Seberapa Sering Kampas Rem Harus Diganti?

Rem sepeda motor menjadi salah satu komponen yang memiliki peranan penting, makanya rem ini perlu dilakukan perawatan secara berkala agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Rem memiliki kampas yang akan mengalami penurunan fungsi apabila digunakan terus-menerus, untuk itu kampas rem ini perlu diganti agar rem tetap bisa bekerja optimal. Tetapi, kapan sebaiknya kamu mengganti kampas rem? Berikut ini ada beberapa indikator yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mengetahui seberapa sering kamu harus mengganti kampas rem lama dengan yang baru, antara lain:

  • • Kebiasaan Berkendara

Kebiasaanmu berkendara di jalan raya ini juga bisa jadi indikator kapan kamu harus mengganti kampas rem. Apabila kamu termasuk pengendara yang sering menggunakan rem secara mendadak dan dalam, kebiasaan ini akan membuat kampas rem cepat habis. Sedangkan jika kamu menggunakan rem ini secara lembut, kampas rem akan menjadi lebih awet.

 

  • • Kondisi Jalan

Jika kamu sering melewati jalan yang kondisinya padat dan sering macet, maka kamu akan lebih sering menggunakan rem di sepeda motor. Kondisi ini akan membuat kampas rem menjadi lebih cepat habis dan harus segera diganti, sebaliknya jika kamu menggunakan sepeda motor di jalan yang lalu lintasnya lancar, kampas rem kamu akan lebih awet karena kamu tidak perlu sering-sering menarik tuas rem untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan.

 

  • • Kekerasan Kampas Rem

Kampas rem dibuat dari bahan yang berbeda –beda sehingga kampas rem juga memiliki kekerasan serta kualitas yang berbeda pula. Kampas  rem yang keras akan bertahan lebih lama daripada kampas yang lebih lunak, jadi kamu tak perlu sering menggantinya.

Kamu bisa mengetahui seberapa sering kamu harus mengganti kampas rem dari caramu berkendara di jalan raya. Selain itu, jika ada tanda seperti rem yang semakin sulit digunakan atau ada suara gesekan itu juga bisa menjadi pertanda kalau kampas rem sudah harus diganti.

Bagaimana Pengaruh Oli terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor?

Mengapa oli mesin sepeda motor perlu diganti? Apakah mengganti oli mesin bisa mempengaruhi kinerja mesin sepeda motor? Bagaimana kalau oli mesin sepeda motor  tidak diganti secara rutin? Mengganti oli mesin secara rutin ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga performa sepeda motormu tetap maksimal dan nyaman digunakan, selain itu juga bisa membuat mesin sepeda motor menjadi lebih awet.

Mengganti oli mesin ini juga perlu diperhitungkan, sebaiknya kamu mengganti oli mesin setiap kali sudah menempuh jarak tertentu atau disesuaikan dengan penggunaanmu setiap harinya. Oli mesin yang dibiarkan terlalu lama digunakan ini akan mengental dan membuat kerusakan akibat oli tidak mampu melumasi mesin secara sempurna. Selain itu, mesin juga harus bekerja ekstra karena oli yang kotor ini dan akhirnya kamu akan merasakan turunnya tenaga dari sepeda motormu.

Oli mesin yang mengental juga bisa menyumbat celah-celah kecil yang ada di bagian dalam mesin, jika dibiarkan terus-menerus kondisi ini akan membuat mesin menjadi lebih cepat panas atau over heating karena timbulnya gesekan-gesekan tinggi di dalam mesin sepeda motor.

Makanya kamu perlu mengganti oli mesin ini secara rutin karena kondisi oli mesin sangat mempengaruhi performa mesin sepeda motormu secara keseluruhan. Oli mesin yang sudah lama tidak diganti akan mengental dan menurunkan kinerja mesin sepeda motormu, membuat mesin menjadi lebih cepat panas, dan membuat usia mesin sepeda motor menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, pastikan kamu mengganti oli mesin ini secara rutin setiap mencapai kilometer tertentu atau setiap bulannya. Pilihlah oli mesin yang sesuai untuk sepeda motormu agar oli bisa bekerja maksimal melindungi mesin saat sepeda motor digunakan.

Jaga Tekanan Angin Ban Supaya Hemat Bahan Bakar

Semakin hari harga bahan bakar untuk kendaraan bermotor semakin meningkat, sebagai konsumen kamu tidak bisa menolak kenaikan ini dan harus menerima kenyataan kalau pengeluaran untuk bahan bakar akan semakin banyak. Tetapi sebenarnya kamu bisa mengurangi pengeluaran dengan menghemat konsumsi bahan bakar di motormu.

