Mengenal Jenis-jenis Biaya yang Ada di STNK

Setiap kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat harus dilengkapi surat-surat kendaraan seperti BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Di dalam STNK sendiri tertera beberapa jenis biaya yang harus kamu bayarkan, sayangnya masih banyak orang yang belum mengenal jenis-jenis biaya yang ada di STNK. Berikut ini beberapa penjelasan tentang biaya yang tertera di STNK sepeda motormu.

  • BBNKB

BBNKB ini merupakan singkatan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang berlaku untuk pembelian sepeda motor baru ataupun sepeda motor bekas. Biaya yang tertera di BBNKB untuk kendaraan baru yaitu 10 persen dari harga sepeda motor, sedangkan untuk BBNKB sepeda motor bekas yaitu 2/3 dari pajak sepeda motor.

 

  • PKB

PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor ini nilainya sebesar 1,5 persen dari harga jual sepeda motor. Nilai PKB ini akan mengalami penurunan setiap tahunnya disesuaikan dengan penurunan harga sepeda motor.

 

  • SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang ditetapkan oleh Jasa Raharja. Besaran biaya yang tertera di SWDKLLJ ini disesuaikan dengan kapasitas mesin kendaraan bermotor.

 

  • Biaya Adm STNK

Biaya administrasi STNK ini merupakan biaya yang ditetapkan saat kamu membuat plat nomor baru setiap 5 tahun sekali dan saat kamu pertama kali mendapatkan plat nomor.

 

  • Biaya Adm TNKB

Biaya administrasi TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ini dikenakan setiap lima tahun sekali yang disesuaikan dengan tipe kendaraan bermotormu.

Itulah beberapa penjelasan tentang biaya yang tertera di STNK kendaraan bermotor. Jangan lupa untuk bayar pajak sepeda motor tepat waktu, biar kamu terhindar dari biaya denda karena terlambat bayar STNK.

Tips Cara Urus STNK yang Hilang

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) merupakan salah satu dokumen penting yang harus kamu simpan baik-baik. Di dalam STNK terdapat data-data kendaraan yang dimiliki seseorang. Maka nggak aneh kalau surat inilah yang selalu ditanyakan oleh pihak berwajib ketika sedang melakukan pemeriksaan di jalan raya.

STNK juga diperlukan untuk membuktikkan kepemilikan seseorang atas sebuah kendaraan, tak terkecuali sepeda motor. Maka itu keberadaannya cukup penting. Namun, sayangnya kerap terjadi STNK hilang karena sebab yang beragam, entah sebatas keteledoran penyimpannya atau dicuri orang.

Kalau sudah begitu, kamu wajib mengurus STNK yang hilang tersebut. Bagaimana caranya? Apa saja syaratnya? Yuk kita bahas satu per satu.

Syarat urus STNK Hilang

Langkah pertama yang penting kamu lakukan begitu menyadari STNK hilang ialah melaporkannya ke kantor polisi terdekat, misalnya Polsek di mana kamu tinggal. Namun, sebelumnya kamu perlu mempersiapkan syarat-syaratnya yang meliputi:

1/ Identitas diri, bisa berupa KTP, SIM, atau Kartu Keluarga

2/ BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

Syarat nomor dua mungkin menjadi hambatan bila motor yang kamu miliki masih berstatus kredit. Karena BPKB berada di tangan leasing atau lembaga pembiayaan. Untuk itu kamu perlu menghubungi leasing tersebut untuk diterbitkannya semacam surat keterangan beserta fotokopi BPKB.

Langkah mengurus STNK hilang

Setelah melaporkannya ke kantor polisi terdekat maka kamu akan mengantungi dokumen-dokumen yang terdiri dari:

1/ Identias diri

2/ Surat keterangan hilang dari kantor polisi

3/ BPKB atau surat keterangan dari leasing

Berbekal dokumen-dokumen tersebut, kamu bisa mengurus STNK hilang ke kantor SAMSAT di mana kendaraan kamu terdaftar. Jangan lupa juga membawa sepeda motor kamu karena akan ikut dilakukan cek fisik. Proses di SAMSAT sangat mudah. Biasanya sudah tersedia loket khusus yang menangani STNK hilang dan kamu tinggal mengikuti semua proses yang ada di sana.

