Tips Merawat Motor Agar Awet

Siapa sih yang tidak ingin punya motor yang awet dan tahan lama? Dengan motor yang awet maka kamu bisa tetap tampil dengan keren saat berkendara. Tapi untuk membuat motor awet ini dibutuhkan sebuah usaha bernama perawatan. Motor memang perlu dirawat setiap waktu. Apalagi bila motor tersebut sering kamu gunakan, maka perawatannya pun harus lebih intens. Tapi bagaimana cara merawat motor agar tetap awet selalu? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor agar tetap awet tersebut.

  • Ganti Oli Minimal 2 Bulan Sekali

Tips pertama mewarat motor agar tetap awet yaitu dengan mengganti oli secara rutin minimal 2 bulan sekali. Oli memang menjadi komponen yang sangat penting bagi segala jenis motor apapun. Berfungsi sebagai pelumas, oli akan bekerja mendinginkan mesin saat digunakan. Maka jika oli berkurang atau bahkan habis, hal ini bisa mebuat mesin motor cepat rusak. Jadi untuk membuat mesin motor tetap awet pastikan saja kamu rutin mengganti oli setiap waktu. Waktu minimal untuk mengganti oli motor ini adalah dua bulan sekali. Bahkan bila motor sangat sering digunakan, maka penggantian oli ini harus dilakukan lebih cepat. 

  • Selalu Tinjau dan Cek Aki Sepeda Motor

Bagian kelistrikan dari motor yang berasal dari aki juga merupakan sesuatu yang tak boleh dipandang remeh. Sebab bila ada hal yang salah dari sistem kelistrikan pada motor bisa saja terjadi korsleting. Hal lain dari sistem kelistrikan motor yang penting untuk dicermati yaitu pengisian daya yang seringkali terlewat. Baik itu sistem kelistrikan yang salah atau pengisian daya aki yang tidak dilakukan, keduanya dapat membuat bagian motor lain menjadi rusak.

  • Cek Kondisi Ban Sebelum Berkendara

Berikutnya, cara untuk merawat motor agar tetap awet adalah dengan selalu rajin melakukan pengecekan pada ban sebelum digunakan. Ban yang kurang angin atau aus memang bisa mempengaruhi komponen lain pada roda motor. Beberapa komponen di sekitar roda yang bisa rusak karena ban yang kempis atau rusak yaitu gear, velg dan juga shockbreaker.

  • Gunakan Lampu Jauh dan Lampu Dekat Secara Bergantian

Lampu juga menjadi salah satu bagian motor yang cepat rusak akibat penggunaannya yang kurang tepat. Maka dari itu kamu yang ingin lampu motor tetap awet coba pastikan untuk sering melakukan pergantian jenis lampu. Seperti misalnya pada siang hari cobalah untuk menggunakan lampu jauh sedangkan pada malam hari gunakan lampu dekat. Dengan penggantian lampu seperti ini maka lampu motor akan tetap awet.

  • Cuci Motor Kamu Seminggu Sekali

Siapa di sini yang malas bersihin motor? Ingat ya motor yang jarang dibersihin bisa membuat bodi motor terlihat cepat rusak. Ini karena bodi motor yang jarang dicuci dapat mengakibatkan munculnya karat hingga lama kelamaan membuat bodi motor cepat rusak. Jadi jika kamu ingin punya motor yang selalu awet dengan bodinya yang menarik, maka pastikan untuk rajin mencucinya minimal seminggu sekali.

  • Servis Rutin Setiap 5.000 Kilometer Sekali

Terakhir, cara merawat motor agar awet adalah dengan melakukan service rutin setiap 5.000 kilometer sekali. Seiring penggunaan, motor memang akan terus mengalami penurunan performa. Tapi kamu bisa mengurangi penurunan performa motor ini dengan cara rajin melakukan service. Untuk melakukan service cobalah untuk selalu mengecek kilometer pada speedometer. Bila sudah menunjukkan penambahan 5.000 km maka saatnya motor untuk di-service. Supaya motormu mendapatkan service yang tepat, maka pastikan juga kamu membawanya ke bengkel resmi. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor supaya tetap awet. Dari sini maka jangan sampai kamu malas untuk melakukan perawatan pada motor ya. Bila kamu masih binggung atau ragu mencari tempat perawatan yang tepat, pastikan saja JG Motor jadi pilihan terbaik.