Cara menghemat bahan bakar ini juga sangat mudah dan sederhana, tak perlu kamu mengurangi waktu pemakaian sepeda motor, tetapi kamu bisa menghematnya dengan hanya menggunakan ban motormu. Lalu apa hubungannya ban motor dengan menghemat bahan bakar? Tekanan angin di dalam ban motor ini bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar di motormu. Tekanan angin yang pas dan sesuai ini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat karena  nilai tahanan gelinding atau Rolling Resistance menjadi lebih kecil dan memudahkan kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Sedangkan ban motor yang kempes atau kurang angin akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros karena tapak ban yang menyentuh permukaan jalan semakin lebar dan membuat Rolling Resistance semakin besar, motormu juga akan semakin terasa berat dan berdampak pada mesin yang harus bekerja lebih ekstra.

Jadi untuk menghemat bahan bakar, kamu bisa melakukannya dengan membuat nilai Rolling Resistance di motormu ini semakin kecil. Caranya juga mudah, kamu cukup mengisi angin di dalam ban dengan tekanan yang sesuai aturan, dan jangan lupa untuk rutin mengecek tekanan angin di dalam ban minimal dua minggu sekal karena tanpa kamu sadari motor yang digunakan setiap hari akan mengalami penurunan tekanan angin.

Tak yakin dengan cara ini? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan mengisi tekanan angin di ban motormu sesuai dengan standarnya dan rasakan sensasi berekendara yang lebih hemat bahan bakar.

Skuter Matic Yamaha Freego Telah Dilengkapi Smart Motor Generator, Apa Fungsinya?

Smart Motor Generator (SMG) dapat dikatakan sebagai salah satu fitur andalan yang terdapat pada sejumah motor Yamaha terbaru. Salah satu produk Yamaha yang telah mengadopsi fitur ini ialah skuter matic Yamaha Freego. Mungkin sebagian dari kamu pun bertanya-tanya, apa fungsi Smart Motor Generator?

Gampangnya, fitur ini berguna menambah kenyamanan kamu dalam menggunakan motor-motor Yamaha. Dengan Smart Motor Generator, maka mesin motor akan lebih halus saat dinyalakan menggunakan starter eletrik. Nggak ada lagi suara menghentak seperti yang dulu kerap ditemui pada produk-produk lawas.

Bila kita melihat aspek teknisnya, Smart Motor Generator berada satu poros dengan crankshaft. Jadi bisa memutar langsung tanpa membutuhkan gir. Keberadaan Smart Motor Generator juga menggabungkan generator pengisian dan dinamo starter. Jadi nggak ada lagi dinamo starter konvensional.

Informasi ini didapat dari penuturan Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dikutip dari website GridOto.com.

Dijelaskan pula bahwa ketika menjadi stater maka kutub atau pole spul dialiri listrik. Sehingga menghasilkan medan magnet. Magent akan berputar karena gaya tarik menariknya dan tolak menolak. Selanjutnya mesin akan menyala. Setelah itu ketika mesin menyala maka generator akan beralih fungsi melakukan pengisian baterai.

Nah, Smart Motor Generator sendiri bukanlah satu-satuya fitur unggulan yang menempel di Yamaha Freego. Kamu masih bisa menemukan fitur bernilai lainnya, seperti Electric Power Socket, Smart Key, Side Stand Switch, Digital Speedometer dan masih banyak lagi tergantu tipe yang kamu pilih.

Sedangkan semua tipenya menggunakan mesin BlueCore 125cc yang bertenaga sekaligus irit, dilengkapi forged and diasil piston.

Ketahui Keunggulan-keunggulan Yamaha MX-King Terbaru

Yamaha menawarkan jajaran produk yang lengkap, mulai dari motor berjenis skuter matik hingga sports. Nggak ketinggalan juga motor moped yang jajaran produknya diisi Yamaha MX-King. Mungkin saja motor berjuluk “Raja Jalanan” ini adalah jenis tunggangan yang cocok untuk kalian yang tengah mencari motor baru di 2019 ini. Lantas, apa saja sih keunggulannya?

Kamu perlu tahu bahwa Yamaha baru saja merilis generasi terbaru dari MX-King dengan penampilan yang pastinya makin keren. MX-King generasi terkini tampil makin segar dalam balutan warna baru yang tersedia, yakni Metallic Blue, Matte Red serta Metallic Orange yang seluruhnya mampu mengeluarkan aura racy sejati. Kalau untuk desain keseluruhannya masih mengadopsi gaya yang agresif.