Source image: otosite.net

Mengenal Mekanisme Sistem Tilang Elektronik

Istilah tilang elektronik atau yang biasa disebut e-tilang mungkin sudah nggak asing di telinga kamu. Tilang elektronik saat ini tengah memasuki masa uji coba yang penerapannya dilakukan di sejumlah jalan protokol yang ada di Jakarta. Meski begitu, pihak kepolisian juga telah menyatakan kesiapan untuk menerapkannya di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Jadi, misalnya tilang elektronik belum berlaku di kotamu, ada baiknya kamu mengenal lebih dulu cara kerja sistem ini. Biar nggak kaget nantinya. Sistem tilang elektronik sendiri diberlakukan sebagai solusi masalah-masalah yang kerap muncul pada proses tilang manual. Lalu, bagaimana sebenarnya mekanisme tilang elektornik?

Mekanisme tilang elektronik (e-tilang)

Sistem ini mengandalkan kamera CCTV (Closed Circuit Television) sebagai sumber datanya. Kamera CCTV tersebut dipasang di persimpangan-persimpangan jalan dan merekam sepanjang waktu. Dengan begitu otomatis kamera akan menangkap gambar para pengguna jalan yang terekam melakukan pelanggaran.

Adapun yang mengolah data rekaman kamera CCTV adalah petugas Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya (untuk penerapan di DKI Jakarta). Petugas menganalisa hasil rekaman dan menilai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan. Termasuk menentukan pasal yang dilanggar apabila memang ada.

Bayar denda tilang elektronik via bank

Apa bila ada seorang pengguna jalan terbukti melakukan pelanggaran, maka petugas akan mengirimkan surat berdasarkan alamat yang tercatat pada data nomor kendaraan bermotor. Dalam hal ini pihak kepolisian telah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk pengiriman surat tilang. Pelanggar yang ditilang akan diberi nomor BRI Virtual Akun (BRIVA) untuk dipakai membayar denda tilang.

STNK bisa diblokir jika tak bayar denda

Pelanggar diberi waktu satu minggu untuk melunasi denda tilang yang dijatuhkan padanya. Nah, bila pelanggar nggak membayarnya hingga satu minggu maka STNK diblokir. Efeknya nggak bisa perpanjang pajak tahunan bila belum melunasi denda tilangnya.

Itulah sejumlah hal yang perlu kamu ketahui tentang sistem tilang elektronik. Biar nggak perlu ribet berurusan dengan tilang, satu-satunya hal yang perlu dilakukan ialah menaati peraturan lalu lintas.

Source Image : jakarta.tribunnews.com

3 Motor Legendaris Yamaha yang Jadi Incaran Kolektor

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi didirikan semenjak 6 Juli 1974. Perusahaan ini menjadi agen pemegang merek sepeda motor Yamaha untuk pasar Indonesia. Sepanjang perjalanannya pun banyak motor legendaris yang diluncurkannya.

Kebanyakan motor legendaris Yamaha dilirik konsumen karena tenaganya yang luar biasa. Pada jaman dulu kebanyakan motor Yamaha mengadopsi mesin 2-tak. Sebagai pembeda dengan mesin 4-tak, mesin 2-tak membutuhkan asupan oli samping untuk menunjang kerjanya. Lantas, apa saja motor Yamaha yang melegenda di Indonesia? Ini dia daftarnya.

1/ Yamaha RX-King Cobra

Yamaha RX-King bisa dibilang sebagai motor Yamaha paling legendaris di Indonesia. Meluncur pada 1983, motor ini merupakan generasi pertama Yamaha RX-King, sebelum akhirnya keberadaannya diteruskan oleh Yamaha RX-King Master (1996) lalu Yamaha New RX-King pada 2002.

yamaha-rx-king

Image : www.motorrxking.com

Keistimewaan Yamaha RX-King Cobra tak lain ialah mesinnya yang masih diimpor dari Jepang dengan kode Y1 dan Y2. Jadi tak aneh kalau motor ini menjadi incaran para kolektor sekarang. Spesifikasi mesin itu sendiri memiliki kapasitas 135cc dengan tenaga maksimal 18,2 daya kuda dan torsinya yang mencapai 15,2 Nm pada putaran mesin 8.000 rpm.

