Jangan Anggap Sepele Tutup Pentil Ban Karena Punya Fungsi Penting

Ban yang ada di setiap kendaraan termasuk sepeda motor kamu pasti selalu dilengkapi dengan pentil. Pentil sendiri jadi pintu keluar masuknya angin ke dalam ban sepeda motor kamu. Di setiap ujung pentil, biasanya selalu dilengkapi tutup yang disebut tutup pentil.

Tapi, apa sebenarnya fungsi tutup pentil ini? Ternyata tutup pentil punya fungsi yang penting. Selain untuk menjaga tekanan angin di dalam ban tetap stabil, tutup pentil juga bisa melindungi ujung pentil dari kotoran yang mungkin menempel saat kamu berkendara.

Pentil yang terbuka juga rentan terkena air yang bisa bikin bagian dalam pentil menjadi rusak. Pentil yang terkena air bisa mengeraskan karet dan menimbulkan karatan di sekitar pentil, lambat  laun pentil akan rusak dan angin dalam ban bisa keluar jadi ban lebih cepat kempes.

Padahal, tekanan ban yang pas bisa menambah kenyamanan kamu berkendara di jalan raya. Tekanan yang kurang akan membuat ban sepeda motor kurang stabil dan bisa membahayakan kamu.

Source image: bukalapak

Cara Merawat Visor atau Kaca Helm

Helm jadi salah satu kelengkapan berkendara yang wajib digunakan saat kamu berada di atas sepeda motor. Bukan hanya melindungi kepala dari benturan, tapi visor atau kaca helm juga mampu menghalangi debu yang akan mengganggu pandanganmu. Visor ini perlu dirawat agar tetap bersih karena visor yang kotor akan mempengaruhi visibilitas ketika berkendara. Kamu bisa merawat visor atau kaca helm dengan beberapa cara beriku ini:

  • Jangan menaikkan visor atau kaca helm saat di kaca banyak terdapat debu karena bisa merusak lapisan visor.
  • Simpan helm di tempat yang aman agar visor terhindar dari goresan karena jatuh. Hindari menyimpan helm pada kaca spion atau di atas jok sepeda motormu.
  • Hindari menempelkan jari-jari di kaca visor, dan paparan sinar matahari langsung.
  • Simpan helm di dalam tas yang berbahan lembut agar kaca helm tidak tergores.
  • Rutin membersihkan visor helm. Caranya dengan mengunakan pembersih khusus visor atau kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih, selain bisa membersihkan, minyak kayu putih juga bisa membuat helm kamu lebih harum. Jangan lupa untuk menggunakan kain microfiber yang lembut agar helm terhindar dari goresan.
  • Mencuci visor dengan cara melepas visor dan merendamnya dengan air sabun yang hangat, lalu bilas visor dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

Visor yang terawat dan bersih pasti lebih nyaman untuk digunakan, selain itu juga bisa memudahkan kamu melihat kondisi jalan raya dengan jelas tanpa takut terkena debu dari arah depan.

Memahami Riding Position yang Baik untuk Sports Bike

Mengatur posisi saat berkendara dengan sepeda motor akan membuat kamu merasa nyaman, terlebih saat mengendarai sports bike. Posisi stang yang jauh dan tubuh yang terhalang tangki bensin membuat kamu harus memperhatikan posisi duduk agar tetap nyaman. Berikut ini riding position yang baik untuk mengendarai sports bike.

Posisi Duduk

Usahakan posisi duduk ini pas dengan tinggi badanmu, jangan sampai kaki kamu tidak menapak ke tanah saat sepeda motormu berhenti.

 Posisi Lutut

Sebaiknya posisi lutut harus lurus atau tepat di belakang poros engkol, kalau posisi lutut terlalu ke depan akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

 Posisi Setang

Posisi setang ini harus diatur dengan benar agar kamu merasa nyaman, usahakan posisi kamu membentuk sudut 45 derajat saat mengendarai sports bike. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kamu tidak mengalami ketegangan di otot leher. Selain itu, posisi setang juga harus berada sedikit di bawah jok, tujuannya agar kamu terhindar dari sakit punggung dan bahu.

