sports terbaik.

Yamaha R25 generasi terbaru tampil lebih sporti dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Desain”. Terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Motor ini pastinya cocok banget menjadi tunggangan bagi para bikers yang datang dari kalangan anak muda. Namun, apa alasannya?

  1. Super sport handling

Pengaplikasian fitur suspensi Up Side Down  (USD) tidak hanya menambah macho tampilan motor tetapi turut meningkatkan handling yang membantu dalam agresifitas serta kenyamanan berkendara. Hal ini sesuai dengan konsep “Riding The R Anytime” yang diusung oleh Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru.

  1. Dilengkapi fitur terkini

Untuk poin yang satu ini bisa diihat contohnya pada bagian lampu depan dan belakang juga sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama.

Bagian kokpit turut didesain menyerupai Yamaha R1, mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di atasnya.

  1. Super sport design

Yamaha R25 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Desain”. Terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Adapun, Yamaha R25 sendiri dibanderol seharga Rp 58,600,000 untuk tipe yang biasa dan Rp 58,950,000 untuk tipe Movistar Livery. Kedua harga tersebut merupakan OTR Jakarta.

Featured Image : www.yamaha-motor.co.id

Keunggulan Ban Tubeless Seperti yang Dipakai di Motor-motor Yamaha

Mayoritas produk sepeda motor Yamaha sudah menggunakan ban tubeless. Sekilas, bisa jadi istilah ini sudah nggak asing lagi di telinga. Namun kemungkinan masih ada juga bikers di luar sana yang bertanya-tanya seperti apa sebenarnya ban tubeless beserta keunggulan yang ditawarkannya.

Dinamakan ban tubeless karena ban tipe ini sudah tidak menggunakan ban dalam. Salah satu keunggulan yang banyak dirasakan manfaatnya oleh pengguna ialah, ban tipe tubeless nggak gampang kempes seandainya tertusuk obyek tajam yang membuatnya bocor.

Seorang ahli menjelaskan, hal tesebut disebabkan ban tubeless memiliki konstruksi yang lebih kokoh dibanding ban biasa, seperti halnya yang dilaporkan oleh Gridoto. Konstruksi yang lebih kokoh itu pula membuat ban tubeless nggak memerlukan tambahan ban dalam. Sebabnya, ia juga sudah dilengkapi inner liner.

Dapat disimpulkan bahwa dinding ban tubeless juga lebih kuat sehingga angin nggak gampang keluar saat ban tertusuk obyek tajam.

Selain penjelasan di atas, alasan lainnya yang membuat ban tubeless lebih unggul dari ban biasa ialah saat kita dihadapkan pada situasi harus menambal ban. Menambal ban tubeless lebih praktis dibanding proses menambal ban biasa.

Bila terjadi kebocoran pada ban biasa maka harus ditambal dengan menggunakan karet panas, lain halnya dengan ban tubeless. Proses penambalan ban tubeless hanya tinggal menutup lubang yang menjadi sebab kebocoran. Langkah ini bisa dilakukan tanpa perlu membuka ban dari pelek. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Dengan segala keunggulannya, ban tubeless sangat memudahkan pengguna motor. Hal ini mendorong Yamaha untuk mengadopsinya, mulai untuk skutik Yamaha Mio S “Smart and Sophisticated” yang dilengkapi ban tubeless dengan ukuran lebar. Hingga jajaran motor tipe sports, seperti Yamaha R15 hingga R25.

Mengenal Fitur-fitur Canggih Milik Yamaha XMax

Gambar Motor Yamaha Xmax

Jajaran motor Maxi Yamaha menawarkan lini produk yang lengkap. Selain diisi Yamaha NMax, Lexi, dan Aerox 155, ada pula Yamaha XMax yang hadir sebagai pioner skuter gambot bermesin 250cc di Indonesia. Jajaran produk Maxi Yamaha sudah dikenal akan kesan premium yang ditawarkannya, dan hal itu semakin kental terasa pada Yamaha XMax.

Hal tersebut nggak lain berkat fitur-fitur yang menempel di motor ini, sobat. Fitur canggih sudah barang tentu menjadi daya tarik bagi kalian yang tengah mencari motor baru, bukan? Nah, buat kalian yang penasaran, sekarang kita bakal bahas satu per satu fitur yang ada di motor ini.