2/ Yamaha F1ZR

Motor bebek 2-tak legendaris Yamaha yang satu ini menjadi primadona kawula muda pada era 1990-an karena sejumlah alasan. Yang pertama adalah desainnya yang terlihat sporti, berbeda dengan desain kebanyakan motor bebek pada masa itu.

yamahaf1zr

Selain itu, tentunya juga karena mesin yang bertenga. Yamaha F1ZR sejatinya mulai mengaspal pada 1997, namun koplingnya masih semi otomatis. Barulah pada tahun 2002 Yamaha merilis Yamaha F1ZR anyar dengan kopling yang sepenuhnya manual. Dengan mesin yang bertenaga, motor ini disegani di kacah balap nasional.

3/ Yamaha Alfa Champ

Alfa Champ (1992) - 1

image: www.motorganteng.com

Motor ini bisa dibilang pioner motor “ayam jago” di Indonesia. Yamaha Champ merupakan salah satu varian dari Yamaha Alfa, namun menganut desain yang benar-benar berbeda dibanding lainnya. Mesinnya menggunakan dapur pacu satu silinder 100 cc, 2-tak yang mudah perawatan dan cukup irit. Desain unik dari motor bukan hanya memikat anak muda pada masanya, namun juga kolektor masa kini.

Cari Tahu Aturan Batas Kecepatan Berkendara di Sini

Artikel ini akan membahas tentang batas kecepatan berkendara di setiap jenis jalan yang ada di Indonesia. Harapannya, seteleh mengatahui pertaruan kecepatan maksimal ini maka kita bisa lebih aman dalam bekendara.

Nggak ada yang melarang kita untuk memiliki motor kencang dan bertenaga. Karena pada kenyataannya sejumlah motor Yamaha pun bisa dibilang masuk ke dalam kategori ini. Tengok saja Yamaha R25 atau Yamaha XMAX yang siap memanjakan penyuka adrenalin.

Namun yang perlu dipahami ialah jalanan bukan tempat untuk kebut-kebutan, apalagi balapan. Karena ada aturan yang membatasi kecepatan maksimal kendaraan yang melintasi setiap jenis jalan. Aturan yang dimaksud ialah Peraturan Menteri Perhubungan No. 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan.

Peraturan kecepatan maksimal berkendara

Peraturan ini mengatur batas kecepatan mulai untuk jalan tol, hingga ruas jalan yang berada di kawasan pemukiman.

Karena di Indonesia pemotor dilarang keras melintas di jalan tol, maka peraturan yang satu ini bisa sebatas kamu jadikan pengatahuan saja. Mengacu pada peraturan Menteri Perhubungan tersebut, kecepatan maksimal di jalan tol adalah 100 km perjam, sedangkan minimalnya ialah 60 km perjam, berlaku saat kondisi arus bebas.

Sementara itu untuk jalanan antarkota paling tinggi ialah 80 km perjam. Lalu batas kecepatan maksimal di jalanan perkotaan ialah 50 km perjam. Dan batas maksimal kecepatan di jalanan daerah pemukiman adalah 30 km perjam.

  1. Paling rendah 60 (enam puluh) km/jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 (seratus) km/jam untuk jalan bebas hambatan;
  2. Paling tinggi 80 (delapan puluh) km/jam untuk jalan antarkota;
  3. Paling tinggi 50 (lima puluh) km/jam untuk kawasan perkotaan; dan
  4. Paling tinggi 30 (tiga puluh) km/jam untuk kawasan permukiman.

Dalam kasus-kasus tertentu batas kecepatan maksimal bisa saja lebih rendah dari yang tertuang dalam aturan tersebut. Biasanya atas pertimbangan frekuensi kecelakaan, kondisi jalanan, dan masukan dari kelomok-kelompok masyarakat di sekitar jalan tersebut.

