Tips Berkendara dengan Motor di Musim Hujan

 

Di musim hujan ini kita memang perlu lebih berhati-hati dan ekstra waspada saat berkendara dengan motor. Dengan keadaan jalan yang berair, maka risiko kecelakaan memang semakin besar. Dalam keadaan jalanan yang basah tersebut motor bisa mengalami slip ban dan akhirnya terjatuh. Tentu slip ban ini merupakan satu contoh dari sekian banyak hal berbahaya saat berkendara dengan motor saat musim hujan. Nah untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara dengan motor di musim hujan inilah kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Hindari Mengebut dan Rem Mendadak

Tips pertama bekendara dengan motor saat musim hujan adalah hindari mengebut dan rem mendadak. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dengan kondisi jalanan yang licin karena air hujan maka bisa saja terjadi slip ban dan membuatmu tergelincir di aspal. Melakukan rem mendadak juga punya risiko yang sama berbahayanya dengan mengebut. Bahkan kecelakaan lebih parah mungkin saja tak terhindarkan bila kamu melakukan rem mendadak yang sebelumnya diikuti oleh kecepatan tinggi.

  • Selalu Nyalakan Lampu

Saat hujan biasanya jarak pandang akan lebih terbatas. Ini karena pandangan kita akan terhalang oleh air hujan yang turun serta keadaan mendung. Nah ketika pandangan terbatas tentu hal ini sangat membahayakan bagi pengendara karena bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Untuk itulah supaya meminimalisir pandangan yang terbatas ini kamu perlu menyalakan lampu. Meski siang hari dalam keadaan hujan, lampu sangat penting untuk dinyalakan agar pandanganmu lebih jelas dan pengendara lain bisa melihatmu.

  • Waspadai Keadaan Alam Sekitar

Hujan yang berlangsung terus-menerus juga bisa memicu bencana alam seperti longsor, banjir dan pohon tumbang. Nah dari sinilah maka saat kamu harus berkendara dengan motor saat musim hujan, pastikan untuk mewaspadainya. Jadi ketika naik motor lebih baik hindari tempat-tempat seperti pegunungan yang memicu longsor. Hindari juga tempat-tempat yang sering banjir serta tempat dengan pepohonan yang dapat tumbang.

  • Berteduh Bila Hujan Terlalu Lebat

Jika hujan turun terlalu lebat disarankan untuk berhenti dan berteduh untuk menunggu reda. Hujan yang terlalu lebat memang bisa sangat berisiko besar memicu kecelakaan. Jadi dari pada ambil sesuatu yang berisiko tinggi, lebih baik mengambil langkah aman dengan berteduh dulu. 

  • Waspadai Jalan yang Tergenang Air

Saat musim hujan tak jarang kita akan mendapati banyak genangan air di banyak tempat. Nah dari sinilah kita perlu berhati-hati saat harus melewatinya. Sebab genangan air yang ada ini bisa jadi tercipta dari jalanan yang berlubang. Dari sinilah maka kamu lebih baik menghindari jalan yang tergenang air tersebut agar tidak terperosok. 

  • Gunakan Jas Hujan Two Piece

Terkahir, tips berkendara dengan motor ketika musim hujan adalah dengan menggunakan jas hujan two piece. Saat hujan kamu memang membutuhkan jas hujan untuk menghindari basah saat bekendara. Tapi untuk meminimalisir kecelakaan maka kamu harus memilih jas hujan jenis two piece (setelah baju dan celana). Sebab bila kamu memilih jas hujan jenis ponco maka hal ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan akibat masuknya jas hujan ke roda atau jeruji roda.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berkendara dengan motor di musim penghujan. Ingat, bahwa keamanan dan keselamatan dalam berkendara adalah sesuatu yang harus diprioritaskan. Jangan lupa juga dalam menghadapi musim hujan kamu perlu memastikan keadaan motor mendukung untuk digunakan. Nah bila kamu merasa motormu perlu diperbaiki dalam menghadapi musim hujan, kamu bisa menghubungi JG Motor