Inilah 5 Komponen Motor yang Perlu Mendapat Perhatian Serius Saat Musim Hujan

 

Musim hujan seperti sekarang tentu membuat motor perlu perhatian yang lebih. Ini dikarenakan motor yang terkena air hujan dapat memicu kerusakan pada beberapa komponen yang melekat di dalamnya bila dibiarkan begitu saja. Bila kamu bisa langsung memberikan perawatan yang baik pada komponen yang rawan rusak tersebut, motormu akan bisa tetap berada dalam performa yang optimal. Nah dari sinilah saat berlangsung musim penghujan maka kamu perlu lebih intens mencermati motor, terutama pada beberapa komponen berikut ini.

  • Busi

 

Komponen pertama yang perlu kamu perhatikan dengan serius saat musim hujan adalah busi. Meski letaknya tersembunyi dan tertutup cop (penutup), namun adanya celah yang ditemui pada beberapa motor, membuat komponen ini mudah terpengaruh air hujan. Apalagi bila motor sering melewati genangan air atau banjir, maka busi akan sangat mungkin mengalami kerusakan. Mengingat komponen ini yang mengahantar listrik maka bila terkena air hal ini juga bisa memunculkan korsleting hingga membuat motor mogok. Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada busi maka kamu perlu rajin memeriksanya. Bila mendapati busi yang kotor atau basah maka segeralah untuk membersihkan dan mengeringkan. Dan bila busi sudah rusak atau aus, maka pastikan saja untuk segera menggantinya.

  • Kampas Rem

 

Kampas rem yang letaknya rendah dan dekat dengan ban membuat komponen ini sangat rawan mendapatkan pengaruh dari air hujan. Umumnya masalah yang muncul dari kampas rem yang terkena air hujan adalah bunyi berdecit ketika melakukan pengereman ataupun saat motor atau roda berputar. Bunyi decit ini sendiri muncul karena lumpur atau kotoran pasir yang menempel pada kampas rem bergesekan dengan piringan cakram. Kasus berdecitnya kampas rem ini sendiri banyak terjadi pada motor dengan rem bertipe tromol. Ini dikarenakan kampas rem akan tergerus dengan lapisan tromol sehingga kotoran akan terperangkap dan tidak bisa keluar. Dari sinilah kemudian muncul bunyi decit yang terus menerus, terutama ketika dilakukan pengereman.

  • Rantai

 

Berikutnya, komponen yang perlu mendapatkan perhatian serius saat musim hujan adalah rantai motor. Pada rantai motor yang didapati pelumas ini akan mengering bila sering terkena air hujan. Nah bila hal ini dibiarkan terus-menerus maka rantai menjadi tidak terlindung oleh pelumas yang mengering tadi. Dari sinilah kemudian akan muncul masalah yakni munculnya karat pada rantai motor. Selain itu masalah yang seringkali muncul adalah munculnya suara yang mengganggu dari rantai ketika motor dikendarai.

  • Knalpot

Bila motormu sering melewati genangan air atau banjir maka bisa saja membuat knalpot mengalami masalah. Air yang masuk di leher kanlpot pada blok mesin atau ujung pembuangan ini memang dapat menghambat laju pembuangan sisa pembakaran. Dari sini motor kemudian bisa mogok. Knalpot yang terkena air hujan juga akan mudah berkarat atau mengalami korosi karena hilangnya lapisan pelindung besi pada knalpot.

  • Karburator

 

Terakhir, komponen motor yang perlu memperhatikan serius ketika musim hujan yaitu karburator. Pada beberapa motor skutik, karburator ini memang bisa terpengaruh air hujan secara langsung atau dari genangan. Walau skutik injeksi punya kemampuan menerjang genangan tapi adanya celah bisa membuat air masuk ke ruang bakar melalui boks filter udara. Ketika air sudah masuk ke area ruang bakar karburator maka sangat mungkin bisa muncul masalah seperti motor mogok. 

Itulah beberapa komponen motor yang perlu mendapatkan perhatian serius saat musim hujan. Kamu yang ingin motor tetap awet dan terus memiliki performa terbaik tentu harus rajin melakukan perawatan setiap waktu, terlebih ketika musim hujan. Nah buat kamu yang ingin melakukan service motor yang lebih menyeluruh maka bisa menjadikan JG Motor sebagai pilihan tempatnya. Di sini kamu akan mendapatkan kepuasan dari layanan JG Motor yang profesional.