Adapun yang berhak untuk memutuskan batas kecepatan yang berlaku, antara lain menteri untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, bupati untuk jalan kabupaten dan desa, serta walikota untuk jalan kota.

Intip Lagi Fitur-fitur Keren yang Ada di Yamaha All New X-Ride 125

Setiap produk Yamaha diciptakan bukan hanya sebagai kendaraan yang menunjang mobilitas penggunanya, melainkan juga menyesuaikan dengan tren masa kini. Kombinasi tersebut pastinya juga bisa kamu temui pada salah satu motor matic Yamaha terbaik Yamaha yang ada saat ini, yaitu All New X-Ride 125.

Mengusung konsep sebagai skuter matic petualang, kamu bisa menemukan sejumlah keunggulan yang membuat All New X-Ride pantas dilirik. Keandalan skuter matic bermesin 125 cc ini untuk diajak menjelajah bisa dilihat dari penggunaan suspensi belakang yang telah dilengkapi dengan sub-tank. Itu artinya, All New X-Ride mengadopsi sistem suspansi yang advance dengan manfaat performa peredaman yang tahan lama dan stabil.

Bukan cuma itu, tapi masih banyak lagi fitur bernilai dari skutik ini yang siap menjadi teman kamu untuk meluapkan hasrat menjelajah. Lebih lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Menggunakan mesin bandel dan irit

Aktivitas berpetualang yang kamu lakukan dijamin makin asyik dengan mesin Blue Core yang dimiliki Yamaha All New X-Ride 125. Alasan utamanya karena mesin ini memiliki keunggulan hemat bahan bakar sekaligus bertenaga. Jadi kamu nggak perlu ribet sering-sering mampir ke pom bensin selama perjalanan.

Ditambah lagi kamu bisa menikmati tarikan motor yang maksimal dari mesin yang telah mengadopsi teknologi canggih Yamaha ini. Performa mesin tersebut bahkan telah ditunjang dengan penggunaan forged and diasil piston.

Dibekali fitur modern yang keren

Seperti kebanyakan skuter matic Yamaha lainnya, All New X-Ride 125 dibekali beragam fitur modern yang canggih. Sebut saja Answer Back System. Buat kamu yang belum tahu cara kerjanya, sistem ini berguna membantu kamu menemukan motor saat diparkir di tempat parkir yang penuh dan ramai.

Kamu nggak perlu membuang-buang waktu kesulitan mencari motor. Tinggal tekan tombol yang ada di remote kunci maka motor akan memberikan isyarat keberadaannya melalui bunyi klakson. Keren kan? Fitur modern lainnya yang bisa ditemui pada skuter matic Yamaha ini ialah Eco Indicator. Dengan bantuan fitur ini kamu mendapatkan konsumsi bahan bakar terbaik selama perjalanan.

Di samping kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan tadi, jangan lupakan juga keberadaan lampu depan LED yang pastinya bikin petualangan kamu aman dan nyaman dengan penerangan yang maksimal. Terdapat juga lampu hazard sebagai penanda bahaya ketika kamu harus berhenti darurat.

Fitur D-Mode Bikin Yamaha TMAX DX “Berwajah Ganda”

Yamaha TMAX DX bisa dibilang sebagai rajanya kategori Maxi Yamaha yang dipasarkan di Indonesia. Berada di level paling tinggi dibanding produk lain, TMAX DX memiliki banyak kelebihan yang pastinya bikin banyak biker ngiler untuk mencobanya.

Salah satu fitur Yamaha TMAX DX yang nggak banyak dimiliki skuter lain ialah adanya mode berkendara atau yang disebut D-Mode. Fitur ini pun yang membuat TMAX DX seolah-olah memiliki kepribadian atau wajah ganda. Lho kok bisa?

Bisa dong karena setiap pilihan mode berkendaranya benar-benar menyajikan karakter motor yang berbeda.

Mode berkendara Yamaha TMAX DX menyediakan dua opsi yang bisa dipilih oleh bikers, yaitu T (Town) dan S (Sport). Bisa ditebak, mode berkendara Town dihadirkan sebagai pilihan untuk berkendara di perkotaan.