 Posisi Kaki Pedal

Posisi kaki pedal ini harus dibuat senyaman mungkin untuk menghindari cedera  kaki dan lutut saat berkendara. Cleat yang posisinya terlalu jauh ke depan akan membuat gerakan berlebihan di kaki yang dapat menimbulkan cedera.

 Ukuran Rangka Sports Bike

Ukuran rangka ini dilihat dari bagian jok ke pedal sepeda motor. Biasanya wanita dan pria punya ukuran kaki yang berbeda, jadi ukuran rangka ini harus disesuaikan.

Riding position yang benar bisa membuat kamu lebih nyaman berada di atas sports bike kesayanganmu.

Begini Tahapan dalam Melakukan Pengereman Sepeda Motor

Setiap kendaraan bermotor seperti sepeda motor selalu dilengkapi dengan rem, rem digunakan untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu di jalan raya. Sayangnya masih banyak orang yang beranggapan kalau rem ini berfungsi untuk membuat sepeda motor kamu berhenti melaju, dan tak jarang teknik pengereman yang salah malah membuat pengendara tergelincir dan akhirnya mengalami kecelakaan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan teknik pengereman sepeda motor yang aman saat kendaraan melaju di jalan raya.

Atur Posisi Duduk

Ketika kamu mau melakukan pengereman, sebaiknya atur posisi duduk. Usahakan jangan duduk terlalu maju agar motor kamu tetap stabil, dan usahakan juga agar tubuh tetap dalam posisi tegak agar kamu bisa menguasai stang dengan baik.

 Memaksimalkan Rem

Pengereman ini juga membutuhkan teknik yang baik, kalau kamu sedang melaju dengan kecepatan di bawah 30km/jam maka kamu bisa menggunakan rem belakang saja. Jika kecepatan sepeda motor kamu melebihi 30km/jam, maka sebaiknya kamu mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Usahakan untuk melakukan pengereman ini secara perlahan agar ban kamu tidak terkunci dan sepeda motor tetap stabil.

Mainkan Kopling

Untuk kamu pengguna sepeda motor kopling, kamu bisa mengombinasikan rem dan kopling agar sepeda motor tidak slip, dan perlahan turunkan kecepatan transmisi.

Walaupun terdengar sepele, teknik pengereman yang salah akan membahayakan kamu sebagai pengendara kalau kamu tidak memperhatikan dengan baik. Untuk itu, atur kecepatan kamu berkendara di jalan raya, sehingga kamu terhindar dari pengereman yang membahayakan.

Ketahui Aturan Resmi Penggunaan Lampu Hazard

Kendaraan bermotor terutama kendaraan roda empat seperti mobil sudah pasti dilengkapi dengan lampu hazard, tetapi sekarang bukan hanya mobil karena sepeda motor juga sudah banyak yang dilengkapi dengan lampu hazard ini. Sayangnya masih banyak orang yang keliru dalam menggunakan lampu hazard, padahal fungsi sebenarnya lampu hazard adalah untuk penanda keadaan darurat yang dialami pengendara.

Penggunaan lampu hazard atau lampu darurat ini tidak boleh sembarangan karena sudah diatur dalam undang-undang. Undang-undang yang mengatur penggunaan lampu hazard ini adalah UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang berisi  ”Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”.

Untuk itu, kamu wajib memperhatikan kapan lampu hazard di kendaraan kamu bisa digunakan. Sebaiknya kamu menggunakan lampu hazard ini pada saat mengalami mogok kendaraan atau kondisi darurat lainnya. Di beberapa motor yang diproduksi Yamaha sendiri sudah banyak mengadopsi fitur lampu hazard ini, lampu hazard di motor Yamaha yang kamu punya bisa digunakan untuk kondisi darurat seperti saat kamu harus berhenti di sisi kiri jalan.