Ada fitur baru yang bisa ditemui pada Yamaha MX-King kini. Mulai dari lampu depan bergaya sporty yang sudah menggunakan teknologi LED sehingga membuat sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama hingga speedometer full digital dengan desain futuristik yang sangat membantu pengendara dalam mendapatkan beragam informasi terkait sepeda motor.

Pada generasi terbarunya ini Yamaha MX-King juga sudah mengadopsi fitur hazard lamp. Fungsinya sebagai tanda keadaan darurat yang dihadapi oleh pengendara dalam perjalanannya. Lalu pada sektor kaki-kaki, ban tubeless dengan ukuran yang lebih besar dari model sebelumnya yakni 90/80-17 di bagian depan serta 120/70-17 di bagian belakang membuat rasa berkendara menjadi semakin stabil dan terlihat gagah.

MX-King membawa mesin Fuel Injection berkapasitas 150cc dengan 5 percepatan berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 11.3 kW/ 8,500rpm dengan torsi maksimum mencapai 13.8 kW/ 7,000rpm membuat motor ini siap mengaspal tidak hanya di jalan raya, namun juga lintasan sirkuit balap sekalipun.

MX-King generasi terbaru dijual seharga Rp 22,900,000 dan Rp 23,200,000 untuk edisi Movistar Livery. Kedua harga tersebut merupakan OTR Jakarta.

Kenali Tiga Varian Yamaha R25 Terbaru, Tipe Mana yang Paling Cocok Untukmu?

Bagi kalian yang menyukai motor sports, Yamaha R25 adalah pilihan yang tepat. Desain dinamis dan mesinnnya yang bertenaga adalah alasan utamanya. Apalagi, kini Yamaha R25 memiliki tiga varian yang bisa kamu pilih. Kira-kira tipe mana yang paling cocok kamu?r25 blueSebagai informasi, Yamaha belum lama ini meluncurkan varian terbaru dari motor ini, yaitu Yamaha R25 ABS. Hal baru yang utama dari tipe ini ialah kehadiran fitur Anti-lock Braking System. Berbekal fitur ini, Yamaha R25 menyuguhkan aspek keselamatan ekstra.r25 redFitur ABS yang dimilikinya berguna untuk menghindari situasi ban mengunci ketika motor direm mendadak. Dengan begitu motor tetap bisa dikendalikan dalam situasi darurat.

Selain penambahan fitur ABS (Anti-lock Braking System) pada sistem pengereman, Yamaha turut membekali R25 generasi terbaru dengan beragam fitur lain yang tidak kalah menarik. Seperti suspensi Up Side Down yang tidak hanya mampu membuat pengendara mendapatkan handling terbaik saat berkendara, namun turut membuat tampilan motor menjadi terlihat lebih gagah.

Perpaduan antara ban ukuran besar pada bagian depan (110/70-17) dan belakang (140/70-17) dengan velg lebar berbahan aluminium alloy yang teruji lebih kuat serta ringan pada motor turut membuat rasa berkendara menjadi semakin stabil.

Pada  bagian lampu depan dan belakang R25 generasi terbaru juga sudah mengadopsi teknologi LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama.

Hazard lamp yang kini telah disematkan berfungsi sebagai tanda ketika pengendara mengalami kondisi darurat. Pengaplikasian tombol starter 3 in 1 yang terdiri dari cut off/ on dan starter engine dihadirkan untuk mempertegas kesan “Big Bike” pada motor.

Fitur-fitur ini juga bisa ditemui pada dua varian lainnya, yaitu Yamaha R25 standar dan Yamaha R25 Movistar. Untuk tipe yang satu ini keistimewaannya adalah balutan grafis Movistar khas besutan pembalap pabrikan Yamaha di balap MotoGP.

Riding Pakai Yamaha Lexi S Makin Aman dengan Fitur ABS

Faktor keselamatan berkendara selalu menjadi fokus dalam pengembangan setiap produk Yamaha. Nggak terkecuali untuk skutik Yamaha Lexi yang kini hadir dalam pilihan dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System). Fitur keselamatan unggulan ini bisa kamu temui pada varian Yamaha Lexi S-ABS.