  1. Adjustable windshield

Berkendara dengan Yamaha XMAx dijamin nyaman banget. Salah satu alasanya ialah karena ada fitur yang dinamakan adjustable windshield ini. Dengan begitu, kamu bisa mengatur ketinggian dari windshield sesuai selera.

  1. Lampu-lampu sudah menggunakan LED

Hemat daya dan bisa kasih penerangan maksimal. Itulah keunggulan dari penggunaan lampu LED yang juga bisa kamu temui pada Yamaha XMax. Pengaruhnya adalah pada aspek keselamatan berkendara, di mana kamu nggak perlu khawatir bila melewati jalanan gelap. Bahkan, lampu LED ini terdapat untuk bagian depan dan belakang.

  1. Anti-lock Braking System

Mesin 250cc Yamaha XMax punya tenaga yang sangat bisa diandalkan. Untuk itu kamu butuh sistem pengereman yang mumpuni. Beruntung, karena Yamaha XMAX sudah dilengkapi ABS pada sistem pengeremannya. Jadi lebih aman karena ban bebas dari gejala ban mengunci apabila kamu melakukan pengereman mendadak.

  1. Smart Key System

Yamaha XMax dilengkapi berbagai fitur modern yang bikin kamu tambah nyaman dalam menggunakannya. Sebagai contoh, Yamaha fitur Smart Key System. Menyalakan mesin Yamaha XMax tak perlu lagi menggunakan anak kunci lagi jadinya.

  1. Mesin Blue Core + Forged Diasil

Tekologi inilah yang menjadi keunggulan dari dapu pacu Yamaha XMax. Teknologi Blue Core di dalam mesinnya bisa menghasilkan tenaga yang maksimal. Pada waktu bersamaan juga tetap menjaga konsumsi bahan bakar tetap hemat. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan sistem pendingin cairan.

Motor Yamaha Adopsi Pelek Racing, Apa Kelebihannya?

Kalau ngomongin pelek, kita bakal dihadapkan pada dua tipe yang jamak ditemui di pasaran, yaitu pelek jari-jari dan pelek racing alias cast wheel. Sejatinya pelek seperti ini banyak ditemui pada motor-motor yang dipakai untuk balapan. Mulai dari ajang MotoGP hingga World Superbike, semuanya menggunakan pelek racing.

Bikers yang mengutamakan penampilan motor, bisa dipastikan akan memilih pelek jenis racing. Hal ini dikarenakan pelek racing terlihat lebih sporty dan desainnya pun banyak pilihan. Berbeda dengan pelek jari-jari yang desainnya itu-itu saja.

Mayoritas motor Yamaha terbaru pun menggunakan pelek jenis ini. Lantas, sebenarnya apa saja sih kelebihan pelek racing? Apa sebatas keren saja?

Pastinya nggak dong, sobat. Masih banyak keunggulan dari pelek racing yang membuatnya kerap menjadi pilihan banyak bikers.

  1. Pelek racing mudah dibersihkan

Kelebihan yang satu ini memang tak berhubungan langsung dengan aspek teknis kendaraan. Melainkan, lebih kepada kenyamanan dalam penggunaannya. Sulit disangkal bila pelek sport lebih mudah dibersihkan saat kita sedang mencuci motor.

  1. Dapat dipasangkan dengan ban tubeless

Alasan lainnya untuk menggunakan pelek racing ialah karena dengan begitu kita bisa menggunakan ban tubeless. Beda kasusnya bila kita mengguanakan pelek jari-jari. Kita perlu menambahkan penutup khusus untuk lubang jari-jarinya.

  1. Lebih stabil

Pelek racing berkualitas atau setidaknya yang sudah menjadi komponen bawaan pabrik (OEM) menawarkan kelebihan lain berupa kestabilan ekstra saat motor diajak berlari.

  1. Bebas perawatan

Seperti diketahui bahwa pelek jari-jari memerlukan perawatan berupa penyetelan ulang. Tapi pengguna pelek racing nggak perlu memikirkan upaya ini. Namun demikian, harus diakui bahwa pelek racing lebih rentan mengalami kerusakan bila dihadapkan pada benturan dan kadang nggak ada obatnya. Beda halnya dengan pelek jari-jari yang masih bisa disetel lagi.