Sebaiknya kamu menghindari penggunaan lampu hazard yang kurang tepat seperti saat kamu berjalan lurus di persimpangan atau ketika kamu berkendara dalam kondisi berkabut atau hujan. Jadilah pengendara yang bijak dan lebih cerdas di jalan raya, jangan sampai kamu merugikan orang lain hanya karena kesalahan cara berkendara.

Daftar Harga Motor Yamaha Tipe Bebek Juli 2018

Yamaha memiliki jajaran produk lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Tanah Air. Produk yang dipasarkannya termasuk tipe moped atau yang biasa disebut motor bebek. Nah, buat kamu yang tertarik dengan model tersebut, inilah daftar harga motor Yamaha tipe moped terbaru.

Sepeda motor tipe bebek memang gak pernah kehilangan penggemar, bro. Alasannya antara lain, motor bebek cukup fleksibel dalam penggunaannya.

Katakanlah kamu lebih sering berkendara di dalam kota. Nah, motor bebek nih lincah banget buat membelah kemacetan. Di lain sisi, motor bebek juga masih enak diajak jalan jauh.

Menggunakan sistem transmisi manual, hal ini ngasih kamu keleluasaan dalam mengatur tenaga mesin motor dibanding motor matic.

Di kelas ini Yamaha memiliki sejumlah model yang siap kamu pilih. Lantas, apa saja model yang tersedia?

  • Yamaha Vega Force DB Rp15.000.000
  • Yamaha Vega Force DB CS Rp16,000,000
  • Yamaha Jupiter Z1 FI Rp16.300.000
  • Yamaha Jupiter Z1 FI CW Rp17.250.000
  • Jupiter MX 150 Rp19.350.000
  • Jupiter MX KING Rp22.150.000
  • Jupiter MX KING MOVISTAR Rp21.950.000

Yang perlu diingat, daftar harga motor Yamaha di atas tidak mengikat ya bro. Dan sewaktu-waktu bisa naik, makanya buruan meluncur ke dealer JG Motor.

Segini Cicilannya Kalau Mau Kredit Motor Yamaha NMAX

Gak salah memang kalau kamu berniat ambil kredit motor Yamaha NMAX. Karena salah satu model dari kelas Maxi Yamaha ini sudah terbukti bisa menjadi motor andalan.

Gak percaya? Coba saja kamu lihat berbagai kelebihan Yamaha NMAX yang segudang. Mulai dari desain keren, riding position nyaman banget, hingga performa mesin 155 cc Blue Core yang irit dan bertenaga.

Plus ditambah lagi kapasitas penyimpanan barang yang sangat luas. Hal ini membuat kamu gak perlu bingung membawa barang bawaan saat riding jauh ataupun sehari-hari.

Kalau kamu mau ambil kredit motor Yamaha NMAX, kebetulan JG Motor menyediakan fasilitas simulasi kredit yang bisa dimanfaatkan. Fasilitas ini semacam kalkulator guna menghitung besar cicil dengan jumlah uang muka dan termin cicilan sesuai yang dikehendaki.

Pertama kita coba hitung besar cicilan Yamaha NMAX 155 tipe standar. Memanfaatkan simulasi kredit motor Yamaha yang tersedia di website JG Motor, didapatkan besar cicilan Rp1.147.000 (35 kali) dengan uang muka Rp2,7 juta.

Harga: Rp22.274.000

BBN: Rp4.326.000

Total: Rp26.600.000

Uang muka: Rp2.700.000

Cicilan: Rp1.147.00

Lalu bagaimana dengan Yamaha NMAX 155 ABS? Begini perhitungannya.

Harga: Rp26.174.000

BBN: Rp4.426.000

Total: Rp30.600.000

Uang muka: Rp3.100.000

Cicilan: Rp1.327.000

Di luar perhitungan di atas, kamu sebenarnya masih bisa memilih jumlah uang muka yang kamu inginkan di simulasi kredit motor Yamaha JG Motor. Termasuk memilih jumlah termin cicilan dan pastinya model motor yang diminati.

Gimana? Sekarang udah punya gambaran kan untuk cicilan kredit motor Yamaha NMAX kamu?