Resmi mengaspal pada Januari 2018 silam, salah skutik dari kategori produk MAXI Yamaha ini berhasil merebut hati konsumen dengan desainnya yang terkesan mewah dan elegan. Anggota keluarga terbaru dari MAXI Yamaha ini pun sempat menyabet gelar bergengsi Motorcycle of The Year dalam sebuah ajang penganugerahan.

Dan kini kehadirannya semakin menjanjikan berkat hasil pengembangan yang dilakukan, yaitu penyematan fitur ABS untuk tipe Lexi S. Fitur ABS bermanfaat untuk mencegah roda terkunci jika terjadi pengereman tiba-tiba. Dengan begitu laju motor tetap bisa dikendalikan dalam kondisi darurat.

Persembahan teranyar Yamaha tersebut menambah kehadiran produk-produk berkualitas di market sepeda motor Indonesia. Lexi S ABS merupakan varian tertinggi Yamaha Lexi yang memiliki semua kelebihan Lexi S seperti fitur smart key system, subtank suspension dan special luxury seat. Yamaha pun menyempurnakannya dengan fitur ABS yang hadir di akhir tahun 2019 silam.

Kehadiran varian Lexi S ABS merupakan hasil dari besarnya minat konsumen terhadap skutik MAXI Yamaha ini. Fitur-fitur pada Lexi S juga ada pada Lexi S ABS. Hadirnya varian terbaru ini menambah pilihan konsumen dan mereka memiliki kebanggaan tersendiri untuk mengendarainya.

Lexi S ABS dipasarkan dengan satu warna yaitu Matte Blue. Harga yang ditetapkan adalah Rp 25.800.000 on the road (OTR) Jakarta. Dengan kehadiran varian baru ini pun menjadikan totalnya ada tiga varian untuk Yamaha Lexi. Terdiri dari Yamaha Lexi Standar, Lexi S, dan Yamaha Lexi S-ABS.

Lihat Tiga Warna Baru Motor Matic Yamaha Aerox 155 yang Sporti Abis

Melalui lini produk Maxi, Yamaha menyuguhkan jajaran produk motor matic yang sangat lengkap dan bekelas. Produk yang berada di dalamnya bukan hanya elegan, melainkan ada juga yang berkarakter sporti, contohnya adalah Yamaha Aerox 155 yang belum lama ini mendapat sentuhan baru berupa pilihan warna yang lebih segar.

Ada sejumlah warna baru yang bisa kamu pilih untuk motor matic Yamaha Aerox 155, meliputi black (hitam), red (merah), dan gry (abu-abu). Ketiga warna ini tersedia untuk Yamaha Aerox 155 tipe Standar. Semua warna yang dihadirkan dijamin membuat penampilan skutik Yamaha ini bertambah sporti. Cocok banget untuk kalian yang berkarakter aktif, sporti, muda, dan enerjik.mate silverSpesial untuk warna grey tampil beda dengan cast wheel kuning yang akan menjadi magnet perhatian konsumen. Aerox 155 R-Version hadir dengan warna Matte Silver berkonsep Let’s Race, kental dengan image kuat sporty racing sesuai buat konsumen penyuka racing.redSedangkan dua warna tersedia untuk Aerox 155 S-Version yaitu Matte Black dan Matte Red mengekspresikan sentuhan elegan sporty. Aerox 155 S-Version Matte Black dengan cast wheel emas merupakan respon Yamaha dari suara pecinta MAXI Yamaha yang menginginkan warna itu seperti yang terdapat pada Nmax.

Tampilan warna baru Aerox 155 makin memperkuat kesan sporty buat para penggemar MAXI Yamaha yang ingin tetap menonjolkan sisi sporty. Yamaha memasarkan Aerox 155 standard warna baru seharga Rp 23.550.000 on the road Jakarta, Aerox 155 R-Version Rp 24.850.000 on the road Jakarta, Aerox 155 S-Version Rp 27.450.000 on the road Jakarta.

Dari segi spesifikasi, Yamaha Aerox 155 menggunakan mesin BlueCore 155cc yang irit sekaligus bertenaga. Mesinnya sendiri sudah menggunakan sistem VVA (Variable Valve Actuation) sehingga tarikan motor selalu maksimal. Di samping itu, berbagai fitur canggih seperti Smart Motor Generator, Digital Speedometer, dan Electric Power Socket juga ikut disematkan guna menambah pengalaman berkendara yang mengasyikkan.

