5 Hal yang Harus Segera Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir

 

Di musim penghujan seperti sekarang ini kamu sebagai pengendara motor memang harus lebih cermat pada kendaraan. Apalagi bila kamu sering melewati atau melintasi daerah genangan air atau banjir, maka perhatianmu harus lebih besar. Ketika motor melewati banjir memang kemungkinan air bisa masuk dan mempengaruhi beberapa komponen motor. Nah dari sinilah bila kamu tidak ingin mendapati masalah pada motor, pastikan setelah melewati banjir untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Jangan Langsung Nyalakan Mesin

Hal pertama yang harus dilakukan setelah motor terendam banjir adalah tidak langsung menyalakan mesin. Dengan kekhawatiran adanya air yang masuk ke dalam ruang mesin membuatmu perlu menunggu beberapa waktu setelah melewati banjir. Jangan langsung menyalakan motor dengan cara apapun karena bila kamu lakukan maka air yang masuk ke ruang mesin dapat membuat komponen di dalamnya seperti piston, setang piston dan lainnya mengalami kerusakan atau aus.

  • Melepas Busi

Biasanya setelah motor melewati banjir maka banyak yang mengalami mogok. Salah satu hal yang menyebabkan hal ini terjadi adalah busi yang basah terkena air. Jika busi basah maka sistem pengapian dan kelistrikan memang tidak akan berfungsi hingga membuat motor menjadi mogok. Maka dari itu setelah motormu melewati genangan air atau banjir, pastikan untuk melihat kondisi busi. Lepas cop (penutup) dan lihat serta bersihkan dengan lap kering busi jika didapati basah. 

  • Periksa Filter Udara

Berikutnya, hal yang harus kamu lakukan setelah motor melewati banjir adalah memeriksa filter udara. Salah satu komponen motor yang juga sering dimasuki air saat menerobos banjir adalah filter udara. Dari sinilah maka kamu perlu memeriksa atau mengecek silter atau saringan udara setelah motor menerjang banjir. Pastikan tidak ada air di dalam filter udara ini. Tapi bila ada air yang masuk maka segera lepaskan saringan tersebut dan keringkan. Pilihan lain untuk kamu yang tidak ingin mengambil risiko masalah di tengah jalan adalah mengganti filter udara tersebut.

  • Periksa Oli 

Bila banjir yang kamu terobos membuat motor terendam hingga mesin maka kamu harus memeriksa bagian oli. Sebab motor yang terendam dalam biasanya akan membuat air merembes ke ruang mesin hingga mempengaruhi oli. Untuk mengetahui ada tidaknya air pada oli di ruang mesin ini kamu bisa melihat warnanya. Bila kamu melihat oli yang berwarna putih dan berbusa itu artinya oli tercampur air (milky oli).  Jika yang terjadi adalah oli yang sudah tercampur air maka mau tak mau kamu harus mengganti oli dengan yang baru. Beberapa pakar bahkan menyarankan motor yang sering terendam banjir untuk memeriksakan mesin motornya.

  • Cuci Motor

Terakhir, hal yang harus segera kamu lakukan setelah motor menerjang banjir adalah mencuci motor. Motor yang terkena air hujan terlebih genangan banjir yang kotor memang perlu untuk segera dibersihkan. Sebab bila tidak segera dicuci maka body motormu bisa saja lama-kelamaan akan terlihat kusam dan rusak. Selain menghindari kerusakan pada body motor, mencuci motor setelah kehujanan atau kebanjiran, dapat membuat beberapa komponen motor seperti rantai terhindar dari karat.

Demikianlah informasi mengenai hal-hal yang harus dilakukan setelah motor melewati genangan banjir. Dari sinilah maka di masa penghujan seperti sekarang, kamu perlu lebih memperhatikan keadaan motor. Terlebih bagi kamu yang sering berada di jalan dan melewati beberapa genangan air, maka perhatian terhadap motor harus lebih serius. Bila kamu memang membutuhkan penanganan lebih jauh untuk motor, pastikan saja untuk mendatangi JG Motor. Di JG motor ini motormu akan diperiksa dan diservice dengan baik hingga performanya kembali optimal.