Daftar Harga Sepeda Motor Yamaha Mio yang Trendi Abis

Ini dia daftar harga sepeda motor Yamaha Mio series. Salah satu produk Yamaha yang dikenal sebagai pioner kemunculan motor bertransmisi matic di Indonesia.

Siapa sih yang gak kenal Yamaha Mio? Pada awal-awal kemunculannya, Yamaha Mio langsung menjadi produk yang idola bikers di mana-mana. Transmisi matic yang dibawanya menjadi daya tarik kuat bagi konsumen.

Hingga kini Yamaha Mio masih terus eksis. Berevolusi menjadi produk yang bukan hanya bisa diandalkan, namun juga punya tampilan trendi.

Setidaknya kini ada tiga model motor matic Yamaha yang masuk jajaran Mio series. Apa aja sih modelnya?

Yamaha Mio M3 125 & Mio M3 215 AKS SSS, Harga Rp15,5 Juta – Rp16,4 Juta

Pertama, yuk kita bahas Yamaha Mio M3 125. Untuk produk yang satu ini kamu disuguhi dua pilihan yang sama kerennya, yaitu Mio M3 125 dan Mio M3 125 AKS SSS.

Gambar Yamaha Mio M3 125cc

Perbedaannya ada di segi fitur dan desain. Di mana Mio M3 AKS SSS sudah dibekali Advance Key System (AKS) ditambah lagi Stops Smart System (SSS).

Dari segi desain juga terlihat perbedaan pada permainan warna bodinya.

Sedangkan, mesinnya sama-sama menggunakan dapur pacu berkapasitas 125 cc , 4-tak, SOHC, dengan tenaga puncak 7 kW / 8000 rpm dan torsi tertinggi 9.6 Nm / 5500 rpm.

Yamaha Mio Z, Harga Rp15,9 Juta

Pilihan lain di kelas Mio adalah Yamaha Mio Z. Nah, motor matic Yamaha ini cocok banget buat kamu yang tampil beda lantaran memiliki kelebihan pada aspek desainnya.

Yamaha Mio Z didesain dengan warna matte atau doff yang bikin penampilannya secara keseluruhan terkesan sporti.

MIO Z

Untuk mesinnya, Yamaha Mio Z juga diperkuat lumbung pacu satu silinder, 4 tak,SOHC berkapasitas 125 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga puncak serupa dengan produk yang sudah disebutkan di atas, yaitu 7.0 kW / 8000 rpm.

Yamaha Mio S, Harga Rp16,050 Juta

Yamaha Mio S tampil dengan berlimpah fitur dan desain yang elegan. Fitur yang ada motor ini lengkap banget, mulai dari lampu LED, Answer Back System, lampu hazard. 

 

Gambar Yamaha Mio S

Gak cukup sampai di situ, kelebihan Yamaha Mio S masih ditambah lagi dengan ban lebar dan desain speedometer baru yang telah dilengkapi dengan Eco Indicator.

Jadi bisa lebih maksimal riding dengan gaya hemat bahan bakar.

Nah, setelah melihat semua model di atas beserta daftar harga sepeda motor Yamaha Mio, kira-kira model apa yang cocok buat kamu?

Cara Gampang Hitung Simulasi Kredit Motor Yamaha

Gak perlu lagi bingung mengira-ngira besar angka cicilan saat mau ambil kredit motor. Kamu bisa menghitungnya dengan mudah lewat simulasi kredit motor Yamaha yang disediakan JG Motor.

Yup, JG Motor selaku dealer Yamaha selalu ngasih kamu kemudahan untuk memiliki motor Yamaha impian. Salah satunya dengan menyediakan fitur simulasi kredit motor yang bisa diakses lewat website JGMotor.co.id.

simulasi kredit

Fitur tersebut bisa diakses dengan mudah di sidebar sebelah kanan seperti yang bisa kamu lihat. Untuk cara pakainya, yuk kita coba sama-sama.