Tips Memasang Kamera Aksi Buat Rekam Perjalanan Touring

Saat ini banyak sekali pengendara sepeda motor yang menggunakan kamera aksi seperti kamera GoPro untuk merekam perjalanan yang mereka lalui, terlebih saat mereka melakukan perjalanan yang panjang seperti touring. Kamera aksi ini memang banyak dipakai karena sangat praktis, ukurannya yang kecil ini membuatnya mudah dibawa dan dipasang di sepeda motormu.

Biasanya pengendara motor menempelkan kamera GoPro ini di helm mereka agar lebih mudah saat merekam tanpa perlu dipegang. Tapi ternyata tak cuma di helm, kamera GoPro juga bisa kamu tempel di sepeda motormu dan jangan lupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini tips memilih posisi menempelkan kamera  aksi GoPro di sepeda motor untuk merekam perjalananmu.

  • Stang Motor

Kamu bisa menempelkan kamera GoPro di stang sepeda motor untuk merekam perjalanmu dan mendapatkan rekaman rute atau lintasan yang kamu lalui. Kelebihan memasang kamera GoPro di stang yaitu posisi kamera yang lebih stabil dan lebih mudah untuk diubah pengaturannya, tetapi kekurangannya adalah ketika ada getaran tentunya akan mengganggu hasil rekaman dari lamera aksimu.

  • Body Samping

Memasang kamera GoPro di body samping sepeda motor ini bisa membuat hasil rekaman yang keren terutama ketika kamu melewati jalan menikung. Kelebihan memasang  kamera GoPro di body samping yaitu video yang dihasilkan lebih stabil dan keren, karena kamera bisa diarahkan ke arah depan maupun belakang. Kekurangannya yaitu hanya bisa melihat dari satu sisi sepeda motor.

  • Belakang Motor

Menempelkan kamera aksi pada bagian belakang motor ini akan merekam gerakan kamu sebagai pengendara saat bermanuver di jalan raya. Lokasi pemasangan di belakang ini juga cukup stabil, hanya saja kamera ini tidak bisa merekam jangkauan lebih luas lagi karena terhalang tubuhmu yang sedang mengendarai sepeda motor.

Sebaiknya kamu menyesuaikan posisi kamera GoPro di sepeda motor dengan kebutuhan, kalau kamu punya lebih dari satu kamera aksi, kamu bisa memasangnya di beberapa tempat agar hasil rekamanmu lebih keren lagi. Selamat Mencoba

Sejarah Lahirnya Merek Motor Yamaha

Siapa yang tak tahu Yamaha, Yamaha menjadi salah satu merek sepeda motor yang punya banyak penggemar di Indonesia. Kesuksesan Yamaha sampai sekarang ini didapatkan melalui proses yang cukup panjang. Yamaha bisa bertahan sampai saat ini karena ia selalu mengedepankan berbagai macam inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Torakusu Yamaha mulai membangun merek Yamaha yang berkecimpung di dunia musik dan instrumen di tahun 1887 dengan membuat organ, dan di tahun 1897 Yamaha bisa membuat pabrik sendiri yaitu Nippon Gakki. Keuntungan yang didapatkan Yamaha dari bisnis ini sangat besar dan menjadikannya sebagai produsen alat musik terbesar dan menduduki peringkat nomor satu di dunia.

Kemudian di tahun 1955, Geichi Kawakami yang menjadi penerus Torakusu Yamaha  ini membuat Yamaha Motor Corp yang menjadi asal mula terciptanya sepeda motor Yamaha  yang saat ini banyak dikenal dunia. Yamaha YA-1 merupakan produk andalan dari pabrik ini, sepeda motor pertama buatan Yamaha ini juga sudah mengusung teknologi kick starter dan menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan teknologi ini di Jepang.

Sepeda motor Yamaha ini terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, hingga di tahun 1959 Yamaha berhasil memproduksi motor sport. Permintaan akan sepeda motor Yamaha ini terus meningkat setiap tahunnya, di tahun 1960 saja atau tepat lima tahun berdiri, Yamaha sudah mengalami enam kali lipat permintaan dari tahun sebelumnya.

Akhirnya di tahun 1962, Yamaha mulai mengekspor produksi sepeda motornya ke Amerika Serikat. Demi memenuhi permintaan pasar, Yamaha membuat pabrik di luar Jepang. Pabrik pertama yang dibangun Yamaha berlokasi di Thailand pada tahun 1966, di pabrik ini Yamaha terus melebarkan sayap dan mulai memproduksi motor trail. Sampai sekarang, Yamaha terus mengalami perkembangan tak hanya di Jepang tetapi juga di Indonesia dan seluruh dunia demi persaingan di dunia otomotif