Yamaha mendefinisikan mode berkendara Town sebagai “easy to use riding.” Tapi bagaimana karakter motor sesungguhnya yang dihadirkan?

Karakter mesin yang disuguhkannya cenderung lembut, tidak menghentak-hentak, jadi motor lebih enak buat diajak berkendara stop n’ go di jalan yang ramai atau bahkan macet.

Mode ini intinya berusaha menawarkan sensasi riding senyaman mungkin untuk pengendara. Namun, semua itu berubah ketika pengguna memilih mode berkendara Sport.

Sensasi riding nyaman tersebut berubah menjadi agresif. “Kepribadian” skuter ini yang sebelumnya elegan, menjadi ganas dan sporti.

Tarikan gas jauh lebih responsif guna memuaskan hasrat biker yang menggemari kecepatan. Dengan menggunakan mode Sport, bisa dipastikan pula akan lebih mudah untuk mencapai tenaga puncak mesin yang berada di kisaran 33.8 kW @6750 rpm dan torsi 53.0 Nm @5250 rpm.

Di antara dua mode berkendara tersebut tak ada mana yang lebih baik. Karena masing-masingnya memiliki suguhkan karakter berkendara yang saling melengkapi. Nah, di samping fitur ini, Yamaha TMAX DX masih menyimpan banyak fitur keren lainnya, seperti cruise control.

Mengenal Fungsi Traction Control yang Terdapat pada Yamaha XMAX

Faktor keselamatan berkendara selalu menjadi fokus Yamaha dalam setiap menciptakan produk-produknya. Tak terkecuali untuk Yamaha XMAX yang menjadi salah satu jagoan skuter matic kategori MAXI Yamaha.

Menawarkan desain mewah dan fitur berkendara yang lengkap, Yamaha XMAX juga dilengkapi dengan fitur keselamatan bernama Traction Control System (TCS). Secara sederhana dapat dikatakan fitur ini berguna untuk mencegah ban belakang selip.

Cara kerja Traction Control System ialah dengan mengontrol traksi dari ban belakang sepeda motor. Tujuan utama dihadirkannya fitur ini ialah mengontrol roda agar tidak kehilangan traksi, terutama ketika motor diajak berakselerasi di jalanan basah atau licin.

Contoh kasusnya, pada saat berakselerasi di jalanan yang licin, ban bisa saja hanya berputar pada satu tempat. Hasilnya, laju kendaraan jadi nggak maksimal. Hal ini terjadi karena tidak adanya traksi yang cukup dimiliki oleh roda.

Pada momen inilah Traction Control System bekerja, caranya dengan mengontrol putaran roda, biasanya membuatnya jadi lebih lambat, agar kendaraan mendapat traksi yang ideal terlebih dahulu. Dengan begitu motor jadi lebih mantap dalam melaju.

Pada umumnya, fitur ini bekerja bergandengan dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) karena kedua sistem ini memanfaatkan satu perangkat yang sama, yaitu sensor kecepatan.

Cara kerja traction control

ECU (Eelectronic Control Unit) motor memiliki modul traction control di dalamnya yang membandingkan rotasi roda dengan putaran mesin. Jika pada titik tertentu putaran roda terlalu tinggi maka ECU akan menganggap motor mengalami slip.

Selain dibekali dengan traction control, Yamaha XMAX pun memiliki sederet fitur canggih lainnya yang siap menemani perjalanan kamu, contohnya seperti ABS atau LED head and tail light. Dengan begitu kamu akan selalu disuguhkan penerangan maksimal di jalan.

Windshield Bisa Naik Turun, Riding Pakai Yamaha XMAX Makin Nyaman

Yamaha XMAX yang merupakan salah satu skutik premium pengisi kategori MAXI Yamaha memiliki segudang fitur yang bisa bikin kamu nyaman saat berkendara. Sebut saja adjustable windshield yang nggak banyak dimiliki skuter matic lain.