Sebagai contoh, kita bakal coba hitung besar angka cicilan motor Yamaha Lexi.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis motor yang diminati di kolom “Model”. Kali ini kita bakal hitung kredit Yamaha Lexi.

Lalu pilih juga area dan yang terpenting lagi pilih termin kredit yang dikehendaki. Termin kredit bisa dibilang adalah jumlah berapa kali cicilan itu akan dibayarkan.

Setelah semuanya sudah dipilih sesuai minat, tinggal klik “Cek Kredit”. Tunggu sebentar dan keluarlah hasilnya.

Untuk Yamaha Lexi yang punya harga jual Rp19 juta, cicilan perbulannya Rp881.000 sebanyak 33 kali bayar. Sedangkan, down payment-nya adalah sebesar Rp2 juta.

Dari situ kamu masih bisa mengubah beberapa pilihan, mulai dari jumlah uang DP atau melihat motor lainnya. Gimana? Gampang kan?

Dengan adanya simulasi kredit motor Yamaha ini, JG Motor membuktikan komitmennya untuk selalu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen. Selamat mencoba ya!

Kredit Motor Yamaha Matic di Bawah 30 Juta yang Cocok Buat Touring

Bikin petualangan touring kamu makin seru dengan motor Yamaha. Kamu bisa memilikinya secara mudah dengan fasilitas pembelian yang tersedia di JG Motor, mulai dari kredit motor Yamaha ataupun cash.

Yamaha memiliki sederet produk yang asyik banget buat dipakai touring nih. Gak terkecuali untuk jajaran motor matic-nya.

Motor matic sendiri menawarkan sejumlah keuntungan buat dipakai touring. Misal, adanya fasilitas penyimpanan barang sangat luas di bawah jok yang saat ini sudah menjadi fitur wajib di matic Yamaha.

Kelebihan lainnya ialah kenyamanan saat berkendara. Hal ini dikarenakan kamu gak perlu repot memainkan transmisi, jadi bisa fokus menikmati momen-momen indah selama perjalanan.

Ditambah lagi motor matic Yamaha dibekali mesin yang powerful, namun tetap irit. Gak perlu sering-sering mampir pom bensin, bro. Nah, berikut adalah motor-motor matic Yamaha yang bisa kamu kredit:

Yamaha NMAX 155

Masuk ke dalam jajaran produk Maxi Yamaha, Yamaha NMAX 155 memang sangat bisa diandalkan untuk urusan touring. Salah satu alasannya ialah posisi riding yang ditawarkannya, bro.

nmax 155

Rileks banget buat perjalanan jauh jadi bikin badan gak cepat pegal.

Yamaha NMAX 155 tersedia dalam dua pilihan, yaitu tipe ABS dan non ABS. Sedangkan, yang menjadi sumber tenaganya adalah mesin satu silinder 4 tak 155 cc dengan tenaga puncak 11.1 kW / 8000 rpm dan torsi 14.4 Nm / 6000 rpm.

Yamaha AEROX 155

Pilihan lainnya adalah Yamaha AEROX 155. Matic Yamaha yang satu ini memang dikenal memiliki aura sporti. Tapi dengan performa mesinnya yang sangat unggul, Yamaha AEROX 155 mantap banget buat digeber jarak jauh.

aerox

Yamaha AEROX 155 bisa kamu dapatkan dalam beberapa varian dengan harga mulai dari Rp23 juta untuk varian standarnya.

Yamaha X-Ride

Touring ke daerah yang masih asing bakal ngasih banyak kejutan. Contohnya adalah Kondisi jalan yang menantang. Untuk mengantisipasi hal itu Yamaha X-Ride siap jadi motor matic andalan kamu, bro.

xride

Yamaha X-Ride memang didesain sebagai motor matic petualangan dengan segala kelebihannya. Mulai dari mesin bertenaga dan irit, sampai handling yang lincah.

Semua motor di atas bisa kamu dapatkan di dealer Yamaha JG Motor. Bisa dengan pembelian secara cash ataupun kredit motor Yamaha. Langsung pilih deh, terus gaspol touring bareng teman-teman!