Itulah beberapa keunggulan dari pelek racing, tipe pelek yang diadopsi mayoritas produk sepeda motor Yamaha. Mulai dari jajaran skutik seperti Yamaha Mio S, hingga motor sports Yamaha R15 dan R25.

Memahami Perbedaan Dua Tipe Yamaha Lexi

Bila melihat ke jajaran produk skutik Yamaha, terutama kategori produk Maxi maka kamu bakal dihadapkan pada dua tipe Yamaha Lexi. Pilihan pertama ialah Yamaha Lexi S, lalu ada pula Yamaha Lexi biasa. Kedua jenis ini memiliki harga yang berbeda pula, dan hal ini mungkin bikin kamu bertanya-tanya apa perbedaaan di antara keduanya.
Hal pertama yang perlu kamu ketahui ialah harga Yamaha Lexi S lebih mahal dibanding Lexi biasa, alias tanpa huruf “S” di belakang namanya. Dari situ bisa disimpulkan bahwa Yamaha Lexi S memiliki posisi lebih tinggi dibanding versi standarnya.

Perbedaan fisik atau fitur dari keduanya meliputi adanya suspensi tabung dan sistem kunci keyless pada Yamaha Lexi S. Selain, tipe yang satu ini juga sudah mengadopsi desain jok yang diisi pola jahitan khusus sehingga membuatnya terlihat lebih premium.
Apapun pilihannya dikembalikan kepada kalian. Karena sejatinya kedua motor ini dilengkapi fitur-fitur kunci yang sama. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 125cc Blue Core. Performanya ditunjang sistem VVA (Variable Valve Actuation) yang bikin tarikan mesin terus mengisi dan hemat bahan bakar pada waktu yang bersamaan.
Untuk diketahui, sistem VVA pada Yamaha Lexi mulai bekerja pada putaran mesin 6.000 rpm.

Melengkapi kinerja mesinnya, kedua tipe Yamaha Lexi sudah mengusung teknologi Stop and Start System. Di mana dengan teknologi ini kamu bisa menghemat bahan bakar karena mesin motor akan mati (idle) dengan sendirinya saat motor berhenti.
Fitur bernilai lainnya yang bisa kamu temui di Yamaha Lexi ialah Electronic Power Socket dan Answer Back System yang juga terintegrasi dengan Immobilizer.

Tips Merawat Ban Motor

Sudah paham dong fungsi ban motor? Itu tuh, karet bundar yang membalut velg dan berfungsi sebagai penerus daya mesin untuk menggerakkan sepeda motor. Nah, karena komponen tersebut menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, maka menjaga atau merawat ban motor penting sekali dilakukan secara berkala. Pasalnya, kalau ban motor tidak dalam kondisi yang baik maka keselamatan pengendara pun menjadi taruhannya.

Selain menjaga keselamatan pengendara, merawat ban motor juga merupakan investasi. Karena dengan merawat ban motor kita bisa menghemat anggaran untuk mengganti ban. Sebagai seorang biker, kamu pasti pernah mengalami ban bocor dan ban kempis lantaran permukaan luarnya telah aus alias botak bukan? Nah ketimbang sengsara kemudian, lenih baik kamu simak tips-tips merawat ban motor berikut ini :

  1. Setiap 2 minggu sekali, periksa tekanan angin ban. Cara mengeceknya selalu dalam kondisi ban dingin ya. Isi tekanan udara ban motor sesuai dengan yang dianjurkan pada buku pedoman sepeda motor. Sebab, jika tekanan angin pada ban kurang akan menyebabkan laju motor tidak seimbang.
  2. Periksa secara berkala kondisi ban secara keseluruhan dengan cara membuang benda-benda yang menempel pada alur ban (batu kerikil, paku, besi, dan sebagainya) karena dapat merusak alur ban. Jangan lupa untuk membersihkan ban yang terkena oli/gemuk dengan air agar tidak licin.
  3. Kalau ban sudah botak, segera ganti ban.
  4. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga cukup mempengaruhi kinerja ban pada motor. Kondisi jalan yang pada panas pada musim kemarau bisa membuat usia ban menjadi lebih pendek dibandingkan musim hujan.
  5. Sempurnakan cara berkendara motor. Pasalnya, cara berkendara yang serung melakukan pengereman mendadak juga mempengaruhi keawetan ban motor.