Sederhananya, fitur ini berguna untuk menangkal embusan angin dari depan yang mengarah ke dada atau wajah pengendara. Dibekali mesin Blue Core 250cc, tarikan Yamaha XMAX memang asyik banget. Jadi jangan aneh kalau embusan angin yang kamu rasakan juga cukup besar.

Di samping fungsinya itu tadi, windshield pada Yamaha XMAX juga menjadi pelengkap penampilan motor matic ini. Kesan mewahnya jadi semakin menonjol.

Cara atur posisi windshield Yamaha XMAX

Begitu keluar dari pabrik, windshield Yamaha XMAX berada di posisi rendah. Posisi ini sebetulnya cocok untuk kebanyakan bikers, namun bila kamu adalah seseorang yang jangkung, maka rasanya perlu mengatur ulang posisi windshield menjadi lebih tinggi.

Terdapat dua pengaturan windshield Yamaha XMAX, yaitu rendah dan tinggi.

Nggak perlu bingung, karena caranya gampang banget. Peralatan yang diperlukan untuk mengatur tinggi windshield Yamaha XMAX hanyalah kunci L 6.

Untuk memulainya, pertama-tama kamu perlu melepas plat besi dudukan nomor polisi yang berada di depan. Setelah itu lepas pula komponen plastik berwarna hitam yang menjadi semacam “tulang” windshield tersebut.

Setelah terlepas maka akan terlihat empat lubang baut yang berada di atasnya. Pada lubang baut itulah kita akan memasang windshield kali ini biar posisinya jadi lebih tinggi. Bila windshield sudah diposisikan sesuai keinginan maka pasang kembali semua komponen yang sempat dilepas.

Kamu bisa melakukan pengaturan tinggi windshield ini sebelum melakukan perjalanan jarak jauh atau kapan pun saat dirasa diperlukan. Dengan begitu kamu terlindung dari embusan angin selama berkendara dan bisa lebih menikmati perjalanan.

Kelebihan Yamaha Freego untuk Kebutuhan Berkendara Harian

Belum lama ini Yamaha kembali memperkenalkan produk motor matic yang siap jadi pilihan kamu. Diberi nama Yamaha Freego, skutik ini punya banyak kelebihan lho untuk menunjang kebutuhan berkendara harian. Penasaran?

Siapa yang nggak mau sih punya tunggangan nyaman, praktis, dan keren? Semua hal itu bisa kamu temui di sosok Yamaha Freego. Kelebihan utama motor matic ini ialah kepraktisan yang ditawarkannya. Sebagai contoh, kamu nggak perlu repot membuka jok untuk isi bahan bakar karena tutup tangkinya yang diposisikan di depan, tepatnya sebelah kiri dek.

Bukan cuma itu, tapi kamu juga nggak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel saat sedang asyik touring bersama teman-teman karena Yamaha Freego telah dilengkapi power socket.

Bagasi Yamaha Freego luas banget

Mototr matic Yamaha bukan sebatas kendaraan yang irit dan bertenaga berkat mesin Blue Core yang dipakainya.

Melainkan juga dibuat benar-benar mengerti akan kebutuhan kosumen dan gaya hidupnya. Misalnya, dengan keberadaan bagasi Yamaha Freego yang super luas (25 liter) maka kamu bisa membawa segala keperluanmu selama beraktivitas.

Selebihnya, untuk berkendara harian dengan berbagai alasan. Salah satunya desain yang dibuat senyaman mungkin. Bentuk joknya besar sehingga bisa menopang tubuh saat duduk dengan sempurna.

Kenyamanan berkendara tersebut masih ditunjang lagi dengan bentuk dek yang rata. Membuat ruang kaki jadi terasa begitu luas. Dan yang kalah keren ialah penggunaan ban berukuran 12 inci yang lebar. Membuat desainnya secara keseluruhan terlihat mewah selayaknya skuter bergaya Eropa.

Untuk urusan performa Yamaha Freego, kamu bisa mempercayakannya pada mesin 150 cc yang menggunakan teknologi Blue Core dan dilengkapi Forged & Diasil Piston. Melengkapi unit mesin tersebut, ikut ditanamkan pula Smart Motor Generator yang membuat suara motor halus saat dinyalakan.